Quantcast
Foto & VideoNewsSmart Camera

Ricoh THETA: Kamera Panorama 360° Pertama di Dunia

Sebagai salah satu pemain besar di dunia digital imaging, Ricoh ingin membawa pengalaman memotret yang lebih kreatif kepada para penggemar fotografi. Caranya yaitu dengan merilis sebuah kamera unik berikut ini.

RICOH THETA-3

Ricoh THETA adalah kamera pertama di dunia yang khusus dirancang untuk menghasilkan foto panorama 360° secara langsung. Kamera ini hadir dengan bobot yang sangat ringan, hanya 95 gram, serta dimensi yang mungil. Sekilas, Ricoh Theta memang terlihat mirip dengan remote karena Anda tidak akan menemukan layar LCD seperti pada kamera saku kebanyakan.

Ricoh THETA hadir mengusung sistem lensa ganda berukuran kecil dengan rancangan lipat (ultra-small twin-lens folded optical) yang dapat menghasilkan satu foto 360° dengan sekali jepret. Untuk memotret dengannya, Anda harus menghubungkan Ricoh Theta ke perangkat smartphone via Wi-Fi.

RICOH THETA-2

Dengan bantuan aplikasi mobile yang dimilikinya, pengguna juga bisa melakukan penyuntingan hasil foto untuk mengubah ukuran dan mengatur komposisi. Hasil bidikan dapat disimpan di ruang penyimpanan internal yang berkapasitas 4GB atau langsung diunggah ke laman theta360.com untuk kemduian dibagikan ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Microsoft Photosynth.

RICOH THETA-1

Ricoh THETA saat ini hanya kompatibel untuk perangkat iPhone 4s dan iPhone 5 yang menjalankan minimal iOS versi 6.0. Kedepannya, Ricoh juga akan menyiapkan aplikasi untuk pengguna Android. Ricoh THETA akan hadir sekitar bulan September 2013 untuk pasar Amerika dan dibanderol dengan harga US$399 atau sekitar 4,8 juta rupiah. Infor selengkapnya dapat Anda lihat di https://theta360.com/.

[table th=”0″]” “;Ricoh THETA
Jarak Fokus terdekat, sekitar 10 cm dari depan lensa
Kendali Eksposur; Otomatis
Kompensasi Eksposur; Manual (-2.0 to +2.0EV 1/3EV Step)
ISO; 100 hingga 1600
White balance; Otomatis
Kecepatan rana; Otomatis 1/8000 – 1/7.5 detik
Kapasitas;4GB atau sekitar 1200 foto
Baterai; Internal lithium ion battery, rechargeable via USB cable
File format; JPEG (Exif Ver2.3) DCF2.0
Konektivitas; Micro-USB: USB 2.0, WiFi
Dimensi; 42 mm x 129 mm x 22.8 mm x 7.4 mm (tahap awal)
Bobot; 95 gram
[/table]
Back to top button