Quantcast
AndroidAplikasi

Samsung KNOX: Platform Keamanan Canggih untuk Perangkat Mobile

Demam smartphone dan tablet PC menciptakan hadirnya tren baru dalam dunia bisnis yaitu BYOD atau Bring Your Own Device di perusahaan. Namun, tiap perusahaan tentu memiliki kebijakan tersendiri terhadap perangkat smartphone dan tablet PC yang dibawa oleh pegawainya. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah masalah keamanan. Guna mendukung tren BYOD tersebut, Samsung menghadirkan inovasi keamanannya berikut ini.

samsung knox

Samsung KNOX adalah sebuah solusi keamanan end-to-end yang dirancang khusus oleh Samsung dari aplikasi hingga hardware. Setiap perangkat Samsung yang dilengkapi dengan Samsung KNOX dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas pribadi dengan aktivitas kantor secara terpisah dalam satu perangkat yang mereka miliki tanpa harus membawa lebih dari satu perangkat.

Hal ini bisa terjadi karena zona Samsung KNOX yang dilengkapi dengan tingkat keamanan maksimal dirancang terpisah dengan zona pribadi. Di zona pribadi, pengguna dapat menikmati seluruh kelebihan smartphone Android Samsung yang mereka miliki seperti biasa. Misalnya mengakses facebook, Twitter, memotret dengan kamera, akses email, dan sebagainya.

Sementara di zona Samsung KNOX, seluruh aplikasi yang ada ditentukan oleh IT Manager karena Samsung KNOX dirancang khusus sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dan IT Manager yang bertanggung jawab atas sistem keamanan perusahaan merupakan pemegang kunci utama dari Samsung KNOX setiap penggunanya.

Oleh karena itu, di zona Samsung KNOX hanya akan terdiri dari aplikasi yang berguna untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan seperti misalnya email, browser, kontak dan kalender yang ditandai dengan adanya simbol kunci di icon aplikasinya. Sebagai pemegang kunci dari Samsung Knox, IT Manager dapat melakukan banyak hal secara remote ke perangkat pegawainya. Seperti misalnya menghapus data Samsung KNOX pengguna jika pengguna sudah tidak bekerja lagi, menambahkan atau menghapus aplikasi hingga menonaktifkan sementara akun Samsung KNOX pegawainya jika sewaktu-waktu perangkat tersebut hilang.

Di dalam zona Samsung KNOX, ruang gerak penggunanya dapat dibatasi guna melindungi kebocoran data. Jadi aktivitas di zona Samsung Knox tidak akan sebebas di zona pribadi seperti biasanya. Contoh mudahnya, Anda tidak akan bisa melakukan copy-paste isi email yang ada di zona Knox ke zona pribadi Anda. Atau jika Anda memotret di zona Knox, hasilnya hanya akan muncul di gallery zona Knox saja dan tidak akan muncul di gallery zona pribadi. Toko aplikasi pun berbeda. Di zona Samsung Knox, Anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi dari Google PlayStore, sebagai gantinya tersedia toko aplikasi khusus Samsung KNOX yang berisikan aplikasi pilihan yang berhubungan dengan kegiatan bisnis. Canggih bukan?

Untuk berpindah ke zona Samsung KNOX pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik icon Samsung KNOX seperti menjalankan aplikasi biasa dan dengan sekejap Anda akan masuk ke zona KNOX. Satu hal yang perlu dicatat, Samsung KNOX ini hanya tersedia eksklusif untuk perangkat Samsung saja. Selain itu, KNOX juga tidak akan bisa digunakan pada Custom ROM. KNOX juga dapat digunakan untuk mencegah pengguna agar tidak bisa melakukan rooting.

Sistem keamanan yang ditawarkan Samsung KNOX ini telah mendapatkan sertifikasi STIG (Security Technical Implementation Guide). Bahkan KNOX juga telah diloloskan oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk digunakan di lingkungan internal mereka.

Ada dua versi Samsung KNOX, versi consumer atau pelanggan biasa dan versi Enterprise. Di versi consumer, Samsung KNOX dapat dimanfaatkan untuk melindungi data-data penting personal Anda agar tidak dapat diakses orang lain. Sementara Samsung KNOX Enterprise khusus dirancang untuk kebutuhan bisnis dan membutuhkan peran IT Manager untuk mengatur setiap akun pengguna Samsung KNOX.

Untuk saat ini perangkat Samsung yang mendukung Samsung KNOX hanya Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 10.1 edisi 2014. Dalam waktu dekat, perangkat Samsung lainnya akan dapat mendukung KNOX.

2 komentar

  1. wah penjelasannya tentang Samsung Knok sangat baik dan runut. Cuma sayangnya kini Samsung Knok harus berlindung dibawah BES12 karena tingkat keamanan BES12 ternyata lebih baik.

Back to top button