Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Hands-on: Sony Xperia Z1 Compact

Setelah berkeliling Sony Xperience Zone untuk menjajal Xperia Z2 dan Z2 Tablet, mata saya tertuju pada sebuah smartphone berbalut warna kuning yang seakan memanggil untuk memamerkan kebolehannya. Smartphone itu adalah Sony Xperia Z1 Compact.

Desain

Z1 Compact

Membaca nama yang disandangnya, sudah tidak heran jika Anda langsung menebak bahwa smartphone mungil ini merupakan versi kecil dari perangkat komunikasi berbasis Android andalan Sony, yakni Xperia Z1. Selain ukuran layar dan kapasitas baterai, tidak tampak adanya perbedaan desain antara smartphone yang juga diluncurkan dengan nama Xperia Z1f ini dan sang kakak yang lebih besar Xperia Z1.

Satu-satunya perbedaan yang tampak dari tampilan Z1 Compact dibandingkan Xperia Z1 hanya terletak pada posisi selot kartu SIM, microSD, dan port pengisi daya baterai. Jika pada Xperia Z1 selot microSD terletak pada sisi kanan layar, versi compact ini selot kartu SIM, microSD, dan port pengisi daya seluruhnya berada pada sisi kiri layar.

Smartphone kecil nan canggih ini memang terlihat sangat mirip dengan Xperia Z1, tapi kemiripan dari segi desain pula yang membuat saya sedikit kecewa. Mengapa? Karena Sony masih menggunakan satu speaker yang meski berukuran cukup besar di bagian bawah layar, namun suara yang dihasilkan terasa kurang bertenaga dan seringkali tertutup oleh tangan saat digunakan dalam posisi lansekap.

P1070945

Sony Xperia Z1 memang merupakan smartphone premium tertinggi dari Sony. Tetapi pada saat menggenggam Z1 Compact, saya merasa perangkat berlayar 4,3 inci ini lebih pas di tangan dan lebih mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Layar

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, salah satu bagian yang membedakan Z1 Compact dengan sang kakak yang lebih besar adalah layar yang dimilikinya. Akan tetapi bukan berarti layar 4,3 inci milik Z1 Compact buruk, sama sekali tidak. Biarpun lebih kecil, layar yang dimiliki smartphone ini bisa dibilang jelas, terang, dan tajam dengan detail yang baik.

Ketika mencoba memutar video pada smartphone ini, gambar yang dihasilkan bisa dikatakan sangat tajam. Hal ini berkat resolusi 1280×720 pixel atau HD 720p yang dimilikinya. Tingkat kerapatan pixel yang mencapai 342 juga turut berkontribusi dalam menghasilkan gambar dengan detail yang jelas dan halus. Ditambah lagi dengan teknologi Triluminous Display dan X-Reality menjadikan warna-warna, kontras dan saturasi yang ditampilkan lebih baik daripada smartphone sekelasnya.

Secara keseluruhan, kualitas gambar dan warna yang dihasilkan oleh layar Z1 Compact saya rasa akan lebih dari memadai untuk dijadikan teman untuk mengusir rasa bosan saat sedang di perjalanan.

Jika Anda ingin tahu seperti apa performa smartphone ini, nantikan ulasan lengkap Sony Xperia Z1 Compact di yangcanggih.com.

Back to top button