Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Google Nexus 4 (LG E960)

Setidaknya empat vendor telah digandeng oleh Google untuk membuat seri Nexus mereka, yang didedikasikan untuk membawa OS paling mutakhir Android sebelum diterapkan pada perangkat lainnya. Setelah HTC, Samsung dan Asus, kali ini LG yang diberikan kesempatan untuk mengembangkan Nexus 4.

Google Nexus 4 merupakan smartphone yang pertama kali mengadopsi Android versi Jelly Bean 4.2. Meski masih memiliki nama yang sama dengan versi sebelumnya, 4.1, namun tentu saja berbagai fitur telah ditambahkan untuk memberikan pengalaman lebih kepada penggunanya. Lalu, bagaimana performa Nexus 4 secara keseluruhan?

Desain

Google Nexus 4 cukup minimalis dengan sisi depan yang polos karena absennya logo yang menghiasi. Anda hanya disambut layar yang diapit bezel sangat tipis di sisi kiri-kanannya, meski tetap cukup lebar untuk bagian atas dan bawahnya. Di bezel bagian atas terdapat sensor cahaya dan kamera depan, sementara lampu LED hanya terlihat saat menyala, dapat ditemukan di bawah layar.

Nexus 4 mengadopsi desain unibody sehingga Anda tak dapat melepas-pasang casing sendiri tanpa bantuan alat khusus. Itulah mengapa slot kartu SIM berukuran mikro diletakkan di sisi kiri ponsel, bersebelahan dengan tombol kontrol volume. Untuk membuka slot ini, Anda membutuhkan jarum khusus. Desainnya ini juga membuat Nexus 4 tidak memiliki slot kartu memori microSD.

Kedua sisi depan dan belakang Nexus 4 menggunakan bahan kaca yang tangguh untuk menghadapi benturan – alias tidak mudah pecah. Sisi sampingnya juga menggunakan bahan yang nampak sama untuk di bagian tengahnya, namun tidak dengan pinggirnya yang masih berbahan plastik. Jika ponsel Anda terjatuh ke jalan, misalnya, maka bagian ini yang paling mungkin akan tergores, tergantung tingkat benturan yang terjadi.

Tombol daya terletak di sisi kanan dengan letak yang bersahabat dengan ibu jari saat digunakan dengan satu tangan (kanan) saja. Jack audio 3.5mm diletakkan di atas bersama mikrofon pertama, sementara mikrofon kedua berada di sisi bawah bersama port microUSB. Beralih ke sisi belakang, LG menggunakan bahan kaca untuk melapisi sisi yang dihuni kamera beserta lampu kilat serta segaris speaker tersebut. Hasilnya, Nexus 4 terlihat eksklusif dan mewah.Logo “nexus” terpampang nyata di bawah lampu kilat, serta LG di bagian bawah.

Secara keseluruhan, desain dan bobot ringan yang dibawa oleh Nexus 4 cukup baik dan menunjukkan kelasnya.

Fitur
Seperti biasanya, smartphone seri Nexus dibekali banyak fitur terbaru dari Google, selain tentu versi OS yang paling baru. Pada Nexus 4, antarmuka yang tampil memang tak banyak berbeda dari Jelly Bean v4.1. Namun setidaknya, kami mencatat bahwa batang notifikasinya kini lebih interaktif dengan kemampuan melakukan preview konten terbaru yang lebih banyak. Misalnya ada email yang masuk, maka Anda akan dapat mengintip isi email tersebut langsung dari jendela notifikasi. Atau jika Anda berlangganan berita dari Currents misalnya, berita utama terkini akan tampil di jendela ini lengkap dengan opsi mood Anda saat membaca berita tersebut, yang kemudian dapat disebarkan ke Facebook.

Lalu bagaimana jika tidak ada update apapun? Layar ini akan nyaris kosong dan kita akan disuguhi tampilan jam dan tanggal di sisi atas. Apakah Google menghilangkan fitur pemintas cepat ke berbagai pengaturan yang ada di versi sebelumnya? Untungnya tidak. Sentuh saja ikon di pojok kanan atas, maka akses cepat ke pengaturan kecerahan layar, Settings, Wi-Fi, Bluetooth, mode pesawat, jaringan seluler hingga informasi baterai akan keluar hampir memenuhi layar. Ada lagi satu tambahan lagi dari Google yakni informasi pemilik lengkap dengan fotonya. Cool!

ss0

Masuk ke Menu Utama, Anda akan menemukan beberapa aplikasi dan fitur bawaan Nexus 4. Pertama adalah 360, merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto panorama hingga sudut 360 derajat penuh. Hasilnya cukup baik, dengan penyambungan yang cukup pas. Tentunya hasil foto panorama saat bergantung pada gerakan tangan Anda saat menggeser Nexus 4. Fitur Clock pada Nexus 4 semakin disempurnakan dengan opsi tampilan jam berdasarkan kota yang bisa ditampilkan dalam satu layar, serta stopwatch yang mendukung multi-split time. Bahkan hasil dari penghitungan waktu dapat langsung dibagikan ke jejaring sosial, email atau bahkan via Bluetooth. Aplikasi Google Currents akan merangkum berita utama dari berbagai topik seperti politik, hiburan, teknologi, budaya, dan sebagainya. Sedangkan Earth memungkinkan Anda mengeksplorasi bumi dari layar ponsel dengan sangat mudah sekaligus menyenangkan.

