Quantcast
Mobile GadgetReview

Review Sony Walkman NWZ-473

Saat ini untuk mendengarkan musik favorit memang dapat mengandalkan smartphone atau tablet PC. Tapi jika ingin mendapatkan kualitas audio yang lebih baik perangkat mp3 player merupakan perangkat yang tepat karena menawarkan sederetan teknologi audio yang membuatnya dapat menghasilkan suara lebih baik. Salah satu contohnya adalah produk Sony Walkman yang mampir ke kantor redaksi kami.

Konsep dan Design
Sony Walkman NWZ-473 yang kami terima bukanlah sembarang MP3 player, tapi merupakan versi edisi khusus Hello Kitty. Paket pembeliannya dibuat spesial dengan kemasan kotak kaleng berwarna hitam berhiaskan gambar Hello Kitty yang imut. Saya jamin penggemar tokoh kartun asal Jepang ini akan langsung jatuh hati melihat kemasannya.

Isi di dalam kotaknya juga dilengkapi dengan pernak-pernik Hello Kitty. Mulai dari sarung kulit berwarna hitam dengan aksen pink berlogo Hello Kitty, tali berbahan kulit berwarna pink, gantungan Hello Kitty, hingga sticker Hello Kitty untuk ditempelkan di bagian belakang Sony Walkman NWZ-473 yang berwarna pink ini.

sony-walkman-4

Desain Sony NWZ-473 sendiri juga tidak kalah keren, dengan balutan bahan aluminium yang kuat dan mewah. Bodinya yang hanya setebal 7.0mm juga memudahkan saat dibawa atau digunakan. Perangkat ini dilengkapi dengan layar 2 inci (LED-backlit) dengan tingkat kerapatan 320×240 pixel yang dikelilingi oleh bingkai bermotif bunga-bunga. Performa layarnya sangat baik. Visual yang disajikan terlihat tajam dengan penyajian warna yang nyaman di mata. Di luar ruangan pun, informasi di layar masih dapat terlihat dengan jelas.

sony-walkman-2

Untuk navigasinya, Sony Walkman NWZ-473 hadir dengan beberapa tombol di bawah layarnya seperti tombol home, option, play/pause dan tombol D-Pad untuk navigasi menu atas, bawah, maju dan mundur. Walaupun berukuran mini, tombol-tombolnya masih cukup nyaman saat ditekan. Untuk mengatur volume, Anda tinggal mengoperasikan tombol yang ada di samping kanan bodinya. Secara keseluruhan, Sony Walkman NWZ-473 amat mudah digunakan tanpa harus membuka buku petunjuk penggunaannya.

sony-walkman-1

Fitur dan Performa Audio
Walaupun tampil tipis dan mungil, ternyata Sony Walkman NWZ-473 telah dilengkapi sederetan fitur yang berguna.

Video Player
Selain dapat digunakan untuk memutar musik, Sony Walkman NWZ-473 juga dapat digunakan untuk memutar video. Walau harus puas dengan ukuran layarnya yang tergolong kecil, tapi dengan kemampuannya memutar video dapat menjadi alternatif hiburan jika Anda sudah bosan mendengarkan musik.

Gallery
Dengan fitur ini, Anda dapat memasukkan koleksi foto dari PC ke NWZ-473. Anda dapat memilih foto yang diinginkan untuk dijadikan wallpaper di antar muka Walkman ini.

FM Radio dan Podcasts
Jika sudah bosan mendengar musik atau video, masih ada fitur FM Radio dan juga Podcasts. Hanya saja mengingat belum dilengkapinya modul Wi-Fi di perangkat ini, maka Podcasts harus Anda masukkan sendiri secara manual.

Games
Untuk sekedar iseng dan mengisi waktu luang, Sony Walkman NWZ-473 juga hadir dengan games. Tersedia 2 judul game yang dapat dimainkan yaitu Puyo POP Fever dengan pola permainan seperti game lawas Tetris dan Number Place yang akan mengajak Anda memutar otak untuk bermain dengan angka-angka.

Display lyrics dan mode Karaoke
Untuk melengkapi keasyikan bermusik, Anda juga dapat memasukkan lirik lagu ke dalam perangkat ini yang akan ditampilkan di layar saat Anda bernyanyi. Ingin karaoke juga bisa, dengan adanya mode karaoke khusus. Pada mode ini, suara vokal dari musik yang sedang diperdengarkan akan otomatis dikecilkan agar suara Anda lebih terdengar.

SensMe™ Channel
Bisa Anda bayangkan seberapa repotnya memilih ratusan koleksi lagu yang dimasukkan ke kapasitas ruang penyimpanannya yang sebesar 4GB? Nah, disinilah SensMe Channel hadir untuk membantu Anda. SensMe™ Channel ini sangat mengagumkan. Pasalnya, SensMe Channel mampu secara otomatis menyeleksi dan mengelompokkan koleksi lagu Anda ke channel yang telah dimilikinya sesuai dengan jenis musik tersebut. Channel yang ada di SensMe™ Channel ini Diantaranya Enegetic, Relax, Upbeat, Lounge, Emotional, Dance, Extreme, atau shuffle All.

