Quantcast
AudioHome GadgetReviewSMART HomeVisual

Review Samsung 55F8000

TV layar datar terus berevolusi dengan berbagai fitur yang tidak hanya terbatas soal tampilan saja. Bahkan TV model tercanggih seperti Samsung F8000 juga memiliki prosesor khusus agar mampu menghadirkan fitur pintar dengan baik. Seperti apa performanya?

Desain menawan

xl_samsung-f8000

Kita lihat dari sisi desain terlebih dahulu. Bagi yang percaya bahwa produk canggih juga harus memiliki desain menawan, maka F8000 merupakan salah satu contohnya. Desain tipis yang minimalis akan membuatnya tampil seksi saat dipajang di ruang santai rumah Anda. Bingkai yang tipis berwarna hitam membuatnya seakan-akan tidak berbingkai saat dalam kondisi mati.
Stand yang dimiliki F8000 juga minimalis dan menimbulkan kesan TV seakan melayang. Namun sayangnya stand ini tidak dapat diputar, sehingga Anda harus cermat saat menempatkannya.

Walaupun hanya terpaut satu generasi dengan seri ES8000, ternyata ada dua peningkatan signifikan yang dimiliki F8000. Yang pertama, kecepatan pemrosesan untuk fitur pintarnya seperti Smart Hub, Smart Interaction, serta kecepatan baca USB telah meningkat cukup drastis. Ini tentunya berkat penggunaan prosesor quad-core dan port USB 1A yang dapat membaca hard-disk eksternal dengan lebih baik. Kedua, gerakan yang ditampilkan juga lebih halus, berkat backlight scanning yang lebih baik.

Kualitas gambar halus dan amat baik
Kualitas gambar amat baik, dengan warna yang matang dan gerakan yang cukup halus pada adegan aksi yang cepat. Kami mengujinya dengan berbagai jenis film Full HD dan F8000 mampu memainkan semuanya dengan baik. Misalnya, saat mencoba memutar Star Wars Episode 3, gerakan pesawat para Jedi di awal film terlihat halus dan tidak patah-patah. Kontras yang dihasilkan juga amat baik dan nyaman di mata. Film drama Safe Haven, yang cukup terang dan penuh warna, juga dapat diputar dengan apik. Setelah puluhan film dan serial TV dalam berbagai format, saya cukup puas dengan performa dan kualitas tampilannya. F8000 juga dapat membaca dan menampilkan isi hard disk dengan cepat. 8 film terakhir yang diputar lalu akan tertampil di Smart Hub, sehingga memudahkan jika Anda ingin menonton kembali atau melanjutkan film yang belum selesai ditonton.

Untuk pengaturan, saya sendiri cukup puas dengan setting Movie di Picture Mode. Walaupun agak warm (kuning), namun inilah Picture Mode yang paling nyaman di mata. Walaupun agak subyektif, tapi Picture Mode lain terasa melelahkan dengan warna yang terlalu menyolok.

Menu pengaturan F8000 masih konsisten dan mirip dengan TV Samsung lainnya. Opsi pengaturan gambar yang diberikan cukup banyak. Anda dapat mengatur mulai dari tingkat kecerahan hingga tingkat warna gelap dan pengurang efek patah-patah dari menunya.

Beralih ke fitur Smart TV. Samsung F8000 hadir dengan interface Smart Hub baru yang lebih intuitif dan lebih mudah dipahami. Memutar film di YouTube atau menampilkan foto yang tersimpan di USB flash disk kini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Saat digunakan membaca hard-disk berkapasitas 1TB melalui port USB internaln ya, F8000 dapat melakukannya dengan cepat.

Fitur Voice Control juga mengalami peningkatan, dengan penangkapan perintah suara yang lebih baik dan lebih toleran. Namun sayangnya, saya masih harus sering mengulang perintah yang sama. Akurasi penangkapan akan meningkat jika TV ditempatkan di ruangan yang sunyi, tapi sepertinya hanya akan digunakan dalam keadaan darurat seperti saat remote tiba-tiba raib.

Fitur lain yang ditingkatkan adalah Motion Control. Di atas kertas, kamera F8000 kini dapat mengenali gerakan dengan lebih baik di kondisi yang tidak terlalu terang. Namun pada praktiknya, seringkali TV menangkap gerakan tangan yang tidak disengaja saat fitur ini dibiarkan aktif. Sekali lagi, fitur ini akhirnya hanya akan digunakan di kondisi tertentu saja.

Dari sisi konektivitas, Samsung F8000 cukup lengkap. Anda mendapatkan 4 port HDMI dan 3 port USB, beserta koneksi lainnya. Dengan begitu Anda dapat menghubungkan banyak perangkat sekaligus ke TV, tanpa harus melepas pasang jika ingin memasang perangkat lain.

Kesimpulan
Evolusi TV tidak hanya melulu mengenai kualitas gambar, tapi juga dengan konektivitas yang dimilikinya. Dengan kualitas gambar yang menawan untuk berbagai materi konten, Samsung F8000 merupakan salah satu TV LED Full HD terbaik saat ini. Untuk fitur Smart TV, ada beberapa fitur yang cukup keren namun tampaknya tidak akan terlalu banyak digunakan di dalam keseharian penggunanya.

Bagi yang menginginkan TV LED Full HD terbaik saat ini, Samsung F8000 layak masuk dalam pertimbangan Anda.

Back to top button