Quantcast
KomputerNewsTablet PCUltraportable

Samsung ATIV Q: Ultrabook Windows/Android Dengan Resolusi Layar Tertinggi Di Dunia

Saat Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows 8, Samsung telah menyiapkan ATIV Smart PC Pro yang merupakan gabungan konsep Ultrabook dan tablet. Menggantikan Smart PC Pro, Samsung telah menyiapkan notebook hybrid terbarunya yaitu ATIV Q.

Satu hal yang langsung terlihat dari ATIV Q adalah desain yang lebih keren dibandingkan Smart PC Pro. ATIV Q memiliki bodi tipis 13,9mm dengan bobot 1,29 kg, termasuk dengan keyboard. Ini jauh lebih tipis dan ringan dibandingkan bodi ATIV Smart PC Pro yang tebalnya mencapai 22mm dan bobot 1,7 kg dalam kondisi keyboard terpasang. Samsung menggunakan bahan magnesium untuk bodi, sehingga memberikan kesan premium sekaligus tangguh.

Mekanisme perubahan dari mode tablet ke laptop juga berubah. ATIV Q menggunakan mekanisme slider atau geser yang mirip seperti Sony VAIO Duo 11. Namun ada tambahan lain. Anda dapat memutar layarnya hingga 180° saat ATIV Q dalam modus laptop (terbuka dengan keyboard di bawah layar). Modus ini disebut modus stand yang sama seperti Lenovo Yoga 13. Samsung juga memperkenalkan modus floating yang diaktifkan dengan memutar layar hingga sejajar dengan keyboard. Bersama dengan modus tablet dan notebook, total ada empat modus penggunaan yang didukung ATIV Q. Desain keyboard sekilas mirip seperti keyboard Sony VAIO Duo 11 yang menyertakan trackpoint sebagai ganti touchpad. Jika masih kurang nyaman, terdapat S-Pen yang tersimpan manis di salah satu sudut bodinya.

Di luar desain, ada dua hal yang istimewa dari ATIV Q. Yang pertama, inilah notebook dengan resolusi layar tertinggi di dunia saat ini. Layar sentuh ATIV Q memiliki resolusi qHD+ 3200×1800 pixel dengan tingkat kerapatan pixel yang mencapai 275 pixel per inci. Resolusinya bahkan lebih tinggi dibandingkan MacBook Pro Retina Display. Untuk memanfaatkan resolusi layarnya, Samsung ATIV Q akan menggunakan sistem operasi Windows 8.1 yang belum diluncurkan saat ini.

Satu lagi fitur istimewa yang dimiliki Q adalah dibenamkannya sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean yang berjalan bersamaan dengan Windows 8. Di demonstrasinya, Anda dapat beralih antara Windows 8 dan Android dengan amat cepat, seperti layaknya beralih aplikasi biasa. Bahkan Anda juga bisa menempelkan aplikasi Android yang diinginkan di tile layar Start Windows 8 untuk akses lebih cepat. Menurut Samsung, Android dijalankan melalui VM (Virtual Machine) sehingga rasanya seperti menggunakan dua perangkat terpisah. Samsung juga menjelaskan bahwa pengguna juga dapat berbagi folder dan file dari Windows 8 ke Android.

Untuk performa, sepertinya tidak ada yang perlu diragukan. ATIV Q akan menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi 4 atau Haswell dan chip grafis terbaru Intel, HD Graphics 4400. Untuk daya tahan baterai, Anda bisa memakainya hingga 9 jam. Sepertinya cukup lama untuk menemani aktivitas Anda seharian.

Menurut rencana, Samsung ATIV Q akan dipasarkan di kwartal 4 tahun 2013 atau antara bulan Oktober dan November 2013. Belum ada kepastian harga, tapi saya prediksi harganya tidak akan jauh berbeda dengan ATIV Smart PC Pro di kisaran 13-14 juta rupiah. Setuju?

[table th=”0″]”Spesifikasi“;”Samsung ATIV Q
Layar;”13.3 inci dengan resolusi 3200×1800 (275ppi)”
Sistem Operasi;”Windows 8 & Android 4.2.2 Jelly Bean”
Prosesor;Intel Core i5 (Haswell)
Chip Grafis;Intel HD Graphics 4400
RAM;4GB DDR3L
Hard Disk Drive;128GB SSD
Kamera;720p HD
Dimensi;”327.0×217.8×13.9mm”
Bobot;1,29 kg[/table]
Back to top button