Quantcast
KomputerLaptopReviewTablet PC

Review Samsung ATIV Smart PC Pro

Memilih antara tablet dan notebook ternyata bukan perkara yang gampang. Mungkin bagi konsumen yang memiliki dana berlebih, solusinya cukup mudah, yakni dengan membeli keduanya. Namun seringkali salah satu produk akan dianaktirikan dan jarang digunakan. Belum lagi Anda harus menggunakan deretan aplikasi yang berbeda untuk tiap produk.
Dengan ATIV Smart PC Pro, Samsung ingin menyatukan dua jenis perangkat tersebut dalam sebuah produk. Konsep Smart PC Pro ini merupakan gabungan antara notebook dan tablet dalam sebuah paket yang lebih praktis dan fungsional.

Sebagai tablet
Desain Smart PC Pro terlihat mirip seperti Galaxy Note 10.1, dengan sedikit perbedaan di ukuran dan adanya tambahan tombol Windows. Layarnya yang berukuran 11,6 inci membuatnya tampil lebih besar. Bodi setebal 12mm juga lebih tebal dibandingkan tablet Android. Namun perlu dicatat bahwa Smart PC Pro sudah dilengkapi prosesor Intel Core i5 yang juga digunakan di berbagai Ultrabook. Bobotnya sebagai tablet ada di kisaran 880 gram, tidak berbeda jauh dengan New iPad yang dipasangi leather case.

Samsung ATIV Smart PC Pro 700T 2
samsung_ativ_smart_pc_pro_side

Adanya accelerometer membuat Anda leluasa menggunakannya, baik dalam mode portrait (vertikal) atau landscape (horizontal). Proses pergantian orientasi layar cukup responsif, walaupun tidak secepat Galaxy Note 10.1. Saya cukup terkesan dengan kualitas layar Super PLS Full HD (1920×1080 pixel) yang tajam dan mampu menyemburkan warna-warni yang hidup, baik saat membaca buku digital maupun memutar film Full HD. Sayangnya, di bawah pancaran sinar matahari yang kuat, layarnya langsung redup dan tidak terlihat. Namun di dalam ruangan, kualitas layarnya termasuk jempolan.

Layar sentuhnya juga amat responsif, baik saat saya menggunakan sentuhan jari atau S-Pen. Disertakannya pena stylus ternyata menjadi hal yang krusial untuk sebuah laptop Windows 8 dengan layar sentuh. Satu contoh saat menggunakannya dalam mode desktop, menutup sebuah window cukup sulit dilakukan dengan sentuhan jari telunjuk. Aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih akurat menggunakan S-Pen.

Yang terpenting, selama digunakan sebagai tablet, tidak ada rasa panas yang menyembur di bagian belakang layar. Sebagian area di belakang layar memang terasa hangat, terutama di area dekat lensa, namun tidak sampai membuat tangan tidak nyaman. Bahkan jika Anda memegangnya sedikit di bawah, maka nyaris tidak ada hawa panas yang terasa. Hebatnya lagi, kipas pendingin yang dimiliki Smart PC Pro amat senyap sampai saya harus mendekatkan telinga ke bagian atas layar untuk memastikan kipasnya berfungsi dengan baik.

Sebagai Ultrabook
Tancapkan ATIV Smart PC Pro ke dock keyboard yang disertakan dalam paket pembeliannya dan Anda mendapatkan Ultrabook dengan layar sentuh yang handal. Selain memuat keyboard, dock
ini juga memberikan tambahan dua port USB yang dapat ditemukan di samping kiri dan kanan dock.

samsung-ativ-smart-pc-pro-700t_ultrabook

Ketebalan bodi Smart PC Pro langsung membengkak menjadi 22mm, masih cukup tipis untuk masuk kategori Ultrabook. Bobotnya juga meningkat menjadi 1,8kg. Dock keyboard ini memang sengaja dibuat agak berat supaya tidak terjungkal saat digunakan. Namun mengingat bobot bagian layar yang lebih berat, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya dalam pangkuan.

Mekanisme pemasangan unit utama ke dock cukup mudah. Anda tinggal menancapkan ke slotnya sampai ada bunyi klik. Untuk melepasnya, tekan tombol release di dock dan tarik unit utamanya.

Tombol keyboard pada dock tergolong cukup nyaman, dengan ukuran tombol yang agak kecil tapi nyaman digunakan dengan jarak antara tombol yang cukup lega. Ukuran touchpad tidak terlalu besar, namun masih akomodatif untuk melakukan berbagai gesture.

Fitur
Sederet fitur terkini telah diselipkan Samsung ke dalam ATIV Smart PC Pro, yang menjadikannya sebagai komputer Windows 8 di Indonesia dengan konektivitas terlengkap saat ini. Anda akan menemukan dukungan konektivitas Wi-Fi, 3G/HSDPA dalam bentuk micro SIM, mini HDMI, USB 2.0, GPS GLONASS dan NFC. Dukungan konektivitas selengkap ini belum dapat ditemukan di perangkat Windows 8 keluaran pesaingnya di Indonesia. Dipadukan dengan Bing Maps, ATIV Smart PC Pro langsung menjelma menjadi peta canggih untuk menemani Anda saat menyetir mobil.

