Quantcast
Aksesoris Foto & VideoFoto & VideoReview

Review LG Pocket Photo

Konsumen saat ini tengah disuguhkan dengan beragam smartphone canggih yang dibekali dengan kamera resolusi tinggi. Namun, belum ada produsen yang menyediakan aksesoris pelengkap smartphone untuk solusi cetak foto. Dan LG melalui produk LG Pocket Photo yang mampir ke meja redaksi kami, berusaha menawarkan para penggemar fotografi smartphone solusi cetak foto yang lebih mudah daripada harus ke lab foto atau menggunakan printer foto.

Konsep & Desain

Pada intinya, LG Pocket Photo merupakan sebuah printer foto warna yang mengusung konsep ultra portabel. Artinya, ukuran mesin pencetak ini amat mungil dengan desain yang lebih mirip hard disk portable dibandingkan printer foto. Bobotnya juga ringan sehingga tidak membebani saat dibawa di tas. Printer foto ini hadir dengan desain bodi yang bercorak gambar hati di hampir seluruh bagian depan dan belakang bodinya. Menurut kami ini cukup unik dan tidak biasa untuk sebuah gadget, walaupun desainnya ini membuatnya lebih pas dipakai kaum hawa.

Di samping kiri bodi, Anda hanya akan menemukan sebuah tombol power. Slot USB dan micro USB ditempatkan di samping kanan bodi yang bersembunyi di balik penutup. Untuk memasukkan kertas foto, Anda bisa membuka penutup bagian atasnya. Penutup bodinya ini juga bisa dibuka, sehingga pengguna dapat menarik kertas keluar jika kertas tiba-tiba tersangkut saat sedang mencetak.

Fitur
Dengan mengusung teknologi cetak Zink yang juga digunakan pada kamera modern Polaroid, Anda tidak perlu lagi membeli tinta. Yang Anda perlukan hanya sepaket lembaran kertas fotonya yang dijual per paket isi 10 lembar. Dalam paketan kertasnya, juga telah tersedia sebuah lembar kertas biru bernama Smart Paper yang berguna untuk membersihkan head printer.

Kemudahan lain yang ditawarkannya adalah dukungan koneksi Bluetooth dan NFC. Dengan dukungan kedua koneksi ini, membuat LG Photo Printer semakin tambah mudah untuk digunakan dan kompatibel dengan hampir seluruh tablet PC dan smartphone. Untuk memudahkan pencetakan, LG juga menyediakan aplikasi khusus untuk pengguna Android bernama LG Pocket Photo yang dapat diunduh gratis di PlayStore yang bisa dijadikan media untuk membantu Anda mencetak foto. Aplikasi ini menyediakan beragam jenis efek foto, bingkai dan fitur QR Code. Dengan fitur QR Code ini, Anda dapat memasukkan sejumlah informasi pada foto lalu akan ikut di print bersama foto Anda.

Performa
Perangkat ini sangat mudah sekali untuk digunakan. Kami nyaris tidak menemukan masalah dalam mengoperasikannya. Untuk mencoba performanya kami mencoba menghubungkan LG Pocket Photo ke perangkat smartphone LG Nexus 4 yang telah didukung dengan Bluetooth dan NFC.

Lg-pocket-photo-3jpg

Sebelum dapat menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus melakukan pairing. Untungnya proses pairing dapat dilakukan dengan amat cepat dan mudah. Ini juga berlaku dengan smartphone merek lain. Kami sempat mencoba beberapa ponsel seperti Samsung Galaxy Note 2 atau Motorola Razr, yang keduanya dapat tersambung dengan cepat.

Koneksi NFC yang dimilikinya juga sama. Dengan mengaktifkan koneksi NFC di Nexus 4, kami cukup menempelkan Nexus 4 ke permukaan bodi LG Pocket Photo yang berlogo NFC, maka kedua perangkat langsung terhubung dan siap digunakan. Jika ingin mencetak photo dari PC atau laptop, Anda juga bisa menghubungkan alat ini via koneksi Bluetooth. Lalu pilih foto yang ingin Anda cetak dan pilih opsi shared ke LG Photo Printer.

LG Photo Printer dapat digunakan untuk mencetak foto 15 kali berturut-turut untuk sekali pengisian baterai. Walau tidak kami coba untuk mencetak berturut-turut sebanyak 15 kali, namun kami cukup terkesan dengan performa cetaknya yang relatif cepat. Satu foto dapat dicetak dengan waktu sekitar 30 detik. Hasil cetakannya memang tidak bisa dibandingkan dengan hasil cetak foto di lab foto atau printer foto. Namun kualitasnya sudah cukup lumayan dan tentunya printer ini akan berguna jika Anda butuh mencetak foto-foto pribadi atau ingin mencetak foto dengan cepat saat sedang bepergian.

Lg-pocket-photo-7

Kesimpulan
LG Photo Printer merupakan solusi yang paling tepat bagi Anda yang membutuhkan alat cetak portabel. Dengan banderol harga sekitar Rp1.499.000, LG Printer Photo memang tidak terlalu murah. Namun bagi Anda yang ingin memiliki printer foto dengan ukuran ekstra mungil dan mudah digunakan, serta kompatibel dengan hampir semua merek smartphone, tablet PC dan laptop, sepertinya belum ada printer foto lain yang dapat menjadi pertimbangan.

Back to top button