Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo K900

Walaupun sudah malang melintang di dunia komputer, Intel termasuk anak baru di dunia smartphone. Salah satu ponsel generasi pertama yang menggunakan prosesor Intel adalah Lenovo K900. Setelah diumumkan sejak awal tahun 2013 di ajang CES Las Vegas, Lenovo K900 akhirnya siap dipasarkan di Indonesia.

Konsep & Desain
Ditilik dari desainnya, Lenovo K900 tampil menarik dan tidak kalah keren dibandingkan smartphone kelas atas merek lain seperti Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z, atau HTC One yang harganya lebih mahal. Penggunaan bahan aluminium yang kokoh dan mewah langsung mendongkrak gengsi penggunanya. Namun garis-garis desain yang tajam, terutama di sudut, membuatnya relatif kurang luwes dan agak kaku. Phablet dengan layar 5,5 inci ini juga agak licin sehingga Anda dituntut berhati-hati saat mengoperasikannya dengan satu tangan.

Lenovo_k900_package

Lenovo_k900_simcard

Kualitas layar IPS Full HD yang dimilikinya juga amat baik. Kerapatan pixel yang mencapai 401 ppi membuat teks dan gambar yang ditampilkan menjadi amat tajam dan penuh warna. Video Full HD yang diputar juga terlihat memukau dengan tingkat kecerahan yang baik. Sayangnya layarnya ini masih kurang terang saat dicoba di bawah sinar matahari.

Fitur & Performa
Untuk performa, Lenovo K900 bertumpu pada paduan prosesor Intel Atom Z2580 Dual-core, GPU PowerVR SGX544, dan RAM 2GB. Hasilnya amat baik, dengan kinerja yang gegas di saat menavigasi menu ataupun saat menjalankan aplikasi berat seperti game 3D. Satu catatan, saat menjalankan game yang cukup berat, sisi belakang K900 menjadi agak panas dan kurang nyaman dipegang lama-lama.

Di sisi benchmark, nilai Antutu benchmark yang diraih K900 hampir menyamai Samsung Galaxy S4 yang menggunakan Exynos Octa. Ini merupakan prestasi yang gemilang dan membuktikan bahwa kita tidak bisa serta-merta menarik kesimpulan hanya dengan melihat jumlah core yang dimiliki sebuah prosesor mobile.

Lenovo K900 memiliki user interface yang cukup menarik dan dapat dikostumisasi, baik dari sisi tema maupun tampilan ikon. Anda juga dapat mengatur animasi yang ditampilkan saat menggeser deretan ikon aplikasi. Yang terpenting, tampilan di berbagai setting dapat berjalan dengan mulus dan lancar.

Lenovo_k900_camera

Untuk kualitas foto, kamera K900 cukup kompeten dengan exposure yang cukup akurat. Hasil foto juga termasuk tajam dengan warna yang baik. Lenovo K900 mengandalkan fitur Super Camera. Paduan kamera dengan resolusi 13 megapixel dan aplikasi fotografi khusus Lenovo, Super Camera, ternyata memberi keasyikan tersendiri saat memotret.

super camera options k900super gallery k900

Di dalam Super Camera, Anda akan menemukan banyak filter dan efek fotografi menarik yang biasanya hanya ditemukan di aplikasi pihak ketiga yang ada di PlayStore. Terdapat efek Magic GIF dan GIF yang mirip seperti Cinemagraph di Nokia Lumia, Remove (seperti Eraser di Galaxy S4), sederetan efek lensa digital seperti Fish Eye, Mirror dan sebagainya. Juga ada MagicEffects dan ColorEffects untuk menyulap hasil foto menjadi lebih menarik. Sayangnya aplikasi ini agak berat saat dibuka, membutuhkan sekitar 3 detik sebelum Anda dapat memotret.

Lenovo juga menyertakan Super Gallery, untuk menampilkan hasil foto dan video yang dikelompokkan berdasarkan hari. Pengaturan ini lebih memudahkan saat Anda harus mencari sebuah foto. Berikut hasil foto Lenovo K900 tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto lainnya, silakan kunjungi akun Flickr yangcanggih di sini.

2013-07-02 14.13.11
2013-07-02 13.35.04
2013-07-02 12.13.51

lenovo power k900

Untuk memantau daya tahan baterai, Lenovo menyertakan aplikasi Lenovo Power. Dengannya, Anda bisa mengetahui dengan tepat berapa lama baterai K900 akan bertahan serta mengatur berbagai fungsi yang menyedot baterai. Saat diuji, dengan kondisi terhubung ke Internet, memotret, bermain game, dan menelpon sekitar 15 menit, baterai Lenovo K900 dapat bertahan antara 8-10 jam. Daya tahan ini cukup rata-rata jika dibandingkan dengan smartphone lain.

Kesimpulan
Yang menjadi ganjalan mungkin terletak pada absennya slot microSD, sehingga pengguna akan merasakan bahwa sisa ruang penyimpanan sekitar 10GB termasuk kecil. Namun jika menimbang antara performanya yang kencang, desain yang eksklusif, fitur yang lengkap dan canggih, serta harganya yang cukup jauh di bawah pesaingnya dengan merek lain (di kisaran 5 juta rupiah), Lenovo K900 amat layak untuk dilirik pecinta dan pengguna smartphone.

Back to top button