Samsung Galaxy S3 yang diluncurkan tahun 2012 lalu terbukti sukses di pasaran dan berhasil memikat konsumen dengan teknologi canggih yang dimilikinya. Sayangnya, kecanggihan S3 tersebut harus ditebus dengan harga yang relatif tinggi dan di luar jangkauan kebanyakan konsumen smartphone di Indonesia. Nah, Samsung rupanya ingin menjangkau pengguna di segmen menengah dengan meluncurkan Samsung Galaxy S3 “versi hemat” yaitu Samsung Galaxy S3 Mini. Apakah Samsung Galaxy S3 Mini akan secanggih Samsung Galaxy S3? Berikut ulasannya.

Samsung-Galaxy-S3-mini

Konsep dan Desain
Dari segi desain Samsung Galaxy S3 Mini masih mengusung konsep “Design For Human” ala Samsung Galaxy S3. Dan memang keduanya terlihat sangat identik. S3 Mini masih hadir dengan mempertahankan desain body yang sedikit melengkung di bagian belakang namun dengan ukuran lebih kecil.

Perbandingan-ukuran-Samsung-Galaxy-S3-mini-dan-S3

Bodinya secara keseluruhan terlihat cukup langsing dan ringan, dengan penutup baterai terbuat dari material plastik. Bagi yang memiliki telapak tangan besar, ukuran kecilnya sedikit menyulitkan saat harus mengetik di keyboard virtual Mini. Tapi bagi para wanita dengan telapak tangan yang lebih kecil, Samsung Galaxy S3 Mini termasuk nyaman digunakan.

Perbandingan ketebalan Samsung Galaxy S3 dan Samsung Galaxy S3 Mini.

Perbandingan ketebalan Samsung Galaxy S3 dan Samsung Galaxy S3 Mini.

Untuk mempermanis bodinya, hadir bezel berwarna silver yang ditemani beberapa tombol. Penempatan tombol-tombol di samping kiri kanan bodinya ini cukup baik dan mudah diakses dengan satu tangan. Tombol volume ditempatkan di sebelah kiri, sementara tombol power di sebelah kanan bodi. Di bagian bawah, Anda akan menemukan port micro USB dan di atas, port jack audio 3,5mm.

port-konektivitas

Sebagai versi hemat dari Samsung Galaxy S3, ada beberapa penghematan yang harus dilakukan. Pertama, dimensi dan ukuran layar. Dengan dimensi yang lebih kecil, layar sentuhnya menyusut menjadi ukuran 4-inci tapi tetap mengusung teknologi layar super AMOLED yang sama dengan Galaxy S3 dengan resolusi yang lebih rendah yaitu 480×800 pixel. Meskipun begitu, tingkat kerapatan pixelnya cukup tinggi yaitu 233 ppi. Layarnya memang terlihat tajam dan memiliki kontras yang baik untuk berbagai konten.

Samsung Galaxy S3 diapit antara iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3.

Samsung Galaxy S3 diapit antara iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3.

Di bagian depan, terdapat sebuah kamera sekunder beresolusi VGA. Untuk kamera utama yang ada di belakang, Anda mendapatkan kamera 5 megapixel lengkap dengan lampu kilat (flash) LED. Galaxy S3 Mini memiliki memori internal berkapasitas 8GB yang cukup kecil. Untungnya, Anda dapat meningkatkannya melalui kartu microSD.

Samsung-Galaxy-S3-mini-back-cover

Antarmuka

samsung-touch-wiz

Dengan sistem operasi Android Jellybean 4.1.2 antarmuka S3 Mini dipercantik dengan antarmuka Samsung TouchWiz. Sayangnya, antarmuka Samsung TouchWiz ini cukup membebani kinerja dari Samsung Galaxy S3 Mini. Ada lag atau jeda yang terasa ketika masuk ke menu aplikasi dan kembali ke halaman depan. Namun hal tersebut merupakan keluhan kecil, karena Anda dapat memanfaatkan berbagai launcher alternatif yang tersedia di Play Store. Dari hasil pengujian kami, Nova Launcher dan Apex Launcher berhasil berjalan dengan lebih mulus di Samsung Galaxy S3 Mini dibandingkan dengan TouchWiz.

Fitur
Samsung Galaxy S3 hadir sebagai smartphone yang mengemas sederetan fitur pintar. Dan beberapa fitur unggulan tersebut masih dapat ditemukan di Samsung Galaxy S3 Mini. Sebut saja fitur seperti S Voice yang merupakan fitur perintah suara seperti Siri dari Apple, Best Photo yang secara otomatis dapat mengambil 8 foto secara otomatis dan merekomendasikan satu foto yang terbaik untuk pengguna, Direct Call yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan saat membaca pesan hanya dengan menempelkan smartphone ini ke telinga, Smart Stay yang dapat mendeteksi mata pengguna untuk mempertahankan layar agar tetap terus menyala dan Pop Up Play yang memungkinkan Anda menonton video sambil mengerjakan tugas atau membuka aplikasi lain. Fitur-fitur inilah yang membedakan Galaxy S3 Mini dari smartphone merek lain.

