Sony Hadirkan 5 Lensa Full Frame E-Mount dan Dua Adapter Lensa Baru

Untuk melengkapi DSLM full frame perdananya, tidak tanggung-tanggung Sony langsung menghadirkan 5 buah lensa E-Mount Full Frame yang khusus dirancang untuk Sony A7 dan Sony A7r yang diberi kode FE. Kelima lensa tersebut diantaranya Sony FE 28-70mm F3.5-5.6 OSS, Lensa FE Carl Zeiss Sonnar T* 55mm F1.8 ZA, FE Carl Zeiss Sonnar T* 35mm F2.8 ZA, FE Carl Zeiss Tessar T* 24-70mm F4 ZA OSS, dan sebuah lensa telezoom Sony G FE 70-200mm F4 G OSS.

sony FE-lens-1

Pertama mari kita bahas lensa Sony FE 28-70mm F3.5-5.6 OSS. Lensa ini tidak dijual terpisah dan merupakan lensa kit untuk Sony A7. Sony FE 28-70mm F3.5-5.6 OSS hadir dengan kemasan bodi yang anti debu dan lembab dan telah dilengkapi fitur Optical SteadyShot untuk menjaga hasil bidikan agar tetap tajam. Lensa ini dirancang dengan desain optik terbaru yang terdiri dari 3 elemen asperikal dan satu elemen kaca ED yang berguna untuk meminimalisir tingkat kromatik dan mengurangi bobot serta ukurannya agar lebih kecil dan mudah diajak berpergian.

Sebagai alternatif dari lensa kit ini, hadir lensa FE Carl Zeiss Vario-Tessar T* 24-70mm F4 ZA OSS Zoom. Lensa all around ini cukup ideal untuk digunakan memotret potrait dan landscape. Dengan bodi yang tahan debu dan lembab, lensa ini hadir dengan 5 elemen asperikal dengan satu elemen kaca ED dan dilapisi dengan lapisan pelindung T* coating pada bagian optiknya untuk mengurangi pantulan cahaya dan menaikkan kontras warna.

Jika Anda berminat pada lensa fix, Sony menyiapkan FE Carl Zeiss Sonnar T* 35mm F2.8 dan Carl Zeiss Sonnar T* 55mm F1.8. FE Carl Zeiss Sonnar T* 35mm F2.8 merupakan lensa wide angle yang hadir dengan kemasan relatif kecil dengan bobot hanya sekitar 120g. Dengan kombinasi optik dan ukurannya kecil membuat lensa ini sangat cocok untuk digunakan memotret landscape, interior atau memotret di kondisi yang minim cahaya.

Dan untuk foto potrait, Anda bisa memilih lensa Carl Zeiss Sonnar T* 55mm F1.8. Dengan bukaan terbesar F1.8 selain dapat diandalkan untuk memotret di kondisi cahaya yang minim, Anda juga bisa menggunakannya untuk menghasilkan foto potrait dengan efek bokeh yang artistik di bukaan F1.8. Kedua lensa fix ini juga telah dikemas dengan bodi yang anti debu dan lembab serta telah dilengkapi dengan lapisan pelindung T* coating pada bagian optiknya.

Untuk yang gemar memotret dari jarak jauh, hadir Sony G Lens 70-200mm F4 G OSS. Lensa telefoto ini dirancang dengan desain optik yang inovatif dengan lensa Sony G andalan Sony. Sony G Lens 70-200mm F4 G OSS terdiri dari 2 elemen kaca ED yang dikombinasikan dengan 3 elemen asperikal agar dapat menghasilkan foto resolusi tinggi dengan tingkat kontras dan akurasi warna yang lebih baik dan minim distorsi.

Sama seperti lensa fix Carl Zeiss, Lensa 70-200mm ini juga telah dilengkapi dengan cincin putar untuk mengatur diagfragma dengan pergerakkan yang halus dan telah dilengkapi dengan fitur Optical SteadyShot untuk mengurangi efek getaran saat mengambil foto.

Tidak hanya itu saja, Sony juga melakukan update kepada Lensa 70-20mm F.28 miliknya dengan menghadirkan lensa Sony G 70-20mm F2.8 G SSM II. Generasi kedua lensa 70-200mm f2.8 ini hadir dengan beberapa peningkatan seperti misalnya desain optik baru yang dilengkapi dengan lapisan Nano AR Coating untuk, kinerja autofokus yang lebih cepat, tidak berisik, dan kemampuan autofokus AF tracking yang lebih baik saat mengikuti pergerakan subjek.

Agar pengguna kamera DSLM full frame Sony dapat menggunakan lensa A-Mount, Sony menghadirkan dua aksesoris adapter lensa yaitu Sony LA-EA4 dan LA-EA3. Sony LA-EA4 adalah adapter untuk kamera E-mount Sony agar dapat menggunakan lensa A-Mount. Lensa adapter unik ini telah dilengkapi dengan teknologi Translucent Mirror yang menawarkan kinerja fokus yang sangat cepat, dan autofokus phase detection yang lebih akurat saat menggunakan lensa A-Mount (SAM atau SSM). Dan untuk adapter lensa Sony LA-EA3 merupakan adapter lensa yang memungkinkan fotografer dan videografer untuk menikmati seluruh kelebihan hasil bidikan full frame dengan koleksi lensa A-mount namun dengan sistem fokus yang hanya dapat dioperasikan secara manual.

Lensa Carl Zeiss Vario-Tessar T* 24-70mm F4 zoom akan tersedia di bulan Januari 2014 dengan harga sekitar US$1200 bersama dengan lensa Carl Zeiss Sonnar T* 55mm F1.8 dengan banderol harga US$1000 dan US$3000 untuk lensa G Lens 70-200mm F2.8 G SSM II. Carl Zeiss Sonnar T* 35mm F2.8 akan tersedia di bulan Desember 2013 dengan harga sekitar US$800 dan di bulan yang sama juga tersedia adapter lensa LA-EA4 dan LA-EA3 dengan harga masing-masing US$350 dan US$200. Untuk lensa terbaru G Lens 70-200mm F4 OSS Telephoto zoom belum diumumkan kapan akan tersedia di pasaran.

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.