Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

AU Optonics Perkenalkan Layar AMOLED Pertama dengan Resolusi 4K

Persaingan di industri gadget tak lagi hanya berkutat pada prosesor dan RAM, tetapi juga telah masuk ke jenis panel atau layar yang digunakan.

Setelah layar LCD berukuran 5,5 inci dengan resolusi 4K (2560×1440 pixel) hadir lewat smartphone Oppo Find 7, kini giliran AU Optonics (AUO) memperkenalkan layar smartphone yang menggunakan panel AMOLED beresolusi 4K. Dengan diperkenalkannya layar AMOLED beresolusi 4K itu, produk terbaru dari produsen panel ini pun resmi menjadi layar AMOLED ukuran 5,7 inci dengan resolusi tertinggi di dunia.

AUO AMOLED 4K

Demi menghasilkan gambar yang tetap tajam dan detail, panel AMOLED beresolusi 4K karya AUO ini dipersenjatai dengan tingkat kepadatan pixel yang tak kalah tinggi. Panel AMOLED berukuran 5,7 inci milik AUO ini tercatat memiliki tingkat kerapatan pixel mencapai 513ppi (pixel per inch). Tak ketinggalan, panel AMOLED milik AUO ini juga dilengkapi dengan kemampuan mengenali sentuhan hingga 10 titik.

Salah satu keunggulan panel AMOLED dibandingkan LCD adalah pada kemampuannya menghasilkan warna hitam yang benar-benar gelap. Sementara LCD cenderung mengeluarkan warna hitam yang sedikit lebih terang dibanding AMOLED. Hal ini dikarenakan pada panel AMOLED, pixel yang mendapat perintah untuk menampilkan warna hitam akan langsung mematikan pixel tersebut untuk menghasilkan warna hitam yang benar-benar pekat. Kemampuan AMOLED untuk mematikan pixel guna menghasilkan warna hitam ini juga membuat AMOLED lebih sedikit mengonsumsi daya baterai.

Untuk mengetahui smartphone apa saja yang akan menggunakan panel AMOLED 4K ini, kita tunggu kabar terbarunya pada awal 2015.

Back to top button