Quantcast
AndroidAplikasi

The Holy Qur’an – English: Aplikasi Transliterasi Al Qur’an Berbahasa Inggris

Beberapa tahun lalu, Al Qur’an edisi terjemahan Bahasa Inggris agak sulit ditemukan di toko buku. Kalaupun ada, hanya toko buku tertentu saja seperti Times atau Books and Beyond yang menyediakannya. Itu pun dengan harga tergolong mahal.

Quran

Ya, jika dulu Anda harus mengeluarkan uang lebih dari setengah juta rupiah untuk satu Al Qur’an transliterasi Inggris, maka kini dengan perangkat Android di tangan, Anda bisa mendapatkannya secara gratis dan tak perlu repot membawa kitab berhalaman tebal. Salah satu dari banyak aplikasi Al Qur’an versi Bahasa Inggris di Play Store yang sudah kami gunakan sejak beberapa bulan terakhir ini adalah The Holy Qur’an besutan Peace Through Understanding.

Aplikasi yang diklaim sebagai The Most User-friendly Holy Qur’an App ini memiliki transliterasi Inggris yang lengkap. Disebutkan sejatinya sebuah Al Qur’an Terjemahan tidak boleh “berdiri sendiri” untuk menjaga keaslian artinya, yang berarti harus tetap disertakan bahasa asli (Arab) di samping terjemahan apapun bahasanya. Meski tak ada bahasa Arab dalam The Holy Qur’an secara tertulis, namun tiap surat dan ayatnya memiliki recitations atau tilawah berbahasa Arab dari 5 reciters terkemuka, seperti Maher Al-Muaiqly dan Said Al G Ghamdi.

Quran2

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi berukuran 5.7MB ini antara lain full-text search yang akan memudahkan pencarian Anda, unlimited bookmarks untuk menandai surat atau ayat favorit layaknya pembatas buku, Glossary/Index dengan ratusan topik serta tautan atau direct link ke ayat terkait dalam Al Qur’an, tiga ukuran huruf (font), beberapa pilihan tema latar, mode tampilan lanskap, serta berbagi (share) surat dan/atau ayat ke kontak email maupun jejaring sosial.

Jika Anda juga tertarik menikmati keindahan ayat-ayat suci Al Qur’an dalam Bahasa Inggris, atau justru membutuhkannya untuk tugas maupun pekerjaan Anda, silakan unduh secara legal dan gratis di Google Play Store dengan meng-klik tautan ini.

Back to top button