Lambang mata satu pada gambar yang Anda lihat bukanlah lambang Illuminati seperti novel karya Dan Brown. Namun lambang ini merupakan ikon dari aplikasi yang akan membantu Anda untuk mengetes apakah mata Anda sehat dan normal dalam mengenali warna atau tidak.

color-blindness

Tes buta warna biasanya diperlukan untuk masuk ke beberapa perguruan tinggi dan pekerjaan khusus yang memang memerlukan kesehatan mata dalam mengenali warna, seperti jurusan kesenian terutama melukis maupun desain grafis, atau pekerjaan yang membutuhkan keahlian sejenis.

Color Blindness Test akan menguji apakah mata Anda sehat alias tidak buta warna atau sebaliknya. Tes yang diberikan mirip dengan yang dilakukan oleh dokter spesialis mata di Rumah Sakit, sehingga Anda bisa melatih mata Anda untuk mengenali berbagai obyek dan warna sebelum berangkat tes yang sesunggunya.

color-blindness-test

Terdapat dua tes yang disediakan oleh pengembangnya yakni Short Test atau test singkat, serta Long Test atau tes yang lebih lengkap. Ketika kami coba, baik Short Test maupun Long Test akan memunculkan angka-angka samar yang harus Anda tuliskan di kolom yang tersedia – atau pilih I can’t see anything jika memang Anda tak dapat melihat apapun.

Meski sedikit mengecewakan karena varian yang diberikan hanyalah angka-angka, tanpa huruf atau perintah mengikuti alur misalnya, namun Color Blindness Test tetap kami rekomendasikan terutama untuk Anda yang membutuhkannya. Silakan unduh dan instal secara gratis dengan meng-klik tautan ini.