Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review LG G Pro Lite

Setelah meluncurkan Optimus G Pro hampir setahun yang lalu, LG kini menghadirkan phablet penerusnya. LG G Pro Lite merupakan versi hemat dari Optimus G Pro, dengan beberapa pengurangan dan penambahan fitur, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Desain

LG G Pro Lite memiliki tampilan bodi yang mirip dengan pendahulunya, yakni G Pro. Ukurannya bisa dikatakan identik dengan Optimus G Pro, namun dengan bobot 11 gram lebih ringan. Lekuk dan garis desainnya pun terlihat mirip. Perbedaan paling nyata tampak pada penggunaan dan penempatan tombol-tombol kendali.

Pada bagian depan phablet, terdapat sensor cahaya yang merangkap sebagai sensor jarak (Light and Proximity sensor) di antara lubang speaker utama dan sebuah kamera depan.

G Pro Lite bottom

Di bagian bawah layar G Pro Lite terdapat 4 buah tombol kapasitif Back, Home, Menu, dan tombol pintas perpindahan kartu SIM. Penggunaan tombol kapasitif ini sedikit berbeda dengan Optimus G Pro yang menggunakan 2 tombol kapasitif Menu, Back dan sebuah tombol fisik Home.

Melanjutkan ke sisi belakang, Anda akan menemukan sebuah kamera dengan resolusi 8 megapixel dengan lampu kilat di sampingnya. Selain keberadaan kamera dan lampu kilat, tidak terlihat ada tombol atau lubang port speaker.

G Pro Lite Back

Bagian kanan smartphone ini hanya dihuni oleh sebuah tombol daya. Penempatan tombol ini cukup tepat dan mudah dijangkau. Alhasil, walaupun LG G Pro Lite berukuran cukup besar, tombol tersebut dapat diraih dengan mudah.

Sisi bawah menjadi rumah bagi 2 buah speaker yang mengapit sebuah port microUSB untuk pengisian daya baterai sekaligus transfer data dan lubang mikrofon utama. Pada sisi kiri phablet Anda akan menemukan sebuah tombol pengatur volume dan QButton yang merupakan tombol pintas ke aplikasi-aplikasi seperti Note. Sementara pada sisi bagian atas, terdapat lubang jack audio/mikrofon 3,5 milimeter, sebuah sensor Infra Merah (IR-blaster), mikrofon sekunder, dan tak lupa sebuah lubang pena stylus.

G Pro Lite top

Sebagai sebuah perangkat yang mengambil desain dari smartphone premium LG Optimus G Pro, wajar jika phablet ini terasa pas dan nyaman digenggam. Penggunaan tombol-tombol kendali, baik fisik maupun kapasitif, sangat mudah dijangkau dan terasa sangat natural dengan pergerakan jari.

Kualitas bahan dan kontrol yang baik menjadikan phablet ini tidak terlihat ringkih atau seperti mudah patah ketika tertekan di dalam kantong celana. Hanya saja, bagi Anda yang memiliki tangan berkeringat harap berhati-hati. Dengan bodi yang hampir seluruh bagiannya terbuat dari plastik berlapis cat mengilat atau glossy, risiko phablet tergelincir akibat licin sangat besar.

Layar

Selain memiliki konsep desain, dimensi, dan bobot yang identik dengan LG Optimus G Pro, phablet ini juga dibekali dengan layar berukuran sama, yakni 5,5 inci. Meski demikian, resolusi maksimal yang dapat ditampilkan oleh G Pro Lite tidak setinggi pendahulunya.

Jika Optimus G Pro mampu menampilkan gambar dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel (401ppi), versi Lite ini hanya dibekali resolusi qHD 540 x 960 pixel (200ppi). Kendati resolusi yang dimiliki tidak tinggi, layar LG G Pro Lite ini tetap nyaman dipandang. Reproduksi warna yang cukup akurat dengan tingkat saturasi dan kontras yang cukup baik mampu menyajikan gambar dengan detail cukup baik.

Ditambah lagi pemilihan panel layar berjenis IPS yang terkenal dengan kemampuannya menghasilkan warna yang cerah dan cakupan sudut pandang yang luas menjadikan penurunan besaran pixel yang dialami LG G Pro Lite tidak terlalu kentara dari jarak pandang normal.

Performa

Performa pada phablet ini didukung prosesor dual-core MediaTek MTK6577 yang berkecepatan 1GHz dan RAM berkapasitas 1GB. Kombinasi keduanya mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

antutu LG G Pro Lite

Pengujian kecepatan prosesor dan RAM yang dimiliki dilakukan dengan aplikasi benchmark sintetis Antutu dan Quadrant Standard.

quadrant3dmark

Pada pengujian Antutu, phablet ini berhasil membukukan nilai 8.453, sementara pada pengujian Quadrant nilai yang dihasilkan sebesar 3.341. Pengujian tak berhenti pada benchmark sintetis saja. Sebagai sebuah phablet berbasis Android, pengujian performa tidak akan terasa lengkap tanpa melakukan uji performa saat main game.

Permainan pilihan kami kali ini adalah Dead Trigger 2. Pada saat pengujian, tidak terasa ada kendala berarti saat kami harus melawan para zombie. Akan tetapi saat kerumunan zombie mulai menyerbu bersamaan, phablet ini mulai sedikit kewalahan. Untungnya stutter atau gerakan patah-patah tidak selalu terjadi setiap sesi permainan.