Gogobot akan membantu mendokumentasikan perjalanan Anda ke berbagai tempat wisata, sekaligus merencanakan perjalanan dengan rekomendasi personal yang terhubung ke Facebook. Anda juga dapat mengambil foto sebuah tempat, lengkap dengan titik koordinatnya, sehingga menjadikannya buku perjalanan modern.

ss1

Selain itu fitur-fitur lain yang tetap hadir adalah Movie Studio untuk menyunting hasil rekaman video Anda secara sederhana, Navigation untuk membantu Anda menemukan jalan yang sayangnya masih membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh data peta, serta Voice Search yang juga semakin andal dalam berinteraksi langsung dengan penggunanya lewat suara.

Performa
Prosesor quad-core dengan kecepatan 1,5GHz tentunya mampu menghasilkan performa mumpuni pada Nexus 4. Perpindahan antar-halaman menu, multitasking, menonton video, maupun berselancar di dunia maya dapat dilakukan tanpa hambatan. Untuk mengujinya secara lebih akurat, mari kita gunakan berbagai aplikasi benchmark yang banyak tersedia di Play Store, gratis.

Quadrant Standard Edition memberikan poin tertinggi bagi Nexus 4 (4944) dibandingkan delapan perangkat lainnya seperti HTC One X dan Asus Transformer Prime. Namun tidak dengan AnTuTu, yang hanya menempatkan Nexus 4 di peringkat kedua dan keenam, di bawah Samsung GALAXY S IV. Mengapa “kedua dan keenam”? Karena seperti dapat Anda lihat pada gambar, Nexus 4 sebenarnya telah menempati posisi kedua di atas Samsung GALAXY Note II, namun perangkat yang kami uji menempati posisi keenam dengan poin 15637.

Layar Nexus 4 memiliki resolusi 768×1184 piksel yang harus berbagi dengan tombol opsi virtual. Pancarannya terbilang bagus meski berada di bawah sinar matahari langsung. MultiTouch Tester mencatat hasil 10 sentuhan yang dapat direspons bersamaan oleh layar Nexus 4, meski luasnya tak sampai 5 inci.

Pemutar musik pada Nexus 4 merupakan standar bawaan Google. Tersedia beberapa pilihan penyeimbang suara baik otomatis berdasarkan genre lagu maupun pengaturan manual. Kualitas speakernya dapat diandalkan – tentu Anda harus menempatkan ponsel dalam posisi terbalik saat meletakkannya di atas meja. Dinamika dan power yang dihasilkan cukup baik.

Sementara pemutar video bawaannya juga bisa memutar dua video resolusi tinggi, baik HD 720p maupun 1080p berukuran file kecil dengan baik. Sayangnya, film Smurf yang biasa kami gunakan untuk menguji ponsel Android gagal diputar dengan mulus. Teks berformat SRT juga tak tertampil. Tentunya ini dapat diatasi dengan memasang aplikasi pemutar video lain yang marak di Play Store.

ss2
ss3

Saat pertama melihat fisik lensanya, kami cukup terkejut mengingat ukurannya terlihat cukup kecil dari luar. Namun hasil fotonya ternyata cukup baik dalam kondisi cahaya terang. Untuk kualitas foto di kondisi minim cahaya, hasilnya akan penuh dengan noise dan detail yang menurun tajam.

Di luar itu, peningkatan fitur kamera di Android Jelly Bean 4.2 terasa memuaskan, terutama di modus panorama. Selain yang telah kita kenal selama ini, yakni mengambil gambar dengan sudut padang ultra lebar yang diambil setahap demi setahap dari kiri ke kanan, maka kini Anda juga bisa mengambil gambar panorama dengan sudut pandang lebih luas lagi; kiri ke kanan hingga 360 derajat, lalu ke atas dan ke bawah, sehingga Anda akan mendapat hasil foto yang lebih utuh dari sebuah obyek maupun pemandangan sekitar.

Penggunaan fitur ini pun tergolong mudah, karena kita akan dibantu dengan kotak navigasi lengkap dengan titik di tengahnya yang akan mengambil foto secara otomatis saat kamera “melihat” ke arah titik tersebut. Sementara untuk hasil rekam video, resolusi maksimal yang bisa dihasilkan adalah Full HD 1080p. Kualitasnya cukup bisa diandalkan namun sebisa mungkin hindari pengambilan jarak dekat karena hasilnya akan pecah. Berikut sampel foto dan video yang diambil menggunakan Nexus 4.

Foto
IMG_20130401_113024 IMG_20130409_131616 IMG_20130328_111303 IMG_20130324_131439
PANO_20130401_111246

Video

Baterai built in yang tersemat di ponsel ini berkapasitas 2100mAh yang masih sanggup untuk menemani aktivitas seharian meski tergantung pemakaian setiap orang yang berbeda-beda. Selama pengujian, baterai ini tidak membuat bodi belakang Nexus 4 cepat terasa panas, sehingga nyaman digunakan berlama-lama dalam genggaman.

Kesimpulan
Sebagai partner Google, LG berhasil menghadirkan seri Nexus dengan desain dan performa yang baik. Meski kualitas kameranya di bawah ekspektasi kami, namun hasilnya masih dapat bersaing dengan kebanyakan ponsel Android yang ada. Bandrol harga Rp5,5 juta memang cukup tinggi, namun bukan yang paling mahal. Jika ditimbang dengan spesifikasi, desain, dan berbagai fitur yang dimilikinya, harga tersebut cukup lumrah. Bagi yang mendambakan smartphone Android dengan performa handal, desain kece, serta dukungan update software yang jelas, Nexus 4 sepertinya layak menjadi incaran.

Yang canggih:
(+) Desain elegan
(+) Lapisan kaca di sisi belakang
(+) Performa oke
(+) Android Jelly Bean v4.2
(+) Fitur Google Sphere dengan hasil memuaskan

Yang kurang:
(-) Bodi cepat panas
(-) Hasil foto di kondisi gelap kurang

Back to top button