Quantcast
Operator

Inilah 8 Layanan Digital Baru dari XL

Dunia digital saat ini sudah menjadi gaya hidup. Tak heran kalau XL pun mulai membangun Divisi Digital Service pada 2011. Setelah melewati tahap inkubasi dan pembangunan ekosistem, layanan digital yang dihasilkan divisi tersebut kini mulai memasuki tahap adopsi. Sebenarnya, apa saja yang mendorong XL menyediakan layanan digital kepada pelanggan. Lantas, apa saja layanan digital yang ada di tahun 2014 ini?

Menurut Direktur Digital Service XL Dian Siswarini, ada empat faktor yang menciptakan gaya hidup digital. Pertama adalah jumlah pengguna smartphone yang semakin banyak. Kedua, smartphone dapat memenuhi kebutuhan personal penggunanya. Ketiga, adanya peningkatan jumlah kelas menengah yang membuat kemampuan untuk membeli smartphone dan mengakses internet kian tinggi. Keempat, keberadaan aplikasi yang semakin beragam dan dibutuhkan oleh masyarakat.

XL Digital Service

“Empat faktor itulah yang membuat XL optimistis untuk fokus di dunia digital ini. Kami membuat divisi khusus dengan sebutan Digital services,” terang Dian Siswarini.

Nah, dalam menyuguhkan Digital Service kepada pelanggan, XL memiliki 8 lini yang terdiri dari Digital Entertainment Solution, Mobile Advertising (M-Ads), Mobile Payment (M-Payment), Mobile Banking (M-Banking), Machine to Machine (M2M), Cloud (Komputasi Awan), Business Development (BizDev), dan Elevenia.

Digital Entertainment Solution menyediakan berbagai hiburan seperti musik, permainan, jejaring sosial dan video. Layanan yang sudah tersedia sekarang adalah Musikkamu dan XLNonton. Sementara M-Ads adalah layanan iklan melalui ponsel atau alat telekomunikasi lain. Produk M-Ads yang ada saat ini ialah AdReach.

Lalu, ada pula M-Banking yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi perbankan lewat ponsel. Sementara itu, M2M menyediakan sarana komunikasi antarperangkat. Salah satu contohnya adalah jasa untuk menelusuri status pengiriman barang bagi perusahaan otomotif. Layanan lainnya, Cloud, menyediakan solusi untuk menyimpan data, mengolah aplikasi, dan menyediakan infrastruktur berupa data center.

Kemudian BizDev merupakan solusi pengembangan bisnis masa depan XL Digital Services. Yang terbaru, Elevenia, adalah toko belanja online hasil joint venture dengan SK Planet asal Korea Selatan. Di toko online ini, Anda bisa menggunakan XL tunai untuk berbelanja.

Dari seluruh layanan digital XL yang ada, Anda tentunya bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Back to top button