Quantcast
KomputerMobile GadgetNewsSmartphoneTablet PC

[MWC] Qualcomm Perkenalkan Prosesor Terbarunya, Snapdragon 801

System on Chip atau SoC Snapdragon 800 dari Qualcomm merupakan prosesor yang paling banyak digunakan produsen smartphone sebagai otak komputasi dari produk teratasnya. Di ajang MWC 2014, Qualcomm memperkenalkan varian baru bernama Snapdragon 801.

Sebagai penerus Snapdragon 800, Qualcomm Snapdragon 801 datang dengan kecepatan 2,5GHz walaupun masih menggunakan 4 buah chip Krait 400.

snapdragon

Penambahan kecepatan menjadikan Snapdragon 801 ini 14% lebih kencang ketimbang pendahulunya. Di samping itu, Qualcomm juga mengklaim kalau SoC terbarunya itu mampu menghemat daya baterai dengan cara menurunkan kecepatan saat menjalankan aplikasi ringan yang tidak membutuhkan komputasi cepat. Artinya, gadget yang menggunakan Snapdragon 801 akan dapat menghadirkan performa yang kencang, tetapi tetap irit daya.

Perbaikan kinerja yang dimiliki Snapdragon 801 dibanding Snapdragon 800 juga terlihat pada persentase kecepatan olah gambar yang dimiliki. Qualcomm menyebutkan SoC terbarunya ini mampu mengolah gambar hingga 45% lebih cepat sehingga gadget yang memakai Snapdragon 801 bisa mengolah gambar hasil tangkapan kamera dengan lebih baik. Jadi para produsen dapat membenamkan sensor kamera yang berukuran lebih besar tanpa harus khawatir masalah kecepatan pengolahan hasil foto.

Snapdragon1

Peningkatan spesifikasi inti prosesor, memori, dan kecepatan olah gambar pada SoC tersebut dibarengi pula dengan peningkatan spesifikasi pendukung, yakni penggunaan radio yang berjalan pada frekuensi 4G LTE, penggunaan modem Wi-Fi 802.11ac, dan kemampuan untuk menerima input dua kartu SIM yang aktif bersamaan.

Qualcomm Snapdragon 801 telah resmi menjadi otak komputasi pada smartphone premium Sony, yakni Xperia Z2. Melihat peningkatan performa dan penghematan daya yang ditawarkan, rasanya SoC ini akan banyak digunakan pada smartphone premium dari produsen lain hingga nanti Snapdragon 805 diumumkan.

Back to top button