Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

[CES 2014] Intel Edison: PC Super Mungil Sebesar Kartu Memori SD

Di tengah mewabahnya aneka produk wearable yang bisa terkoneksi dengan perangkat lain, Intel pun meluncurkan PC mungil bernama Edison yang dapat mendukung pembuatan barang-barang canggih tersebut.

Intel Edison-1

Intel Edison adalah PC mungil dengan ukuran hanya sebesar kartu memori SD dan bisa dibaca oleh SD card reader. Meski mungil, PC telah dilengkapi prosesor Intel Quark dual-core 400MHz, konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, serta dapat menjalankan sistem operasi Linux.

Intel merancang Edison dengan sistem open source agar produsen bisa mengembangkannya menjadi aneka produk canggih. Tak ketinggalan, dukungan para pengembang juga diperlukan untuk membuat beragam aplikasi berbasis PC mungil tersebut. Intel juga tidak menutup kemungkinan Edison dapat menjalankan sistem operasi selain Linux.

Pada tahap awal, Intel menggandeng Rest Device untuk mengembangkan prototipe berbasis Intel Edison pertamanya yang dinamai Mimo Baby Monitor. Alat ini merupakan sensor yang dirancang untuk memantau detak jantung, pernapasan, suhu badan, dan pergerakan bayi. Jika bayi bergerak, itu berarti sudah saatnya diberi makan. Selanjutnya, sensor akan mengirimkan sinyal ke botol susu khusus yang sudah dipasangi Intel Edison untuk segera dihangatkan secara otomatis. Canggih, bukan?

Kehadiran Intel Edison akan membuka peluang munculnya beragam gadget atau peralatan rumah tangga untuk mendukung ekosistem Smart Home di rumah Anda. Intel Edison akan mulai dipasarkan sekitar pertengahan tahun 2014.

Back to top button