Quantcast
Mobile GadgetNewsPilihanSmartphone

5 Kecanggihan Samsung Galaxy Note 3 Dibandingkan Apple iPhone 5s

Persaingan di dunia smartphone semakin panas dan telah memakan korban dua raksasa telekomunikasi legendaris, yaitu Nokia & BlackBerry. Seperti ungkapan dalam bahasa Prancis, “C’est la vie”, itulah hidup. Di balik keterpurukan dua vendor raksasa tersebut, persaingan sengit masih berlanjut. Kali ini dua raksasa telekomunikasi dunia dari benua yang berbeda kembali unjuk gigi dengan produk andalannya, Samsung dengan Galaxy Note 3 dan Apple dengan iPhone 5S.
note 3 vs iphone 5s
Setelah menelisik spesifikasi dan mencoba Galaxy Note 3, maka kami menemukan ada beberapa keunggulan yang dimiliki Galaxy Note 3 dan tidak ditemukan di iPhone 5s. Kami tidak akan membandingkan spesifikasi prosesor, RAM, dan sejenisnya mengingat keduanya berjalan di platform yang berbeda sehingga akan sulit untuk membuat perbandingan yang obyektif.

1. Pena Pintar
Galxy Note3 019 pen dynamic Jet Black
Salah satu keunikan seri Galaxy Note, termasuk Galaxy Note 3, adalah disertakannya S-Pen. Yang menarik, pena ini tidak hanya sekedar sebagai alat bantu untuk mencorat-coret layar, tapi juga telah dilengkapi berbagai fitur pintar sehingga memberi kemudahan ekstra saat Anda menggunakan Note 3. Sebut saja pengenalan tulisan tangan. Bagi Anda yang lebih suka menulis langsung untuk memasukkan teks, Note 3 dapat mengenali tulisan tangan Anda dan mengubahnya menjadi teks yang dapat dikirim sebagai SMS atau E-mail.

Juga ada Air Command, fitur pintar yang baru muncul di Note 3. Begitu Anda melepas pena stylus dari tempatnya, akan muncul sebuah menu berisikan beberapa fitur khas Note 3 seperti Action Memo, Scrap Booker, Screen Write, S Finder, dan Pen Window.

Dengan adanya pena dan fitur-fitur tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan lebih baik di Note 3 dibandingkan di iPhone 5s. Contohnya seperti menandatangani dokumen, membuat sketsa, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kecanggihan S-Pen di Galaxy Note 3, dapat dibaca di sini.

2. Baterai dapat diganti dan slot kartu memori
samsung_galaxy_note_3_openSama seperti pendahulunya, Galaxy Note 3 hadir dengan baterai yang dapat diganti dan slot kartu memori microSD. Walaupun Note 3 telah dilengkapi baterai dengan kapasitas cukup besar, yaitu 3200mAh, namun ada sebagian pengguna yang merasa wajib memiliki baterai lebih dari satu buah. Dengan Note 3, Anda tinggal membeli baterai tambahan jika dibutuhkan.

Keberadaan slot memori microSD juga merupakan hal krusial untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya dengan mudah. Note 3 sendiri telah mendukung kartu microSD dengan kapasitas hingga 64GB, cukup besar untuk memuat video Full HD dan ribuan file musik yang ingin diputar di Note 3.

Hal ini bertolak belakang dengan baterai iPhone 5s yang tidak dapat diganti sendiri dan absennya slot kartu memori sehingga pengguna harus puas dengan baterai dan kapasitas memori dari model iPhone 5s yang dibeli.

3. Layar lebih tajam
iPhone 5s masih menggunakan layar Retina Display 4 inci dengan resolusi 640×1136 pixel yang memiliki kerapatan pixel hingga 326 ppi (pixel per inci). Berbeda dengan Note 2, Galaxy Note 3 telah dilengkapi layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi Full HD 1080×1920 pixel. Dengan kerapatan pixel mencapai 386 ppi, layar Note 3 di atas kertas akan terlihat lebih tajam dibandingkan layar iPhone 5s. Walaupun mungkin tidak akan dirasakan sebagian pengguna, namun itu berarti video Full HD akan dapat ditampilkan seutuhnya di Note 3.

4. Fungsi kamera lebih lengkap
Selain mampu menghasilkan foto 13 megapixel yang lebih besar dibandingkan kamera 8 megapixel di iPhone 5s, fitur fotografi yang dikemas di aplikasi kamera Note 3 juga lebih lengkap.

Untuk fungsi kamera, Note 3 telah mengemas fitur Dual Shot, Eraser, Drama Shot, Animated Photo, Best Photo, Best Face, Beauty Face, Surround Shot, dan masih banyak lagi. Dengan deretan fitur ini, Anda tidak hanya dapat sekedar menghasilkan foto yang bagus saja, tapi juga berkreasi lebih bebas untuk menciptakan hasil foto yang unik.

Misalnya, dengan Drama Shot Anda dapat merekam orang atau binatang yang bergerak dan menggabungkannya dalam satu foto. Hasil efek foto unik yang biasanya membutuhkan cukup banyak waktu penyuntingan di komputer ini langsung dapat diciptakan dengan lebih mudah menggunakan kamera Galaxy Note 3.

