Quantcast
Foto & VideoNewsSmart Camera

Lytro ILLUM: Kamera Light Field Pertama di Dunia Seukuran DSLM

Seiring dengan kemajuan teknologi, kemampuan unik kamera Lytro yang memungkinkan pengguna mengatur fokus setelah foto mulai diadopsi oleh beberapa produsen smartphone. Sebagaimana Nokia, Samsung, HTC dan yang baru-baru ini, Google, pun turut menghadirkan fitur mirip Lytro melalui update Google Camera-nya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lytro membuat sebuah gebrakan kembali dengan mengumumkan Lytro ILLUM. Lytro generasi terbaru ini datang dengan ukuran yang lebih mirip seperti kamera sesungguhnya dan sensor yang lebih besar.

lytro-illum-2

Masih sama dengan Lytro Light Field Camera generasi pertamanya yang berukuran mungil, prinsip kerja Lytro ILLUM juga sama. Inovasi sensor uniknya bekerja tidak hanya menangkap gambar, tapi juga sekaligus menangkap informasi cahaya dari setiap sudut pengambilan gambar melalui lensanya. Kemampuan ini memungkinkan kamera melakukan kalkulasi dengan beragam perspektif dan fokus yang berbeda.

Lytro ILLUM hadir dengan menggabungkan kecanggihan hardware dan software yang dapat ditentukan sendiri. Kamera ini dilengkapi dengan sensor 40-megaray light field, lensa berkemampuan zoom optical 8x (30-250mm) dengan diafragma konstan F2.0, dan shutter berkecepatan tinggi untuk memotret subjek yang bergerak cepat. Yang membuat model ini berbeda dengan generasi awalnya, ILLUM telah dilengkapi langsung dengan software inovatif Light Field Engine 2.0 di kamera yang memungkinkan fotografer untuk bisa langsung mengkostumisasi dan mengasah kreativitas dengan hasil foto di layar sentuh miliknya.

Contohnya saja dalam mengatur fokus, sudut kemiringan, mengatur perspektif dan DOF (Dept of Field). Hasilnya, foto tidak hanya bisa terlihat dari satu dimensi saja tapi bisa dilihat dari segala dimensi atau bisa dibilang seolah-olah tampak seperti 3D. Hasil pemotretan pun bisa langsung dilihat secara 3D, dan Anda bisa membuat animasi dari hasil foto atau ekspor hasil foto ke format JPEG dan dibagikan ke WEB atau perangkat mobile. Lytro ILLUM juga dapat menjalankan aplikasi olah gambar seperti Adobe Photoshop dan Lightroom, serta Apple Aperture.

Lytro ILLUM akan mulai dipasarkan di bulan Juli 2014 dan dijual dengan harga US$1.599 atau Rp18,6 juta. Jika berminat, Anda bisa memesan kamera ini di sini. Hasil foto dari Lytro ILLUM bisa dilihat di sini.

[table th=”0″]” “;Lytro ILLUM
Sensor; Custom-designed 40-megaray light field sensor
Lensa; 8x optical zoom lens (30mm-250mm equivalent), aperture f/2.0
Shutter; 1/4000
Layar; Layar sentuh Tilt LCD 4 inci
Fitur; Extreme close-focus macro capability
Dimensi; 86 x 145 x 166 milimeter
Bobot; 940 gram
Hot shoe; mendukung semua lampu kilat merek ternama
[/table]
Back to top button