Quantcast
KomputerLaptopNewsUltraportable

Hands-on: Lenovo ThinkPad X1 Carbon 2014

Laptop dengan desain tipis atau biasa disebut Ultrabook kini mulai menjadi primadona di kalangan pebisnis yang bermobilitas tinggi. Menyadari kebutuhan tersebut, Lenovo akhirnya memasarkan Ultrabook ThinkPad X1 Carbon di Indonesia.

Pada saat peluncuran resminya, saya berkesempatan untuk menjajal Ultrabook ThinkPad X1 Carbon versi 2014. Berikut kesan pertama yang saya dapatkan.

Bodi kokoh

Ultrabook Lenovo ThinkPad X1 Carbon versi 2014 ini memiliki kesamaan garis desain dengan generasi sebelumnya. Walaupun tampil dengan bodi kurang dari 1 inci, Ultrabook terbaru dari Lenovo ini terasa kokoh. Untuk menunjukkan bodi Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang tipis, saya menempatkan smartphone putih yang tebalnya mencapai 8,9 milimeter di sisi kiri.

Lenovo X1 Carbon thick

Desain yang tipis bisa diwujudkan berkat penggunaan material serat karbon sebagai bahan dasar pembentuk ThinkPad X1 Carbon. Selain mendukung kekuatan dan ketahanan produk, pemakaian material serat karbon juga mampu membuat Ultrabook Lenovo memiliki bobot yang enteng.

Begitu membuka Ultrabook ini, terlihat jelas kualitas dari rancang bangun dan material yang digunakan. Garis pertemuan antara bodi dengan area keyboard dan layar terlihat sangat rapat dan nyaris tanpa jarak atau gap. Material yang digunakan juga premium, wajar saja mengingat harga yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Layar tajam dengan warna cerah

Ultrabook dengan layar berukuran 14 inci ini mengemas resolusi layar berukuran 2560 x 1440 pixel. Meski tergolong biasa saja dibandingkan produk dengan layar beresolusi 4K lainnya, tapi dirasa cukup untuk menghadirkan gambar dengan kualitas yang tajam dan warna yang akurat.

X1 Carbon

Penggunaan resolusi yang cukup tinggi ini juga menjadikan Anda dapat menikmati konten multimedia saat sedang jenuh bekerja. Dengan kualitas layar dan ukurannya yang terbilang pas dengan kebutuhan, menggunakan Lenovo ThinkPad X1 Carbon berlama-lama tidak akan membuat mata Anda cepat lelah.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon hadir dalam 2 pilihan layar, yakni layar dengan panel TN dan layar sentuh berpanel IPS. Ultrabook yang sempat saya coba merupakan varian dengan layar sentuh berpanel IPS, sehingga sudut pandang layar tetap terjaga dengan baik meski dari sudut yang tidak optimal.

Keyboard legendaris khas ThinkPad

Sebagai sebuah perangkat kerja, laptop maupun Ultrabook haruslah memiliki papan ketik yang baik untuk mengurangi efek kelelahan jari. Berada di dalam keluarga ThinkPad yang terkenal dengan keyboardnya yang nyaman, Lenovo ThinkPad X1 Carbon juga tidak terkecuali.

Meski ukuran keyboard dari ThinkPad X1 Carbon terbaru ini lebih kecil jika dibandingkan dengan ThinkPad X1 Carbon generasi sebelumnya, namun perasaan saat mengetik masih tetap nyaman dan tidak membuat lelah. Saya mencoba mengetik 2 paragraf untuk merasakan lebih jauh apakah perubahan ukuran akan mempengaruhi kenyamanan mengetik, ternyata tidak sama sekali. Keyboard yang melegenda ini masih tetap menawarkan respons yang baik dengan jarak tekan yang cukup untuk pengalaman dan kecepatan mengetik yang baik.

Lenovo X1 Carbon Bodi

Ukuran keyboard ternyata bukan satu-satunya yang berubah pada varian Ultrabook terbaru Lenovo ini. Jika pada ThinkPad X1 Carbon sebelumnya Anda akan menemukan jajaran tombol F1 sampai F12, pada generasi terbaru ThinkPad X1 Carbon ini jajaran tombol F1 sampai F12 digantikan dengan layar sentuh yang dinamai Adaptive Keyboard.

Teknologi Adaptive Keyboard ini memungkinkan jajaran tombol F1 hingga F12 berubah mengikuti aplikasi yang sedang dibuka. Misalnya saja saat menggunakan aplikasi browser. Jajaran tombol Adaptive Keyboard ini akan menunjukkan ikon yang memudahkan navigasi di dunia maya, seperti back, home, refresh, hingga bookmark.

Ideal untuk eksekutif bermobilitas tinggi

Kesan premium terasa pula ketika meraba lapisan Ultrabook yang menggunakan bahan sejenis soft-touch dari Google Nexus 7 edisi 2014. Lapisannya ini terasa halus. Sementara bahan serat karbon yang diaplikasikan pada Lenovo ThinkPad X1 Carbon menunjukkan kalau produk ini ditujukan bagi para eksekutif dan pebisnis yang selalu mobile.

Ukuran layarnya yang 14 inci dan dipadukan dengan resolusi yang tinggi menjadi Ultrabook ini tetap nyaman saat digunakan bekerja cukup lama. Keyboard yang digunakan juga masih mengikuti pakem keyboard ThinkPad yang sudah terkenal nyaman dipakai.

Secara keseluruhan pengalaman yang didapat selama beberapa saat mencoba Ultrabook ini cukup positif dan terlihat pas dengan harga yang ditawarkan.

Back to top button