Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy Core

Smartphone kelas entry level merupakan ladang perang luar biasa dengan janji keuntungan yang besar berkat jumlah penggunanya yang bertumbuh pesat. Samsung sudah mengeluarkan beberapa model entry level dengan spesifikasi unik. Untuk Galaxy Core, Samsung meracik sedikit fitur premium yaitu layar besar dan dual on (GSM/GSM) di kelas entry level dengan hasil yang menarik.

samsung galaxy core

Desain khas Samsung
Samsung Galaxy Core memiliki desain dan bentuk minimalis seperti layaknya desain smartphone Samsung seri Galaxy lainnya. Dengan sudut-sudut tumpul khas seri Galaxy, smartphone ini terasa nyaman digenggaman meskipun memiliki layar yang cukup besar. Galaxy Core memiliki dimensi 129,3 x 67,6 x 8,95 mm, dengan berat 124 g dan layar 4,3″ yang istimewa. Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki desain yang cukup ramping, Anda dapat terkecoh dengan kekompakannya karena bezel layar yang cukup kecil, dipadu juga dengan konstruksi yang tipis memberikan kesan bahwa smartphone ini lebih kecil dari yang seharusnya.

Samsung GALAXY Core belakang

Pada bagian depan Galaxy Core, desain klasik Samsung dengan tombol fisik home dan dua tombol kapasitif menu dan back menghiasi bagian bawah, sementara kamera hadap depan serta sensor dan speaker menghiasi bagian atas. Kualitas rancang bangun smartphone ini masuk kedalam kategori baik. Meskipun hadir dengan panel belakang yang dapat dibuka, dalam posisi tertutup, tidak ada satupun rongga menganga dan pada pengujian peregangan, Galaxy Core lolos dengan hasil yang memuaskan.

Performa ciamik untuk harganya
Samsung Galaxy Core hadir dengan prosesor dual core berkecepatan 1.2 GHz, yang menurut Antutu dikenal sebagai prosesor berbasis ARM Cortex A5. Cortex A5 adalah solusi system on a chip (SOC) kelas entry level yang diusung oleh ARM, dengan fokus kepada penghematan daya dan harga yang terjangkau. Pada pengujian Antutu, Samsung Galaxy Core mendapatkan nilai 8670, menempatkannya dalam jangkauan nilai rata-rata smartphone Android. Pada pengujian Vellamo, smartphone ini mendapatkan nilai yang baik, dengan nilai HTML 5 dan Metal berturut-turut adalah 1336 dan 414, hal ini berarti secara teoritis, Samsung Galaxy Core memiliki kemampuan browsing yang baik. Sayangnya, pengujian 3D Mark gagal dijalankan pada smartphone ini.

Pada penggunaan sehari-hari, Samsung Galaxy Core memberikan hasil yang baik. Browsing, sesuai dengan nilai Vellamo yang tinggi, cukup lancar. Penggunaan memori 1 GB pada smartphone ini dinilai sudah cukup. Membuka halaman website yang penuh dengan animasi atau website dengan banyak gambar dan beberapa aplikasi chatting yang terbuka di background dapat dilakukan dengan lancar menggunakan Galaxy Core.

Apabila Anda suka main game di ponsel Android, tampaknya smartphone ini bukan menjadi pilihan utama berkat kemampuan olah grafisnya yang terbatas. Game Where’s My Water dan Real Racing 3 berjalan tersendat-sendat. Dari pengujian kami, hanya game-game ringan saja seperti Candy Crush Saga atau Temple Run 2 dapat berjalan dengan lancar.

Hasil foto oke
Smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama 5 Megapixel dengan kamera hadap depan resolusi VGA. Saat diuji, respons kamera cukup baik dan cepat. Penguncian fokus dan exposure dapat dilakukan dengan cepat dan cukup akurat. Reproduksi warna juga baik, walaupun akan menurun drastis saat kondisi cahaya temaram.

Berikut hasil fotonya yang tidak melalui penyuntingan dengan aplikasi apa pun. Untuk hasil foto selengkapnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi yangcanggih.com.

20131018_08195320131019_091345
20131018_11434320131019_094943

Antarmuka & daya tahan baterai
Secara tampak muka software, Samsung menggunakan tema Touchwiz diatas Android 4.1.2. Penambahan fitur tidak sebanyak seri Touchwiz Nature UX yang digunakan pada Galaxy S4, namun fitur-fitur berguna seperti Smart Stay yang mempertahankan tingkat pencahayaan layar ketika penggunanya melihat layar dan meredupkan layar ketika berpaling, dan Motion UI yang dapat mematikan suara panggilan dengan cara membalikkan smartphone terdapat pada Galaxy Core

Layar 4,3 inci pada Samsung Galaxy Core memiliki reproduksi warna yang baik, dan tingkat pencahayaan yang merata. Sayangnya, kontras layar cenderung kurang sehingga dibawah cahaya matahari langsung sedikit sulit untuk melihat layar. Respon multi touch hingga 5 jari adalah baik tanpa adanya lag yang berarti.

Daya tahan baterai Samsung Galaxy Core patut diacungi jempol, mengingat bahwa smartphone ini memiliki kemampuan dual on (GSM/GSM). Dengan menggunakan dua kartu GSM (sinyal penuh), menonton video setengah jam, berbicara setengah jam, bermain game setengah jam dan browsing kumulatif satu jam, smartphone ini hanya memakan daya 40%. Pada penggunaan sehari-hari dalam kondisi sinyal stabil, Galaxy Core dapat bertahan hingga satu hari penuh. Namun perlu diingat bahwa penggunaan layanan GSM dengan sinyal yang kurang dapat menyebabkan konsumsi daya yang tinggi.

Kesimpulan
Galaxy Core berada di persimpangan jalan yang cukup menarik. Di satu sisi, layar besar serta kemampuan dual on-nya membuat smartphone besutan Samsung ini memberikan premis visual yang baik. Akan tetapi di sisi lain, penggunaan prosesor hemat daya membuatnya hanya mampu mengolah visual sederhana saja. Jika dibandingkan dengan merk lain di kelasnya, performa Samsung Galaxy Core sedikit di bawah para pesaingnya. Namun, untuk kualitas kamera, Samsung Galaxy Core memimpin di kelas smartphone Android seharga 2,5 jutaan rupiah.

Bagi Anda yang membutuhkan smartphone Android dengan performa memadai, kamera oke, dan harga terjangkau, namun dengan ukuran yang ringkas dan mudah dikantungi, Samsung Galaxy Core layak menjadi pilihan.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy Core
Prosesor; Dual-core 1.2 GHz
Layar; TFT LCD 4,3 inci WVGA (480 x 800 pixel)
RAM;1GB
Memori;internal 8GB + microSD slot (maksimum 64GB)
OS;Android 4.1 (Jelly Bean)
Kamera;Utama(Belakang): 5 Mega pixel dengan LED flash, Depan: VGA
Konektivitas;Wi-Fi b/g/n, Bluetooth® 3.0, MicroUSB, USB 2.0
Sensor;Accelerometer, Proximity, Digital Compass
Baterai;Li-ion 1,800 mAh
Dimensi;129.3 x 67.6 x 8.95 mm
Bobot; 124 gram
[/table]

2 komentar

Back to top button