Quantcast
News

[COMPUTEX PRE-SHOW INDUSTRY TOUR 2014] Mengintip Proses Pembuatan Motherboard di Gigabyte

Motherboard merupakan salah satu komponen PC dan laptop yang memiliki peranan sama pentingnya dengan prosesor. Tanpa kehadiran motherboard, sistem PC Anda tidak akan mungkin bisa dijalankan karena semua komponen PC harus menyatu dengannya. Perjalanan yangcanggih.com selanjutnya menuju ke daerah Nanping yang merupakan lokasi pabrik Gigabyte, produsen motherboard yang juga kini telah melebarkan sayapnya ke dunia laptop.

Gigabyte-1

Komponen motherboard yang disulap menjadi diorama gedung pabrik Gigabyte
Komponen motherboard yang disulap menjadi diorama gedung pabrik Gigabyte

Tiba di Gigabyte, kami langsung diberikan sebuah pelindung sepatu. Masuk ke area pabrik ini ternyata wajib memasang pelindung sepatu ini untuk mecegah masuknya debu dari luar pabrik yang terbawa oleh alas kaki Anda.

Mencegah masuknya debu dengan pelindung sepatu ini
Mencegah masuknya debu dengan pelindung sepatu ini

Setelah itu kami langsung disambut oleh tim dari Gigabyte yang diwakili oleh Hanif Wang, Overseas Channel Marketing Section Gigabyte. Ia memperkenalkan laptop-laptop terbaru dari Gigabyte seperti Gigabyte P34 dan P35 serta Aorus yang akan saya bahas nanti di artikel terpisah.

Mr Herbert Fan menjelaskan bagaimana proses membuat sebuah motherboard
Mr Herbert Fan menjelaskan bagaimana proses membuat sebuah motherboard

Selanjutnya, barulah Herbert Fan yang menjabat QA Dept Manufacturing Manager Gigabyte memulai presentasi dengan menjelaskan mengenai pabrik Gigabyte dan sekilas proses pembuatan motherboard dari proses SMT, DIP, Test sampai Packing. Kemudian dilanjutkan dengan memandu para media untuk melihat proses pembuatan sebuah motherboard dari tahap pencetakan, pemasangan komponen, hingga siap dikirim ke distributor Gigabyte di seluruh dunia.

Proses SMT

Proses SMT merupakan tahapan pencetakan sebuah motherboard hingga pemasangan beberapa komponen utama seperti chipset dan komponen SMD.

Di Depan Ruang SMT Mr Herbert Fan sedikit menjelaskan mesin-mesin dan prosedur dari proses SMT
Di Depan Ruang SMT Mr Herbert Fan sedikit menjelaskan mesin-mesin dan prosedur dari proses SMT

Gigabyte-9

Printer inilah yang mencetak pola pada motherboard
Printer inilah yang mencetak pola pada motherboard

Setelah papan motherboard dicetak, tahapan selanjutnya masuk ke proses pemasangan komponen SMD termasuk chipset dan soket prosesor. Pemasangan komponen ini dilakukan oleh mesin karena memang terdapat komponen SMD yang ukurannya sangat amat kecil sekali.

Hasil jadi setelah pemasangan komponen seperti chipset dan soket prosesor.
Gigabyte-17

Proses DIP

Setelah seluruh motherboard selesai dicetak dengan pemasangan beberapa komponen SMD dan chipset, tahap selanjutnya adalah DIP. Di tahap ini seluruh komponen motherboard seperti kapasitor, resistor, port konektivitas, dan selot memori RAM dipasang. Dan perlu Anda ketahui, seluruh pemasangan komponen ini ternyata masih dilakukan secara manual melalui tangan pekerja-pekerja andal di pabrik Gigabyte ini.

Gigabyte-21

Seluruh komponen yang terpasang kemudian disolder dengan menggunakan bantuan sebuah mesin yang mirip dengan oven ini.
Gigabyte-26

Testing

Proses selanjutnya, kami dibawa untuk melihat proses pengujian dari motherboard yang telah diproduksi.

gigabyte-31

Packaging

Jika semua motherboard telah selesai diuji dan berhasil tahap pengujian dengan sempurna, tahap selanjutnya adalah proses pengemasan. Di proses ini seluruh motherboard tersebut dimasukkan ke dalam kotak penjualan beserta dengan buku manual dan kelengkapan lainnya. Setelah itu, dikemas menjadi satu untuk didistribusikan ke konsumen.

gigabyte-34

Siap dikirim ke Indonesia
Siap dikirim ke Indonesia

Satu komentar

Back to top button