Mengintip TV Tercanggih Samsung di Samsung Forum 2013

Televisi masih menjadi pusat hiburan untuk sebagian besar rumah tangga di berbagai negara. Sederetan teknologi handal dibenamkan Samsung dalam serangkaian produk televisi andalannya yang dapat membuat Anda semakin betah di rumah.

tv_samsung_s9_f8000

Dari belasan TV yang dipamerkan di ajang Samsung Forum 2013 ini, setidaknya ada empat TV yang menarik perhatian saya. Yang pertama adalah F8000 LED Smart TV. Desain tipis dan stand melengkungnya memberikan kesan mengambang. Samsung F8000 juga merupakan TV pintar pertama Samsung yang dilengkapi prosesor quad-core yang memperlancar kemampuannya menjalankan aplikasi, browsing, dan memutar video. Bicara soal Smart TV, Samsung sudah memperbaharui tampilan Smart Hub menjadi lebih dinamis dan lebih sederhana saat digunakan. Kini ada tiga panel utama, yaitu Apps, kemudian ada Photos, Video & Music, dan Social. Di panel Apps, Anda dapat melihat 30 ikon aplikasi yang dapat dikostumisasi. Menavigasi Smart Hub juga bisa dilakukan dengan fungsi Voice Control yang kini sudah mengenali 300 perintah (versi 2012 hanya 50 perintah).

Ada satu lagi TV yang sepertinya sukses memesona semua pengunjung Forum. Samsung UHD TV85S9 merupakan TV Ultra Hi-Def terbesar di dunia (85 inci) dengan desain Timeless Gallery. Jadi TV ini seperti tergantung mengambang di dalam bingkai. Efeknya seperti lukisan yang dipajang di museum-museum. Tidak hanya tampilan fisik, kualitas gambar yang disajikannya amat mengagumkan. Dengan resolusi UHD, 85S9 memiliki resolusi empat kali lebih tinggi dibandingkan TV Full HD. Bagi yang mencemaskan keterbatasan konten UHD atau 4K, TV ini juga dapat meningkatkan resolusi video Full HD menjadi UHD. Sayangnya, belum ada informasi harga atau kapan TV ini bisa dibeli.

samsung_tv_plasma_series_8

TV berikutnya adalah Plasma TV Series 8. Yang membuat saya terkesan adalah desain stand TV ini. Selain desainnya unik, pilihan warna abu-abu kelam dengan finishing matte menebarkan aura eksklusif bagi ruangan yang dihuninya. Samsung menyebutnya sebagai Metallic Magnum Design. Panel yang digunakan juga memiliki tingkat kontras yang superior sehingga warna hitam akan benar-benar terlihat hitam. Untuk ukuran layar, tersedia pilihan 51 inci dan 64 inci.

samsung_tv_oled_multiview

Selanjutnya, ada prototipe TV yang membuat saya benar-benar menganga. Samsung OLED 3D TV MultiView ini benar-benar canggih. Anda dan satu orang lagi bisa duduk di depan TV ini sambil menonton dua channel tayangan 3D yang berbeda!! Bahkan untuk siaran 2D, empat orang bisa menonton empat channel yang berbeda di satu TV. Belum ada informasi harga, tapi dijamin akan mahal sekali untuk versi perdana mengingat teknologi MultiView ini hanya bisa digunakan di TV OLED saja. Kacamata 3D yang disertakan juga telah dilengkapi earphone dan tombol untuk berpindah channel.

Di Forum 2013 ini, media dan tamu undangan juga dapat melihat berbagai aksesori terbaru untuk TV Samsung. Misalnya remote control yang telah dilengkapi touchpad. Anda tinggal menulis angka channel yang dituju di touchpad, dan TV akan langsung berpindah ke channel tersebut.

About The Author

Chief Editor

Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional. Aktif menulis di Yahoo! Indonesia sebagai Tech Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.