Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

Menambah Kapasitas Penyimpanan Apple MacBook dengan Transcend JetDrive Lite

Notebook dengan SSD sebagai media penyimpanannya memang memiliki kelebihan dalam hal kecepatan. Namun mengingat harga SSD yang masih mahal, biasanya kapasitas yang diberikan jauh lebih terbatas dibandingkan hard disk biasa yang kini sudah mencapai hitungan terabyte. Untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan di notebook besutan Apple, yaitu MacBook Air dan MacBook Pro, Transcend telah menyiapkan produk yang menarik.

transcend jetdrive lite 1

Dengan Transcend JetDrive Lite, Anda cukup memasukkannya ke selot pembaca kartu memori untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya. Desainnya juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada bagian yang menonjol saat kartu ini terpasang di dalam selot card reader. Transcend JetDrive Lite juga tahan terhadap air, debu dan guncangan, sehingga Anda dapat menyimpannya dengan mudah saat tidak digunakan.

Tersedia dua pilihan kapasitas, yaitu 64GB dan 128GB. Sebagai gambaran, dengan kapasitas 128GB Anda bisa menyimpan 62 ribu foto atau 32 ribu lagu atau video Full HD dengan durasi 1920 menit. Cukup lumayan kan?

Transcend mengklaim bahwa JetDrive Lite menggunakan memori flash MLC berkualitas tinggi sehingga dapat mencapai kecepatan baca hingga 95MB/detik dan kecepatan tulis hingga 60MB/detik.

Ada beberapa pilihan model JetDrive Lite yang disesuaikan dengan versi MacBook Anda. Untuk pemilik MacBook Air 13 inci mulai edisi akhir 2010 hingga 2014 dapat memilih JetDrive Lite 130 (64GB/128GB). Pemilik MacBook Pro Retina 13 inci, terbatas menggunakan JetDrive Lite 330 yang hanya memiliki kapasitas maksimum 64GB. Sementara pengguna MacBook Pro Retina 15″ terbaru dapat menggunakan JetDrive Lite 360 (64GB/128GB) dan untuk MBP Retina 15″ versi sebelumnya harus menggunakan JetDrive Lite 350 (64GB/128GB).

Untuk harganya, Transcend JetDrive Lite cukup terjangkau. Versi 64GB akan dipasarkan seharga US$49 atau sekitar 600 ribu rupiah dan versi 128GB seharga US$99 atau sekitar 1,2 juta rupiah.

Satu komentar

Back to top button