Performa
Penyusutan selanjutnya kemudian terlihat pada sektor jeroannya. Samsung Galaxy S3 Mini dibekali prosesor Dual Core 1Ghz dengan besaran RAM 1GB, di bawah prosesor Galaxy S3 yang sudah quad-core.

Lalu bagaimana dengan hasil benchmark yang diraihnya? Untuk test benchmark Antutu, S3 Mini mencatatkan poin 7008 dengan mengantongi 3 bintang. Untuk test benchmark menggunakan Quadrant, Samsung Galaxy S3 Mini cukup membanggakan dengan meraih posisi ketiga menggungguli Samsung Galaxy Nexus dan LG Optimus 2X.

antutu-benchmark
benchmark-quadrant

Dengan skor benchmark yang lumayan baik, performa S3 Mini cukup handal. Untuk menemani aktivitas sehari-hari seperti bermain game, memutar video, menjelajah Internet, Samsung Galaxy S3 Mini dapat bertugas dengan baik. Beragam aplikasi yang ada di Google Play dan beberapa judul game populer seperti Angry Birds dan Temple Run 2 berhasil dijalankan dengan baik. Namun Anda juga perlu memperhatikan banyaknya aplikasi yang dibuka. Pasalnya, dengan banyak aplikasi yang dibuka dan tidak digunakan, performanya akan menurun secara perlahan.

Salah satu kelebihan dari Samsung Galaxy S3 Mini ada pada chip grafisnya. Walau prosesornya tidak secanggih Samsung Galaxy S3, namun Samsung tetap mempertahankan chip GPU Mali-400 untuk kinerja grafis. Ketika digunakan untuk bermain game Dead Trigger, Samsung Galaxy S3 Mini memang masih cukup mumpuni untuk memainkannya dan hanya terasa ada sedikit lag ketika mulai muncul zombie dalam jumlah yang banyak di layar.

Baterai
Samsung Galaxy S3 Mini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1500mAH. Apakah baterainya cukup untuk seharian? Anda tidak perlu khawatir karena berkat penggunaan OS Android Jellybean yang lebih stabil dan efisien hasil uji coba kami baterai Samsung Galaxy S3 Mini nyatanya lumayan tangguh dan dapat bertahan hampir sehari dengan pengaturan gelap terang sekitar 20% dan mengaktifkan paket data untuk kebutuhan push mail.

Kamera
Dengan kamera yang memiliki resolusi 5 megapixel, hasil foto dari Samsung Galaxy S3 Mini memang tergolong. Memotret di luar ruangan dengan pencahayaan yang baik memang menghasilkan foto yang tergolong bagus. Namun saat kondisi memotret di dalam ruangan atau kondisi cahaya remang-remang, kualitas foto menurun tajam dengan hilangnya detail akibat pengurangan noise yang berlebihan.

Beberapa opsi pengaturan Samsung Galaxy S3 Mini juga mirip dengan Samsung Galaxy S3. Beberapa opsi pengaturan seperti pilihan scene mode, efek foto, makro, pengaturan ISO, White Balance, Metering, Burst Shot dan Best Photo masih dapat Anda jumpai di sini. Yang hilang adalah opsi pengambilan foto HDR. Anda tidak perlu khawatir karena fitur ini mudah digantikan dengan mengunduh aplikasi foto HDR yang banyak tersedia di Google Play Store.

20130212_145401
20130212_145419
20130212_145152
20130212_140031

Untuk hasil foto yang lain dapat dilihat di Flick resmi yangcanggih.com.

Kesimpulan
Dengan cita rasa Samsung Galaxy S3 yang cukup kental dari desain maupun fiturnya, Samsung Galaxy S3 Mini memang berhasil menjadi versi mini dari Samsung Galaxy S3. Performa dan hasil foto dari kameranya memang masih di bawah Samsung Galaxy S3 atau iPhone. Tapi perlu Anda ingat dengan banderol harga Rp3.500.000 (nyaris setengah harga Samsung Galaxy S3 dan lebih murah dari iPhone 4), Samsung Galaxy S3 Mini telah mengusung berbagai fitur unggulan Samsung Galaxy S3.

Yang Canggih:
+ Desain cantik tanpa sudut, dengan filosofi yang sama seperti Galaxy S3
+ OS Jelly Bean
+ Fitur cukup lengkap dan hampir sama seperti Galaxy S3
+ Kinerja cukup baik
+ Layar cukup tajam

Yang Kurang:
- TouchWiz membuat lamban
- Hasil foto dalam ruangan kurang baik