Quantcast
KomputerReviewUltraportable

Review Acer Aspire V5-122P

Hingga akhir-akhir ini, kenikmatan layar sentuh hanya dapat diberikan tablet maupun notebook premium berbasis Windows 8. Dengan Aspire V5-122P, Acer ingin memberikan solusi notebook dengan layar sentuh yang dipasarkan dengan harga terjangkau.

Konsep & Desain
Acer Aspire V5-122P mengusung kredo desain terbaru Acer dengan bagian permukaan beraksen alumunium, meskipun bahannya dari plastik. Desain ini cukup sukses memberikan kesan premium pada notebook yang ukurannya cukup ringkas ini.

Sayangnya, desain ringkas V5 mini ini menyebabkan beberapa port konektivitas harus dikorbankan. Tidak ada port VGA atau HDMI, yang digantikan dengan mini display port. Port USB juga hanya ada dua, dengan ditemani sebuah slot SD card reader. Penempatan tombol power di sisi kanan agak mengganggu, karena berpotensi sering tertekan secara tidak sengaja ketika notebook sedang dibawa dalam kondisi layar terbuka.

Dari segi input, keyboard Acer Aspire V5-122P memiliki tombol keyboard dengan tingkat kepejalan yang cenderung keras. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh untuk notebook berukuran tipis mengingat sempitnya jarak antara dasar keyboard dan rangka notebook. Trackpad yang sedikit kecil pada notebook ini cukup nyaman dipakai.

Fitur & Performa
Satu hal yang perlu dicatat, ini adalah notebook pertama dengan prosesor quad-core dengan harga di bawah 6 juta rupiah. Kelebihan utama platform ini terletak pada kartu grafis Radeon HD 8250 terintegrasi yang cukup baik kinerjanya dan konsumsi daya maksimum yang hanya 7 watt.

acer_v5_mini_1

Hasil pengujian benchmark Acer Aspire V5-122P termasuk baik, walaupun masih di bawah solusi Intel di kelas yang setara. Nilai PC Mark 7 sebesar 1273 lebih kecil dibandingkan dengan kinerja prosesor Intel Celeron 847 dual core berkecepatan 1.1 GHz. Hal ini sudah diperkirakan karena fungsi quad-core pada AMD lebih diutamakan untuk multitasking dibandingkan dengan kinerja satu aplikasi saja. Meskipun kinerja prosesor sedikit kurang, pengujian benchmark game dengan 3D Mark memberikan hasil yang baik, dengan nilai Ice Storm 18650, Cloud Gate 1612 dan Fire Strike 241. Berdasarkan hasil benchmark ini, Acer Aspire V5-122P memiliki kemampuan olah grafis hampir 3 lipat dibandingkan dengan notebook yang menggunakan prosesor Intel Celeron 847.

Pada penggunaan sehari-hari, notebook ini mampu melaksanakan fungsi multitasking dengan nilai cukup baik untuk aplikasi produktifitas seperti office. Sayangnya, Anda harus sedikit konservatif dalam hal membuka aplikasi secara bersamaan. Berkat memori RAM 6GB dan fungsi 4 inti prosesor, berpindah aplikasi sangatlah mudah, namun ketika aplikasi-aplikasi tersebut sedang memproses data yang menuntut kinerja prosesor tinggi dijalankan, maka notebook akan sedikit tersendat ketika berpindah aplikasi. Penggemar game 3D akan dapat melakukannya di Acer V5 Mini berkat kemampuan Radeon HD 8250 yang mumpuni.

Kinerja multimedia juga amat baik, dengan reproduksi warna di layar dan reproduksi suara yang di atas rata-rata. Acer mengintegrasikan layar sentuh multi touch yang sangat baik, respon sentuhan yang presisi dan penggunaan engsel yang kokoh membuat interaksi dengan layar sentuh pada notebook ini menjadi berkesan. Untuk daya tahan baterai, notebook ini cukup mengagumkan. Pada pengujian Battery Eater, Acer V5 Mini mampu bertahan hingga 2 jam 40 menit. Untuk pemakaian sehari-hari, notebook ini dapat bertahan hingga 4 jam 30 menit dengan skema pemakaian sebagai berikut: power plan balanced, 50% brightness, wi-fi menyala, mengetik dokumen, browsing dan menonton video durasi 1 jam hingga baterai habis.

Kesimpulan
Kombinasi platform APU, layar sentuh, dan daya tahan baterai yang cukup baik menjadikan Aspire V5-122P sebagai pilihan yang menarik. Ditambah dengan harganya yang ada di kisaran 6 juta rupiah dan telah dilengkapi OS Windows 8, Acer Aspire V5 ini merupakan solusi ideal bagi Anda yang menikmati Windows 8 dengan cita rasa sentuhan, tapi tidak ingin mengeluarkan banyak dana.

[table]Spesifikasi;Acer Aspire V5-122P
Prosesor;AMD Quad-Core Processor A6-1450 (1,4Ghz, Cache 2MB)
RAM;6GB DDR3
GPU;AMD Radeon HD 8250 Graphics
Layar;”11,6 inci WXGA (1366×768 pixel) Acer CineCrystal LED-backlit dengan dukungan multi-touch 10 jari”
HDD;500GB
Koneksi;Bluetooth 4.0, Wi-Fi, USB 3.0, card reader
OS; Microsoft Windows 8
Bobot;1,2kg
[/table]
Back to top button