Quantcast
Aksesoris Foto & VideoFoto & VideoNews

Lensa UltraWide Pertama Untuk EOS-M, Canon EF-M 11-22mm f/4-5.6 IS STM

Untuk pengguna kamera mirrorless EOS M, Canon baru-baru ini menghadirkan sebuah lensa wide angle untuk kebutuhan fotografi landscape yaitu Canon EF-M 11-22mm f/4-5.6 IS STM.

canon 11-22mm-1

Biasanya lensa ultrawide hadir dengan desain yang besar dan bobot yang lumayan berat seperti misalnya Canon 10-22mm yang menjadi favorit lensa ultrawide di kategori DSLR. Namun lensa Canon EF-M 11-22mm f/4-5.6 IS STM ini memiliki bobot yang lebih ringan dan ukuran bodi yang lebih kecil. Desain mungilnya ini tentunya disesuaikan dengan dimensi EOS-M yang juga mungil.

Lensa ini hadir dengan model retractable atau dapat dilipat masuk. Ini menjadikannya sebagai lensa EF Canon pertama yang menggunakan mekanisme tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa mengunci posisi lensa ke dalam barrel lensa jika sedang tidak digunakan agar lensa tidak menjulur keluar sendiri saat dalam posisi menghadap ke bawah atau lazim disebut lens creep. Ide ini membuat lensa menjadi tampak lebih pendek dan dapat menghemat panjang lensa hingga 13mm.

Untuk menghasilkan foto yang baik, Canon telah melapisi bagian optik lensanya dengan lapisan Super Spectra yang berguna untuk meminimalisir efek ghosting dan pantulan cahaya. Lensa ini juga menjadi lensa EF Wide Angle pertama Canon yang telah dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilizer untuk menghindari terjadinya blur ketika mengambil foto dan fitur Dynamic IS untuk hasil video bebas efek guncangan. Untuk lebih memaksimalkan kinerjanya saat merekam video, Canon EF-M 11-22mm f/4-5.6 IS STM telah dilengkapi dengan cincin fokus yang memudahkan pengaturan fokus secara manual.

Canon EF-M 11-22mm f/4-5.6 IS STM akan tersedia di bulan Juni 2013 dengan harga sekitar US$590.

Back to top button