5. Multitasking Lebih Baik
Untuk memaksimalkan layarnya yang lega, Samsung memberikan fungsi multitasking yang keren di Note 3 dalam bentuk Multi Window. Dengan fasilitas ini, Anda dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus misalnya Browser dan ChatON. Lalu Anda dapat mengambil gambar dari browser (menggunakan S-Pen) dan mengirimkannya ke kontak Anda di ChatON dengan mudah dan tanpa membuka tutup aplikasi.

Contoh lain; Anda dapat membuka email dan gallery, kemudian melampirkan foto di galeri untuk kemudian langsung dikirim melalui email. Semua ini dapat diselesaikan tanpa berpindah aplikasi sehingga prosesnya akan lebih cepat. Untuk iPhone 5s, tidak ada fasilitas seperti Multi Windows. Anda terpaksa harus berpindah aplikasi untuk menggunakan dua aplikasi.

Jadi pilih mana? Apple iPhone 5s atau Samsung Galaxy Note 3?

32 komentar

  1. Iphone itu Exclusive, but can’t be a best friend for user. So I don’t like Apple. Bnr yang dibilang tmn2 di atas. Apple itu menang nama, tapi gak sesuai sma spec’nya. So buat apa beli barang mahal tapi nggak terlalu canggih? Untuk masalah Virus, bsa pkek anti virus. Tapi kalo untuk berbagi. Iphone kagak bisa berbagi pkek Bluetooth, kalo samsung Note 3 beuh deh.. 5 stars For Samsung Note 3. Dan gw kasi tau lagi. Iphone itu cpt rusak. Dan kalo udh rusak, perbaikinya mahal dan susah nyari spear part’nya. Contoh. Kyk wktu ini gw dpt pkek Iphone yang nyesel seumur hidup. Gw upgrade OS jd 8 berhasil. Tapi ada dent. Ya itu layar itu bergoyang dan baterai cepat panas. Dan satu lagi. Layar Iphone itu gak kuat. Cepet pecah. Thanks.. Gunakan Smart Phone, tapi harus bisa jdi Smart User. Salam Tech

  2. hmmm agak sulit nih milihnya. harga juga ga beda jauh… bingung pilih mana haha

  3. Pilih basis android yang bisa digunain buat penyimpan data aja ah, iPhone gabisa buat penyimpanan data. :/

  4. buat yang mau datanya aman ya pakai iphone. bukan berarti note 3 gak bisa. note 3 lebih nyaman makainya memang rada besar. tapi puas make nya. mau diajak ngapain oke oke aja lalau iphone kaya make hp senter tapi gengsinya unggul.. gitu lah

  5. Saya tidak semuanya, karena tidak ada duit buat beli. Namun bagi yang memiliki 2, dan merasakan salah satunya kurang bagus, nah…mending sumbang ke saya saja he….he……

  6. Apple adalah mr.simple tidak terlalulbergaya,dinamis,rnak dikantongin,…n gak lebai paje pena pena segala…terlalu menyaingi tuh…hahahahahahaaaa

  7. Saya pilih…
    Hhhmmmmm…
    Biiinguuung… Weekkkzz :p..
    Maunya apple..
    Pas ditangan.. Simple dan uye..

  8. Klo qw tentu samsung donk . Cos sebagus bagusnya apple . Tetep kalah sama samsung . Lagian klo pun toh apple lebih mahal ketimbang samsung . Itu semata mata karena apple menang nama doang . Paling setahu qw apple keunggulannya cuma klo main game . Musik dll klo d mata g bakalan capek smp sepuasnya . Tp qw g butuh teknologi itu . Yg qw butuhin . KUALITAS RAM. Kamera . Note . Baterai awet . Dll . Pokoknya kelebihannya masih banyak samsung ketimbang iphone . Liat aja nti produk iphone6 terbaru vs samsung galaksi note4 .

  9. orang yg Pintar pilih Note 3 lah..
    kalo orang modal Gengsi pasti pilih Apple.

    gua punya Apple cuma buat hangout aja.
    kalo kerja gua pilih Note 3.

  10. Sy jg pake dua2 nya …. cm lebih enak sih make note3 wrn black gold nya udh ada … iphone buat gengsi aja ngga bisa di banggain kayak dulu… mana kalo di jual…

  11. lebih suka note 3 sih tanpa hrs disentuh dia udh sensor sperti samsung tv smar hranya juga terjngkau cuma 8 jta .. klo iphone 5s ahh cuma gtu gtu doang biasa aja hrga mahal. . cuma mnang cassing wrna gold doang. .. note 3 juga ada white rose gold nya wkwkwk

  12. coba beli apple karna belum pernah punya ahaha, yang jelas kalau cuma lihat sekedar spek emang kalah jauh 5s, tapi kalau dicoba langsung gak bakal tau

  13. Apple menang brand doank, tapi kalau samsung menang teknologi.. Masih jauh kalau disandingkan sama note, lebih cocoknya ama s4..

Back to top button