Fitur

Walau dari sisi spesifikasi phablet ini masih berada dibawah LG Optimus G Pro, di sisi lain phablet ini justru mampu mengungguli sang kakak. Beberapa fitur unggulan dari LG G Pro Lite ini tidak akan Anda temui pada LG Optimus G Pro, seperti pena stylus, Guest Mode, KnockOn dan ketersediaan 2 selot kartu SIM.

Fitur Guest Mode dan KnockOn yang ada pada G Pro Lite sendiri merupakan fitur yang menjadi unggulan pada smartphone premium terbaru LG, yakni LG G2. Stylus yang disertakan pada LG G Pro Lite nyaman untuk digunakan dan juga akurat. Untuk media corat-coret, LG telah menyediakan tombol pintas Qbutton yang dapat diatur fungsinya. Tapi pengaturan awal tombol ini adalah untuk membuka aplikasi Note yang dapat Anda gunakan bersama stylus untuk mencatat hal-hal penting.

Guest Mode yang ada pada G Pro Lite merupakan fitur yang sama seperti pada LG G2. Dengan mode ini, Anda dapat membuat akun kedua pada G Pro Lite seperti layaknya Guest Mode pada PC. Dengan Guest Mode, Anda dapat mengatur aplikasi-aplikasi mana saja yang dapat diakses oleh pengguna lain selain Anda. Fitur ini sangat berguna jika seorang teman ingin mencoba G Pro Lite, tapi Anda tidak ingin galeri foto atau email dan SMS yang sifatnya pribadi juga ikut terakses.

lg g pro lite menu

Sama seperti Guest Mode, fitur KnockOn juga merupakan fitur andalan LG G2 yang juga tersedia pada G Pro Lite. Fitur ini dirancang untuk memudahkan Anda untuk mengaktifkan G Pro Lite dengan hanya mengetuk 2 kali pada layar. Fitur yang sangat berguna mengingat phablet ini berukuran cukup besar dan akan sangat membantu terutama untuk Anda yang memiliki ukuran tangan relatif kecil sehingga tidak dapat menjangkau tombol daya dengan mudah.

Fitur terakhir yang tidak akan Anda temui pada Optimus G Pro adalah disediakannya 2 buah selot kartu SIM yang dapat aktif secara bersamaan.

Kamera

Hasil foto yang dimiliki LG G Pro Lite tergolong baik, dengan ketajaman dan detail yang memadai. Warna yang dihasilkannya juga cukup oke untuk ukuran ponsel.

Yang menarik, penggunaan lampu kilat dengan mode otomatis dapat mengukur seberapa terang lampu kilat harus beroperasi sehingga pencahayaan yang keluar dari lampu kilat tidak terlihat terlalu terang dan kasar (harsh light).

Berikut beberapa foto hasil tangkapan kamera LG G Pro Lite langsung tanpa proses editing apapun. Hasil foto lebih lainnya dapat dilihat langsung ke laman Flickr yangcanggih.com

CAM00046
CAM00025
CAM00032
CAM00015
CAM00006

Baterai

Sebagai sebuah smartphone berlayar besar, LG G Pro Lite juga dibekali dengan sumber daya baterai yang mampu mengimbangi beban pemakaian penggunanya. Pada phablet ini LG membenamkan baterai dengan kapasitas 3.140mAh, cukup besar jika dibandingkan dengan baterai smartphone di pasaran yang hanya berada di area 2.000mAh hingga 2.600mAh.

Performa dan daya tahan baterai dari LG G Pro Lite ini patut diacungi jempol, penggunaan dengan beban cenderung berat seperti multitasking, menjelajah media sosial, browsing, streaming YouTube, menerima dan membalas telepon, email serta SMS, phablet ini mampu bertahan mulai pukul 07.00 WIB pada posisi 100% penuh hingga pukul 21.27 WIB ketika baterai menunjukkan angka 10% sisa kapasitas. Ini artinya phablet G Pro Lite sanggup bertahan lebih dari 12 jam penggunaan.

Kesimpulan

Jika dilihat secara keseluruhan, performa yang ditawarkan smartphone yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau ini tampak sangat baik, apalagi jika melihat sederet fitur yang dimilikinya.

Berbekal bodi tipis, layar 5,5 inci yang lega, fitur-fitur penunjang yang mumpuni serta kualitas foto yang mengesankan, rasanya phablet terjangkau dari LG ini cukup layak untuk dilirik. Bila ingin mempunyai sebuah smartphone dengan layar lega, kinerja cepat dan kamera yang bagus, Anda tak perlu lagi mencari lebih jauh. LG G Pro Lite akan dapat memenuhi semua ekspektasi Anda untuk sebuah phablet seharga 3 jutaan.

Yang Canggih:
+ Desain ergonomis
+ Baterai tahan lama
+ Performa cukup cepat
+ Harga terjangkau di kelasnya
+ Hasil foto di atas rata-rata

Yang Kurang:
– Kadang terjadi lag saat memainkan game yang cukup berat
– Resolusi layar standar-

[table]Spesifikasi; LG G Pro Lite
Prosesor;MTK 6577 dual-core 1GHz
Layar;”IPS 5,5 inci, resolusi 960 × 540 pixel (200ppi)”
Koneksi;HSDPA, HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth
Memori;Internal 8GB + selot MicroSD
RAM;1GB
Kamera;Utama 8 megapixel, depan 1,3 megapixel
OS;Android 4.1.2 (Jelly Bean)
Baterai;Lithium-ion 3.140mAh
Dimensi;”150,2 × 76,9 × 9,4 milimeter”
Bobot;161 gram
[/table]
Back to top button