Untuk meningkatkan performa audionya, Sony Walkman NWZ-473 hadir dengan beberapa opsi pengaturan suara yang sangat lengkap di kelasnya. Anda dapat menemukan beberapa fitur seperti

Equalizer
Pengaturan EQ pada Sony Walkman NWZ-473 hadir dengan opsi Heavy, POP, Jazz, Unique, dan dua profil opsi kustom yang dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda.

VPT (Surround)
Untuk merasakan efek audio yang lebih mengasyikkan hadir beberapa opsi pilihan diantaranya, Studio, Live, Club, Arena, dan Matrix. Ketika saya mencobanya, memang fitur ini sanggup memberikan efek suara menjadi lebih terasa “hidup”. Hanya saja, Anda juga harus memperhatikan jenis lagu yang Anda dengarkan. Karena belum tentu satu lagu dengan lagu lainnya akan terasa nikmat di dengar dengan pengaturan efek surround yang sama.

DPC (Speed Control)Dengan fitur ini Anda dapat mempercepat atau memperlambat tempo musik yang sedang Anda dengarkan.

DSEE (SoundE Enhance), Clear Stereo, Dynamic Normalizer
Ketiga opsi ini dapat Anda temukan di menu option. Teknologi DSEE ini berguna untuk meningkatkan suara dari file audio yang telah di kompresi. Ketika mencobanya, efek suara memang menjadi lebih baik dengan sektor suara mid dan high yang lebih terasa. Sementara ketika mencoba menyalakan opsi Clear Stereo, peningkatan suara hanya terasa sangat sedikit sekali. Dan jika Anda memilih opsi Dynamic Normalizer, kompisisi vokal menjadi lebih terasa dibandingkan suara musik.

Performa Audio

sony-walkman-5

Untuk mencoba Sony Walkman NWZ-473, saya menggunakan file audio berjenis .MP3 dengan bit rate 320kbps tanpa menggunakan EQ dan seluruh fitur optimilisasi suara yang dimilikinya untuk mendapatkan hasil suara yang sebenarnya. Jenis file audio lain yang dapat diputar adalah WMA dan AAC sementara untuk video Anda dapat memutar file berformat .mp4.

Memindahkan file audio ke perangkat ini juga sangat mudah. Karena Sony Walkman NWZ-473 telah mengusung sistem plug and copy, jadi hanya dengan menghubungkannya ke PC lewat kabel USB, Anda bisa langsung memindahkan file multimedia ke dalamnya.

Untuk Album pertama saya mencoba mendengarkan album jazz dari Sofia-I Believe. Lagu pertama yang saya dengarkan berjudul How deep is your love yang dibawakan dengan nuansa akustik yang sangat kental. Di lagu ini performa In-ear headphonenya terasa sangat baik. Isolasi suaranya sangat baik dan Anda dijamin tidak akan mendengarkan suara disekitar. Opening musik dimulai dengan suara petikan gitar yang terdengar sangat jelas. Sektor mid dan high pada vokal dari Sofia pun terdengar sangat natural dan sangat nyaman di telinga. Untuk stagingnya terasa cukup baik dan separasi setiap alat musik masih dapat tersaji dengan komposisi yang sangat seimbang dan tidak saling menutupi satu sama lain.

Masuk ke album kedua, saya mendengarkan lagu dari Maroon 5 yang cukup variatif musiknya. Di lagu pertama Lucky Strike yang bertempo cepat, suara gebukan bass yang dihasilkan sangat terasa sekali. Suara Bass dapat tersaji dengan sempurna namun tidak menutupi vokal Adam levine. Masuk ke bagian reff, komposisi alat musik yang terdengar juga tetap terjaga walau didominasi oleh suara bass. Suara alat musik lain seperti suara drum, synth, suara gitar, tetap terdengar jelas dengan komposisi yang sangat seimbang. Sementara di lagu Move Like Jagger yang dibuka dengan suara dentuman bass, suara Adam Levine hingga suara teriakan Christina Aguilera dapat mengimbangi dentuman bassnya yang sangat terasa dan suara gitar pun masih dapat terdengar dengan sangat jelas.

Baterai
Sony Walkman NWZ-473 diklaim dapat memutar musik hingga sekitar 36 jam. Saat kami uji memang daya tahan baterainya sangat cukup untuk menemani kegiatan sehari-hari untuk sekedar mendengarkan musik. Untuk isi ulang baterainya Anda cukup menancapkannya ke perangkat laptop atau PC, hanya saja yang sedikit merepotkan kabelnya merupakan kabel khusus dengan 22 pin yang menjadikan Anda harus selalu membawanya ketika berpergian.

Kesimpulan
Diluar paket eksklusifnya yang menyasar segmen wanita atau pengguna pernak pernik Hello Kitty, Sony Walkman NWZ-473 merupakan perangkat musik portable yang lengkap dan mudah digunakan. Performa audio dan headphone in-ear miliknya juga sangat baik, cocok digunakan untuk mendengarkan hampir seluruh jenis musik dengan performa bass yang mantap serta vokal yang sangat apik dan nyaman di telinga. Dengan harga Rp1,099,000, Sony Walkman NWZ-473 merupakan perangkat multimedia lengkap dan wajib dimiliki bagi Anda penggemar segala jenis musik.

Back to top button