Quantcast
KomputerNewsSoftware

SimSensei: Terapis Virtual dengan Bantuan Kinect

Menganalisa tingkat depresi seseorang memang tidak semudah yang Anda bayangkan. Bahkan untuk sekelas psikiater pun terkadang masih akan menemukan beberapa kendala untuk menganalisa hal tersebut. Lalu bagaimana jika teknologi dilibatkan untuk membantu proses tersebut?

simsensei

Stefan Scherer, seorang peniliti dari jurusan teknologi kreatif Universitas Southern California Institute berhasil mencipatakan sebuah program yang sangat inovatif bernama SimSensei.

SimSensei merupakan proyek yang dapat membantu seseorang untuk menganalisa tingkat depresi mereka tanpa harus datang untuk menemui psikiater.

Untuk menggunakan SimSensei, Anda harus memiliki sebuah Microsoft Kinect. Program SimSei ini hadir dengan sebuah tokoh virtual yang akan menanyakan beberapa pertanyaan.

Pada saat Anda menjawab pertanyaan, disinilah Kinect akan bekerja. Kinect akan melakukan tugasnya mendeteksi seluruh pergerakan, bahasa tubuh hingga ekspresi wajah Anda. Hasilnya kemudian akan dimasukkan ke dalam sebuah software khusus untuk diolah sehingga menghasilkan informasi yang akan digunakan untuk mengukur tingkat depresi Anda.

Saat ini SimSensei memang masih dalam tahap pengembangan. Namun dengan keberhasilannya mendeteksi dan menterjemahkan gestur dan ekspresi wajah Anda tentu program ini kedepannya tentu akan sangat menjanjikan dalam dunia kedokteran.

Untuk melihat bagaimana SimSensi beraksi simak video singkat berikut ini..

Back to top button