Quantcast
Home GadgetPilihanSMART HomeVisual

Mudahnya Berbagi Dengan Samsung Smart TV 2013

Kecanggihan sebuah TV kini tidak terbatas pada kualitas gambar dan estetika desain saja. Konektivitas dan kemampuannya memutar serta berbagi konten juga semakin diminati masyarakat. Jika beberapa tahun silam cara berbagi konten masih terbatas pada menghubungkan perangkat USB ke TV, kini Smart TV terbaru Samsung tampil lebih pintar dengan mendukung konvergensi perangkat digital yang lebih canggih lagi.

Untuk tahun 2013, Samsung telah memasukkan koneksi Wi-Fi sebagai standar di semua jajaran Smart TV keluarannya. Dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi, berbagi konten kini dapat dilakukan tanpa kabel dengan mudah. Hubungkan TV ke router Wi-Fi, dan Anda dapat mengalirkan konten yang ada di tablet, smartphone, notebook, dan perangkat lain langsung ke Smart TV.

Screen Mirroring
Screen Mirroring

Lalu apa manfaatnya? Misalnya Anda menyimpan koleksi foto dan video liburan di Samsung Galaxy, lalu ingin memamerkannya ke teman atau keluarga. Tentunya akan merepotkan jika semua harus mengerumuni layar smartphone atau tablet. Dengan fitur yang disebut Screen Mirroring ini, Anda dapat menyajikan koleksi foto dan video tersebut di layar Smart TV yang ukurannya jauh lebih besar. Selain lebih nyaman dilihat, foto dan video tersebut dapat ditampilkan dengan resolusi tinggi. Fitur ini juga tidak hanya terbatas untuk hiburan saja, tapi juga dapat membantu pekerjaan. Misalnya Anda harus melakukan presentasi di hadapan beberapa orang. Jika sebelumnya harus menghubungkan kabel ke TV, kini Anda bisa memanfaatkan fitur Screen Mirroring untuk menampilkan bahan presentasi atau dokumen lain dari komputer atau smartphone ke layar Samsung Smart TV.

Smart View
Smart View

Fitur canggih berikutnya adalah Smart View yang memungkinkan Anda untuk menonton lebih dari satu sumber konten yang berbeda dalam waktu yang sama. Manfaatnya amat terasa dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya Anda ingin menonton siaran langsung pertandingan sepakbola di RCTI, sementara pasangan ingin menonton drama Korea di DVD player. Dengan Smart View, Anda bisa mengatur agar layar Smart TV menampilkan siaran sepakbola, sementara pasangan Anda tetap dapat menonton drama Korea di layar smartphone atau tablet. Skenario lain, jika Anda sedang asyik menonton siaran langsung balap F1 di Smart TV dan tiba-tiba harus mampir ke kamar kecil. Dengan Smart View, Anda tetap dapat menonton di layar tablet atau smartphone sehingga tidak ketinggalan satu aksi sedikit pun.

AllShare
AllShare

Menikmati konten dari berbagai sumber seperti dari smartphone, tablet, atau PC juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan Samsung Smart TV. Menggunakan aplikasi AllShare yang dapat dipasang di perangkat mobile Samsung, Anda dapat memutar foto, video , dan musik di TV pintar ini. Mengingat AllShare hanya membutuhkan koneksi Wi-Fi, Anda tidak perlu direpotkan dengan masalah kabel yang ruwet atau terselip entah di mana. Tidak hanya dari perangkat lain, Anda dapat memutar konten yang tersimpan di layanan awan seperti DropBox, Sugar Sync, dan SkyDrive. Dengan Samsung Smart TV, Anda tidak perlu repot lagi memindahkan konten terlebih dahulu untuk memutarnya di TV. Praktis kan?

Dengan sederetan fitur pintar tersebut, konten yang tersebar di berbagai perangkat digital dapat disajikan di satu layar yang lega dan cemerlang. Dengan begitu, nyaris tidak batasan untuk menikmati berbagai jenis hiburan di Samsung Smart TV. Yang menarik, segala kecanggihan tersebut dapat diakses dengan mudah dan oleh siapa saja. Berani mencoba?

2 komentar

  1. untuk screen miroring dari HP ke Smart TV kan melalui wifi, apakah proses ini mengambil data internet dari wifi? ataukah hanya numpang lewat saja? misal kita menggunakan router wireless dengan modem yang data internetnya habis, apakah kita masih bisa melakukan screen miroring atau smart view?
    mohon penjelasanya

    Thanks
    Agus

  2. Terimakasih atas artikel anda yang sangat berguna , mengenai fasilitas allshare screen mirroring. tetapi saya mengalami kendala ketika menghubungkan dari pc ke samsung all share dgn cara screen mirror dan wifi samsung allshare tidak terdeteksi, tapi apabila menggunakan hp samsung galaxy mega ke tv , wifi dongle bisa tedeteksi dan screen mirror bisa dilakukan. Yang menjadi kendala saya adalah bagaimana cara screen mirroring dari pc ke tv dgn samsung allshare cast. Terimakasih

Back to top button