Kipas angin modern saat ini telah hadir dengan mengusung konsep bladeless atau tanpa baling-baling yang memiliki desain hampir mirip satu sama lainnya. Namun Panasonic Jepang secara resmi mengumumkan kipas angin canggih dengan bentuk yang lebih tipis, yaitu Panasonic F-S1X.

Panasonic slimfan-1

Dengan konsep bladeless, kipas angin ini dapat dikemas dalam berbagai desain yang lebih inovatif. Ditilik dari desainnya, Panasonic F-S1X ini mirip seperti sebuah lampu meja. Cara kerja dari kipas angin ini sama persis dengan kipas angin tanpa baling-baling pada umumnya. Yang membuatnya berbeda, Panasonic F-S1X menggunakan prinsip fluidics untuk menghasilkan angin.

Panasonic slimfan-2

Prinsip fluidics ini bekerja dengan mengandalkan tekanan dan aliran udara melalui sebuah medium dengan bentuk yang presisi. Secara sederhana, aliran udara dari kipas di dalam akan mengalir melalui bodinya yang berbentuk pipa ini dan mengarahkan aliran angin ke pengguna.

Untuk mengatur kecepatan kipasnya, Panasonic melengkapinya dengan 5 mode tingkatan pengaturan angin dan dapat berputar 90 derajat. Tersedia juga opsi prefilter, fungsi timer dan sebuah wireless remote control. Dengan dimensi yang hanya 180x180x950 mm, Panasonic F-S1X merupakan kipas angin elektrik tertipis dan terlangsing yang pernah dibuat hingga saat ini. Ukuran yang mungil ini juga memudahkan penempatan Panasonic F-S1X di dalam rumah.

Panasonic F-S1X akan tersedia di pasaran Jepang mulai tanggal 20 Mei 2013 dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar US$374.