Quantcast
Mobile GadgetNews

Sony Perkenalkan PS Vita 2000 dan PS Vita TV

Tampaknya Sony memang gemar menyusutkan ukuran konsol-konsol PlayStation. Termasuk konsol portabelnya yang belum lama ini mendapat perlakuan yang sama. Diberi nama PS Vita PCH-2000, konsol ini mengalami penyusutan ukuran yang cukup dramatis, yaitu 20 persen lebih tipis dan 15 persen lebih ringan dibanding pendahulunya. Namun Sony menjanjikan performa baterai yang lebih lama, yaitu hingga enam jam.

PS Vita PCH-2000 Salah satu penyebabnya adalah penggantian jenis layar yang digunakan pada PS Vita PCH-2000. Walaupun masih menyajikan ukuran lima inci dan resolusi 960×544 pixel, Sony tidak lagi menggunakan layar OLED dan menggantinya dengan layar LCD.

Perubahan lainnya berupa penyematan memori internal sebesar 1GB yang tidak ada pada versi sebelumnya. Meski demikian, slot kartu memori khusus PS Vita masih tersedia , begitu pula dengan slot cartridge untuk game. Sony juga mengganti konektor aksesori USB khusus dengan microUSB standar. Konsol portabel ekstra tipis ini dibanderol US$190.

Selain menyusutkan ukuran PS Vita, Sony juga menghadirkan versi baru konsol portabelnya yang disebut PS Vita TV. Uniknya, langkah ini seakan mengubah identitas PS Vita dari sebuah konsol portabel menjadi konsol konvensional tapi dengan ukuran ekstra mungil. Dimensinya hanya 6,5 x 10,5 x 1,3 cm dan harus disambungkan dengan televisi dan kontroler nirkabel DualShock 3 untuk bermain.

PS Vita TV

Seperti PS Vita biasa, Vita TV dapat memainkan game PSP dan PSOne. Jika telah memiliki game PS Vita, Anda juga dapat langsung memainkannya mengingat Vita TV juga telah dilengkapi slot game card. Bahkan Anda juga dapat memainkan game PlayStation 4 menggunakan fitur Remote Play.

Kehadiran PS Vita TV ditargetkan untuk bersaing langsung dengan Ouya dan konsol sejenisnya. Versi baru PS Vita ini dijual dengan kisaran harga US$95 untuk konsolnya saja atau US$150 lengkap dengan DualShock 3 dan kartu memori 8GB.

Back to top button