Quantcast
AndroidAplikasi

Memantau Performa Gadget Android dengan Android Assistant

Untuk Anda yang cukup mengerti soal sistem operasi Android, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kehadiran berbagai aplikasi yang dapat membantu mempercepat kinerja gadget berbasis Android seperti SD Maid atau Android Task Killer. Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu untuk memeriksa bagian yang harus dibersihkan satu persatu. Jika begitu, Anda sebaiknya memakai aplikasi Android Assistant agar mudah membersihkan dan merawat gadget Android Anda.

Android Assistant featured

Aplikasi Android Assistant menyediakan berbagai fungsi yang berguna untuk memantau kesehatan dan performa gadget Anda. Cara kerja aplikasi ini sebenarnya mirip dengan aplikasi-aplikasi perawatan khusus Android lainnya. Hanya saja, Android Assistant menawarkan kemudahan memperoleh informasi lewat opsi Monitoring. Dengan memanfaatkan fungsi ini, Anda dapat mengetahui secara langsung seberapa besar proses kalkulasi yang sedang dilakukan oleh prosesor, RAM yang terpakai dan memori internal yang telah terisi, serta bisa memantau kapasitas dan performa baterai gadget.

Android Assistant1

Bergeser ke kanan dari halaman Monitoring, Anda akan tiba pada halaman Processes yang memberikan informasi tentang aplikasi-aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan mengonsumsi RAM serta CPU. Pada halaman ini Anda dapat mematikan aplikasi yang sedang tidak digunakan satu persatu atau secara langsung menghentikan seluruh aplikasi yang terdaftar sekaligus.

Android Assistant2

Halaman terakhir dari Android Assistant berisi berbagai macam pengaturan dan fungsi tambahan seperti Power Saver, File Manager, Batch Instal/Un-Install, Clear Cache, System Clear, Startup Manager, hingga fungsi App2SD. Dengan memanfaatkan fitur Clear Cache, System Clear, dan Startup Manager, Anda dapat menghapus dan membersihkan cache yang dihasilkan oleh aplikasi yang sedang berjalan, membersihkan sistem Android secara keseluruhan, serta memilih aplikasi-aplikasi mana saja yang tidak ingin dijalankan saat menyalakan gadget Android untuk mempercepat proses booting awal.

Aplikasi Android Assistant ini cukup mudah untuk digunakan, tanpa harus mengetahui dengan detail seperti apa sistem operasi Android berjalan. Jika Anda tertarik mencoba, Android Assistant dapat diunduh langsung dari Google Play.

Back to top button