Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Lenovo IdeaPad Z400

Notebook berdesain tipis biasanya dianggap memiliki performa yang biasa saja dan kurang handal untuk kebutuhan multimedia. Namun Lenovo mencoba mematahkan mitos tersebut, dengan menghadirkan Lenovo IdeaPad Z400 dalam kemasan yang langsing dengan performa yang handal.

Konsep & Desain
Masuk ke lini Lenovo IdeaPad, Lenovo IdeaPad Z400 mempertahankan tradisi kemasan desain IdeaPad yang hadir dalam pilihan cangkang warna-warni yang trendi. Bodinya menganut konsep unibodi mirip Ultrabook. Artinya pengguna tidak dapat bebas melepas pasang baterai yang menjadi sumber tenaganya. Walau menganut konsep Ultrabook, bodinya masih belum setipis Ultrabook. Namun setidaknya Lenovo IdeaPad Z400 masih lebih langsing dan relatif ringan dibandingkan dengan laptop multimedia di kelasnya.

lenovo_z400_inside

Laptop ini hadir dalam ukuran layar 14 inci dengan resolusi 1366×768 pixel. Untuk versi yang kami uji adalah versi yang belum dilengkapi layar sentuh. Kami pun cukup puas dengan performa layarnya karena dapat menampilkan visual yang baik dengan kontras warna yang relatif akurat jika dilihat dari sudut pandang yang tepat. Cocok untuk menemani berlama-lama bermain game dan menonton koleksi film.

Keyboard Accutype khas Lenovo tergolong nyaman untuk mengetik dan bermain game. Respons tiap tombolnya cukup pas, tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal. Touchpad juga cukup sensitif dalam merespon gerakan jari dan gestur. Namun sayang, keyboard Lenovo IdeaPad Z400 belum dilengkapi dengan lampu backlit.

lenovo z400 kanan

lenovo z400 kiri

Untuk konektivitasnya, tersedia port USB 3.0, USB 2.0, HDMI, port ethernet dan jack audio yang ditempatkan di samping kiri kanan bodinya. Tersedia juga sebuah DVD Supermulti di samping kanan bodinya untuk mendukung kebutuhan multimedia. Deretan port yang diberikan cukup lengkap dan mudah dijangkau.

Fitur dan Performa
Lenovo IdeaPad Z400 yang kami ulas hadir dalam konfigurasi prosesor Intel Core i5-3230M 2.60Ghz dan memori RAM sebesar 4GB. Saat dicoba, Lenovo IdeaPad Z400 dapat menjalankan OS Windows 8 dengan sangat baik. Performanya lebih dari cukup untuk melakukan browsing, membuat dokumen, mengolah foto hingga menyunting video dengan lancar. Bagi para gamer, dukungan kartu grafis Nvidia GeForce GT635M 2GB miliknya dapat diandalkan untuk memainkan game dengan tuntutan grafis berat. Kami mencoba memainkan game Tomb Raider sebagai benchmark. Hasilnya, game ini dapat dijalankan dengan mulus tanpa masalah pada setting High di resolusi 1366×768 pixel, meskipun frame rate yang didapat hanya rata-rata.

TombRaider-benchmark-z400

Hasil benchmark sintetis menggunakan Cinebench sebagai berikut
benchmark-Z400

Untuk menemani bermain game dan menonton video, Lenovo IdeaPad Z400 telah dilengkapi dengan fitur Dolby Audio yang bisa diatur opsinya untuk bermain game, menonton film atau mendengarkan musik dengan output suara yang cukup baik. Kualitas speaker internal juga cukup lumayan dan nyaring.

Lenovo juga memasukkan beragam fitur khasnya seperti Lenovo OneKey Recovery, Lenovo OneKey Theater yang berguna untuk mengatur tampilan layar secara otomatis sesuai profil yang tersedia, Veriface, dan Lenovo Energy Management. Semua aplikasi tersebut amat berguna untuk mengatur berbagai fungsi yang ada.

Bagi Anda yang menggunakan Lenovo IdeaPad Z400 untuk bermain game, disarankan untuk menggunakan fitur Lenovo Energy Management. Pasalnya, Anda dapat memilih opsi Optimized Battery Health yang membuat Anda tidak perlu khawatir untuk memainkan laptop ini dalam waktu yang lama dengan keadaan charger terpasang tersus menerus.

Kesimpulan

lenovo_z400_keyboard

Lenovo IdeaPad Z400 hadir sebagai notebook dengan performa dan desain yang seimbang. Performa grafisnya bukan yang terkencang, tapi pesaingnya yang memiliki performa lebih baik biasanya hadir dalam bodi yang lebih tebal dan lebih berat.

Sebagai laptop harian, Lenovo IdeaPad Z400 dapat difungsikan sebagai laptop gaming mainstream yang handal. Banderol harga yang relatif terjangkau jelas merupakan nilai tambah bagi Anda yang butuh performa ekstra tapi tetap ingin tampil gaya.

[table th=”0″]Spesifikasi;Lenovo IdeaPad Z400
Prosesor;”Intel Core i5-3230M”
Layar;”14 inci HD 1366×768 pixel”
RAM;4GB DDR3
Hard disk;1TB
Kartu Grafis;Nvidia GeForce GT635M 2GB VRAM
Warna;”Dark Chocolate, Coral Blue, dan Peony Pink”
Webcam;HD 720p dengan Array Mic
Koneksi;Bluetooth 4.0 dan HDMI
[/table]
Back to top button