Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Panasonic Lumix GH4: DSLM dengan Video 4K Pertama di Dunia

Setelah Lumix GH3, Panasonic kini menghadirkan Lumix GH4 yang datang dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan lebih canggih ketimbang pendahulunya.

Lumix GH4-1

Bodi Panasonic Lumix GH3 yang mirip DSLR dan dibuat dari magnesium alloy yang tahan cuaca tetap dipertahankan oleh Panasonic pada GH4. Namun, dimensinya sedikit lebih kecil daripada kamera DSLR pada umumnya. Di dalam bodinya juga sekarang dapat ditemukan sensor dan prosesor terbaru yang lebih menjanjikan daripada GH3. Walau sama-sama sanggup menghasilkan foto pada resolusi maximum 16 megapixel, sensor MFT yang dimiliki GH4 telah ditingkatkan dan menjanjikan tingkat dynamic range yang lebih baik.

Rahasia kecanggihan Lumix GH4 dalam menghasilkan video dengan resolusi 4K terletak pada sensornya. Panasonic menggunakan prosesor quad-core terbaru Venus Engine IX yang berkinerja tinggi. Selain mendukung perekaman video pada format 4K, prosesornya itu juga memungkinkan pengguna memotret hingga ISO 25.600 dan mengambil gambar secara terus menerus dengan kecepatan sampai 12 frame per detik.

Tidak ketinggalan, peningkatan diaplikasikan pula pada autofokusnya. Sistem autofokus Lumix GH4 mengusung teknologi terbaru, yaitu Depth from Defocus (DfD). Sistem autofokus ini diklaim lebih cepat dengan waktu fokus cuma sekitar 0,07 detik. Sistem autofokusnya ini tambah lengkap dengan hadirnya fitur pendukung sistem fokus 49 titik dan autofokus berdasarkan wajah atau mata subyek.

Selain itu, bagian lubang intip elektronik dan layarnya juga telah mengusung teknologi layar OLED dengan resolusi yang lebih tinggi serta memiliki konektivitas yang lebih lengkap dengan koneksi Wi-Fi dan NFC.

Panasonic belum menginformasikan harga dan kapan Panasonic Lumix GH4 akan tersedia di pasaran. Nantikan update kami selanjutnya.

[table th=”0″]” “;Spesifikasi Panasonic Lumix GH3
Sensor; Live MOS Four Thirds 16,1 megapixels
ISO; Auto, 200-25.600
Mount Lensa; Micro 4/3
Layar; Layar sentuh OLED 3 inci (1.036.000 pixel)
Viewfinder; Elektronik 2.359.000 pixel
Memori; SD/SDHC/SDXC
Koneksi; USB 2.0, Mini HDMI, Wi-Fi, NFC
Berat; 560 gram (termasuk baterai)
Ukuran; 133 x 93 x 84 milimeter
[/table]
Back to top button