Quantcast
Home GadgetSMART HomeVisual

Changhong Luncurkan TV UHD Lengkungnya di Indonesia

Dalam 5 tahun terakhir, durasi masyarakat untuk menonton televisi berkurang. Apa yang membuat kondisi seperti itu? Ya, konten yang diperoleh melalui televisi kurang menarik. Namun, dengan adanya smart TV kini semuanya berubah. Apalagi, kenikmatan dalam menonton menggunakan TV lengkung yang kini sedang trend. Pasti akan lebih nyaman. Ditambah lagi, konten yang dapat ditonton pun bertambah.

“Hal itu yang membuat Changhong komitmen untuk terus memproduksi televisi dengan beragam varian dan menggunakan teknologi terkini. Salah satunya adalah TV dengan layar lengkung berteknologi Ultra High Definition,” ujar Xu Ming, GM Multimedia Industry menjelaskan.

Di negara asalnya, Tiongkok, Changhong sudah meluncurkan Curved UHD TV sejak bulan Februari 2014 lalu. Bahkan Changhong menjadi pabrikan pertama di dunia yang memproduksi Curved UHD TV 105 inci. Respon dari masyarakat pun sangat positif. Sejak diluncurkan, produk ini habis terjual. Bahkan banyak konsumen yang harus melakukan pemesanan dan sabar menunggu hingga berbulan-bulan untuk memperoleh produknya.

changhong curved tv uhd 1

Changhong Curved UHD TV

Mengapa teknologi UHD? Menurut Marcella, Product Specialist of Changhong Electric Indonesia, teknologi UHD ini memiliki daya tahan yang lebih lama dan ketika ada kerusakan panel tidak terlalu mahal. Setidaknya, dengan teknologi UHD, daya tahan TV ini mampu bertahan hingga 50 ribu jam. Konsumsi listrik pun tidak terlalu tinggi karena ketika gambar latar putih sedang dipancarkan, energi yang dikonsumsi tidak terlalu besar. Hal inilah yang membuat Changhong memutuskan untuk menggunakan teknologi UHD dalam memproduksi TV lengkung.

Panel Curved UHD TV ini terbuat dari bahan IGZO, yaitu campuran dari Indium, Gallium dan Zinc Oxide yang sering digunakan oleh produsen gadget tablet maupun smartphone. Ini juga merupakan satu hal yang membedakannya dengan TV Curved UHD dari Samsung yang menggunakan LED.

Changhong curved tv uhd C8000

Untuk teknologi suara, Changhong telah membenamkan 8 buah speaker all-range di sisi bawah bagian depan dari TV, dan sebuah sound driver bertenaga tinggi di bagian belakang sehingga mampu menghasilkan suara surround yang kuat. Perbedaannya akan terasa saat memutar film aksi, video musik, dan video game.

TV Curved UHD dari Changhong ini juga dilengkapi processor dual-core yang cepat dan GPU dual-core dengan akselerasi 3D untuk menangani berbagai macam format dan jenis perangkat. Untuk koneksi, TV ini sudah didukung oleh USB 3.0 sehingga Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat lain seperti kamera video, mouse, keyboard, hard drive, USB flash disk, dan sebagainya. Selain itu, tersedia juga koneksi Ethernet, Wi-Fi, dan Bluetooth yang memudahkan koneksi dengan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Changhong Curved UHD TV ini juga sudah mendukung koneksi wireless via DLNA (Digital Living Network Alliance) serta Wi-Fi Miracast®. Remote Control TV lengkung ini juga telah dilengkapi teknologi akselerometer dan mikrofon untuk memainkan game berbasis sensor gerak dan memberikan perintah suara saat mengakses berbagai fungsi TV.

“Bagi Changhong, imajinasi adalah faktor pendorong yang bisa menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Teknologi-teknologi yang terdapat di dalam Curved UHD TV membebaskan imajinasi Anda melalui berbagai fitur inovatif seperti pemutar file ISO Bluray, tampilan Ultra High Definition (4K), dan interaksi dengan banyak perangkat sekaligus. Sistem U-MAX yang telah dibenamkan di dalam TV menyatukan internet, program TV, film, berbagai format media, game, dan akses ke lebih dari 700.000 aplikasi, dalam satu antarmuka yang mudah serta nyaman untuk diakses, sehingga TV ini mampu menjadi pusat hiburan bagi keluarga moderen yang hidup dalam ekosistem yang senantiasa terhubung dengan internet,” lanjut Ethan sebagai penutup.

Changhong Curved UHD TV akan segera tersedia di toko-toko ritel Changhong dan juga mitra penjualan. Harga ritel yang disarankan (MSRP) untuk varian 55” adalah Rp39,9 juta dan untuk varian 65” seharga Rp59,9 juta, sudah termasuk dengan layanan perlindungan dan jaminan kualitas Changhong yang disebut “Seru Ga Rugi” (Setahun Rusak Ganti Baru Lagi). Ini menjadikannya sebagai TV lengkung UHD paling murah di pasaran saat ini.

Back to top button