Quantcast
KomputerReviewUltraportable

Review ASUS X201E

Dengan ukuran layar 11,6 inci dan profil tipis, ukuran yang kompak memberikan notebook ini keunggulan mobilitas layaknya sebuah netbook, namun dengan potensi kinerja potensial jauh di atas netbook berbasis Intel Atom. Dengan premisnya, apakah Asus X201E mampu menekuk netbook?

Konsep & Desain
Sekilas menilik desain Asus X201E, maka Anda akan melihat sebuah notebook dengan desain yang setipis dan mirip dengan Ultrabook. Secara konsep, desainnya mirip dengan Zenbook. X201E juga memiliki sudut-sudut yang tidak tajam dan nyaman dipegang. Dengan berat yang hanya 1,3 kg atau lebih ringan dibandingkan kebanyakan Ultrabook, membawa notebook ini terasa nyaman biarpun selama seharian.

Port konektivitasnya ditata cukup konservatif, di sebelah kiri dan kanan notebook, dengan kelengkapan yang cukup baik, mulai dari SD card reader, HDMI, VGA, USB 3.0 dan USB 2.0. Satu hal yang unik pada notebook ini adalah letak lubang exhaust fan yang berada tepat di belakang engsel, mirip seperti ASUS Zenbook.

asus x201e keyboard

Asus menyertakan keyboard bermodel chicklet dengan jarak antar tombol keyboard yang cukup baik. Untuk sebuah notebook yang tipis, tombol dengan tingkat kepejalan yang keras dapat dimaklumi. Anda harus menyesuaikan tekanan dengan lembut untuk mengetik jangka panjang pada notebook ini. Namun untuk penggunaan trackpad, berkat dimensinya yang besar, melakukan navigasi dan fungsi gesture pada X201E menjadi sangat nyaman.

Fitur & Performa
Asus X201E ditenagai oleh prosesor Intel Celeron 847 dual core berbasis teknologi Sandy Bridge berkecepatan 1.1 GHz. Dari segi pengujian melalui aplikasi benchmark, Asus X201E memiliki kemampuan yang mumpuni. Data CPUbenchmark menunjukkan Celeron 847 memiliki kinerja jauh di atas prosesor Intel Atom, hasil pengujian PC Mark 7 juga menunjukkan kinerja yang baik dengan nilai 1511. Pengujian benchmark game dengan 3D Mark memberikan hasil yang kurang baik, dengan nilai Ice Storm 7098, Cloud Gate 566 dan gagal pada pengujian Fire Strike. Hal ini disebabkan oleh Celeron 847 menggunakan grafis terintegrasi Intel HD 3000 yang hanya cocok untuk mengolah visual sederhana saja.

asus x201ecpuz

Pada penggunaan sehari-hari, prosesor Celeron 847 mampu melaksanakan fungsi multitasking dengan baik untuk aplikasi produktifitas seperti aplikasi Office. Akan tetapi, dengan kecepatan yang seadanya, menjalankan aplikasi flash yang padat visual menjadi berat dan bermain game keluaran terbaru hampir tidak mungkin dengan visual 3 dimensi. Sebagai solusi multimedia, Asus X201E memberikan solusi yang seadanya dengan layar yang memproduksi warna baik namun memiliki sudut pandang yang kurang, sementara speaker yang menghadap ke arah bawah notebook menghasilkan suara yang jernih dengan volume yang cenderung pelan.

Saat baterainya diuji dengan aplikasi Battery Eater, Asus X201E dapat bertahan hingga 2 jam 30 menit saat dipaksa bekerja tanpa henti. Untuk pengujian sehari-hari, notebook ini dapat bertahan hingga 4 jam dengan skema pemakaian sebagai berikut: power plan balanced, 50% brightness, wi-fi menyala, mengetik dokumen, browsing dan menonton video durasi 1 jam hingga baterai habis.

Kesimpulan
asus_x201e
Bagi sebagian besar pengguna, harga yang terjangkau merupakan prioritas tertinggi saat memutuskan pembelian notebook. Jika dulu harga murah sering harus dikompromikan dengan performa, kini tidak lagi. Performa prosesor Celeron terbaru dari Intel ternyata cukup memadai untuk berbagai kebutuhan, kecuali bermain game 3D atau penyuntingan foto dan video kelas berat. Harganya juga cukup bersahabat, yaitu US$295 untuk versi dengan RAM 4GB.

Jika Anda menginginkan sebuah notebook dengan desain menarik dan performa yang cukup tangguh untuk menyelesaikan pekerjaan kantoran atau kuliahan, ASUS X201E menawarkan kombinasi kinerja dan mobilitas yang baik pada tingkat harga yang relatif terjangkau.

[table th=”0″]Spesifikasi;ASUS X201E
Prosesor; Intel Celeron 847 1,1GHz Dual-core
RAM;2GB DDR3
Layar;”11,6 inci 1366×768 pixel”
GPU;Intel HD Graphics
HDD;320GB
Konektivitas;Wi-Fi,Gigabit LAN, Web Camera, Audio, VGA, card reader (SD/ SDHC/ SDXC)
Dimensi;30,3x20x2,12 cm
Bobot;1,2kg
[/table]
Back to top button