Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Lenovo M490s

Lenovo ThinkPad Edge merupakan salah satu usaha Lenovo untuk menghadirkan laptop berdarah ThinkPad dalam kemasan yang lebih modern dan gaul. Dan kini, Lenovo kembali berinovasi pada jajaran laptop bisnis mereka dengan menghadirkan Lenovo M490s yang diposisikan sebagai laptop bisnis kelas entry.

Konsep Desain
Tanpa membawa nama besar ThinkPad yang menjadi legenda di kategori laptop bisnis, Lenovo M490s membawa angin segar untuk jajaran laptop bisnis milik Lenovo. Pertama dari desainnya. Lenovo M490s ini hadir dengan desain yang lebih tampil gaya dalam 2 pilhan warna yaitu hitam dan abu-abu yang tampil elegan.

Usaha Lenovo untuk berinovasi pada desain Lenovo M490s juga patut diacungi jempol. Dalam kemasan yang cukup langsing dan relatif ringan, Lenovo menawarkan desain lekuk (Kink) yang terlihat dinamis pada bagian engsel layarnya. Ini membuat Lenovo M490s tidak hanya terlihat atraktif, tapi juga membuat layar laptopnya juga lebih mudah dibuka.

lenovo-m490s-1

Lenovo M490s hadir dengan layar LED berukuran 14-inci dengan tingkat resolusi 1366×768 pixel. Dengan panel layar anti-glare yang digunakan, layarnya memang cukup nyaman digunakan di mana saja, baik di dalam atau di luar ruangan. Performa layarnya juga cukup baik jika dilihat dari sudut yang tepat. Sama seperti rata-rata laptop pada umumnya, dilihat dari sisi kiri atau kanan, layarnya akan terlihat agak buram. Di bagian atas layarnya ini, Anda juga akan menemukan sebuah webcam HD 720p yang dapat digunakan untuk video chat. Kualitas gambar dari webcam cukup baik dan memadai untuk video call dengan Skype.

lenovo-m490s-3

Untuk kenyamanan mengetik, Lenovo M490s telah dilengkapi dengan keyboard bermodel AccuType yang sangat nyaman digunakan. Jarak antar tombol dan kedalamannya cukup pas saat digunakan mengetik cepat. Walau Anda tidak akan menemukan trackpoint seperti lini ThinkPad, bagian touchpadnya sudah cukup baik dan responsif menerima input jari ketika digunakan untuk bernavigasi.

Dengan mengorbankan slot DVD/CD-ROM untuk menjaga ketipisan bodinya, Lenovo tetap melengkapi M490s dengan pilihan port konektivitas yang cukup lengkap. Anda akan menemukan port USB 2.0, audio jack 3.5mm, dan slot kartu memori SD di bagian kiri bodinya. Di bagian kanan, tersedia 2 port USB 3.0. 1 port HDMI, dan port Ethernet. Seluruh port konektivitasnya ditempatkan dengan sangat baik dan mudah dijangkau dan tidak mengganggu satu sama lain ketika digunakan bersamaan.

Fitur dan Performa
Untuk mengoptimalkan pekerjaan Anda, Lenovo M490s hadir dengan beberapa fitur khusus untuk bisnis. Fitur keamanan fingerprint reader telah disertakan untuk mempermudah login dan mengamankan laptop. Hadir juga fitur Lenovo Solution for Small Business untuk memantau software update, melakukan backup dan restore, atau melakukan perawatan laptop secara berkala. Jadi semua tugas pengaturan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Aplikasi ini juga menyediakan fitur USB Blocker untuk mengamankan port USB agar tidak bisa digunakan dan Energy Saver yang dapat digunakan untuk memprogram waktu start-up dan shutdown laptop ini secara otomatis.

Selain itu hadir juga fitur Lenovo Solution Center yang berguna untuk membantu menampilkan informasi sistem pada laptop ini. Kemudian ada Lenovo Connection yang mempermudah pengaturan Wi-Fi dan dapat digunakan untuk menjadikan laptop ini sebagai titik Hotspot untuk berbagi jaringan.

Lenovo M490s ditenagai dengan prosesor Intel Core i3-3227U 1.90Ghz dengan RAM sebesar 2GB dan dukungan grafis dari Nvidia GeForece 710M. Dengan spesifikasinya, performa M490s sudah lebih dari memadai untuk kebutuhan bisnis seperti mengetik, membuat file presentasi atau browsing. Untuk performa benchmarknya dapat dilihat di gambar berikut.

benchmark-M490s

Menyimpan data dalam jumlah yang besar juga tidak menjadi masalah mengingat Lenovo M490s telah dibekali hard disk 1TB yang tergolong besar untuk ukuran notebook. Performa di bidang multimedia juga cukup baik, berkat hadirnya Nvidia GeForce 710M dan dukungan audio dari Dolby Advanced Audio V2. Dengan spesifikasinya tersebut, M490s juga mumpuni sebagai sarana hiburan seperti menonton film Full HD atau bermain game. Performa gamingnya sendiri cukup lumayan. Beberapa judul game seperti misalnya Pro Evolution Soccer 2013 masih dapat dimainkan dengan mulus tanpa masalah.

Sayangnya kinerja grafis dan kemampuan komputasinya tidak dibekali dengan performa baterai yang tangguh. Dengan pengaturan gelap terang layar 50%, mengetik sambil browsing dan terhubung ke koneksi WiFi, baterainya hanya sanggup bertahan hingga sekitar 2 jam.

Kesimpulan
Kemasan yang trendi, performa grafis dan komputasi yang cukup baik menjadikannya sebuah laptop bisnis yang tidak hanya cocok bagi para pelaku bisnis UKM, tapi juga para pekerja kantoran yang membutuhkan komputer dengan harga relatif terjangkau, performa handal, dan desain masa kini. Dengan segala fitur dan kemampuannya, Lenovo M490s dapat Anda miliki dengan harga sekitar Rp5.699.000.

Yang Canggih:
+ Desain trendi
+ Performa grafis dan komputasi cukup oke
+ Konektivitas lengkap
+ Bobot lumayan ringan
+ Kapasitas hard disk besar

Yang Kurang:
– Baterai relatif boros
– Minus CD/DVD ROM

Satu komentar

Back to top button