Seperti produk Galaxy Note dari Samsung, ATIV Smart PC Pro juga dilengkapi dengan S-Pen dan S Apps. Dipadukan dengan digitizer Wacom yang tertanam di layarnya, komputer ini mampu mengenali sampai 1024 tekanan. Jadi Anda bisa menulis tebal tipis sesuai tekanan pena ke atas layar. Fitur ini tentunya berguna saat menulis atau membubuhkan tanda tangan. Hasil tulisan akan terlihat mirip seperti tulisan tangan di kertas biasa.

samsung_ativ_smart_pc_pro_little_artist

Aplikasi lain yang ideal digunakan dalam mode tablet adalah Little Artist. Aplikasi yang eksklusif hanya dapat digunakan untuk produk Samsung ini merupakan aplikasi anak-anak yang menyenangkan. Dengan menggunakan S-Pen, anak-anak dapat menggambar, mewarna dan memberi stiker yang menarik langsung di layar Smart PC Pro. Penggunaannya juga mudah sampai-sampai anak saya yang baru berumur 2,5 tahun dapat langsung memainkannya.

Aplikasi berguna lain yang dimasukkan Samsung antara lain adalah Chat ON (aplikasi chat khusus perangkat Samsung), Photo Editor (aplikasi penyunting foto yang cukup mudah), dan QuickStart yang dapat memunculkan tombol Start di mode Desktop.

Sekali lagi seperti produk tablet Androidnya, Samsung juga melengkapi Smart PC Pro dengan dua kamera. Untuk melakukan video call, pengguna akan terbantu oleh kamera 2 megapixel di bagian depan. Sementara pengguna yang gemar memotret sepertinya akan lebih sering menggunakan kamera 5 megapixel yang terletak di belakang layar. Saat dicoba merekam foto, hasilnya amat standar dan masih jauh di bawah kamera pada ponsel.

Performa
Untuk kinerjanya, paduan prosesor Intel Core i5 3317U, RAM 4GB dan SSD 128GB membuat ATIV Smart PC Pro mampu berlari kencang saat digunakan untuk membuka banyak program. Memutar file video dengan resolusi Full HD dapat diselesaikan dengan sempurna. Walaupun hanya berbekal chip grafis Intel HD 4000 terintegrasi, saya mencoba untuk memainkan beberapa game 3D. Diablo III misalnya, dapat dijalankan dengan cukup baik walaupun pada setting rendah.

Berikut hasil benchmark Cinebench 64-bit:
Screenshot ativ smart pc pro 4

Samsung mengklaim bahwa baterai ATIV Smart PC Pro mampu bertahan hingga 8 jam. Tentunya ini tergantung cara penggunaan dan setting komputer. Saat dicoba memutar video non-stop dengan setting layar di tengah, Smart PC Pro dapat digunakan sekitar 4,5 jam. Sedangkan untuk browsing dengan kondisi Wi-Fi menyala terus, notebook ini bisa bertahan kurang lebih 6 jam.

Kesimpulan
samsung ativ smart pc pro 1

Windows 8 membuka jalan bagi para vendor untuk menuangkan kreativitas dan inovasinya dengan menghadirkan perangkat baru yang revolusioner. Samsung ATIV Smart PC Pro merupakan salah satu contoh terbaiknya. Gabungan S-Pen, layar sentuh Full HD dengan konektivitas GPS, 3G, dan NFC terbukti sukses menghadirkan pengalaman baru menggunakan Ultrabook dan tablet.

Lalu apakah ada elemen yang perlu ditingkatkan di versi mendatang? Tentu ada. Walaupun desainnya cukup ergonomis, tapi jika lebih tipis dan lebih ringan, tentunya akan lebih nyaman saat digunakan sebagai tablet. Daya tahan baterai 5 jam untuk tahun 2013 tergolong rata-rata dan tidak istimewa. Dock keyboard yang dipaketkan juga bisa ditingkatkan, mengingat pesaingnya berhasil mengemas baterai atau hard disk tambahan ke dalam dock keyboard keluaran mereka.

ATIV Smart PC Pro berhasil menggabungkan fungsionalitas Ultrabook dan tablet dalam satu paket yang menyenangkan. Kinerja yang prima dan mampu diandalkan untuk nyaris semua aplikasi, serta dukungan jutaan aplikasi berbasis Windows, membuat Smart PC Pro dapat menggantikan Ultrabook dan Tablet. Bagi Anda yang menginginkan sebuah Ultrabook/tablet dalam satu paket yang memiliki performa handal dan dipenuhi fitur canggih, ATIV Smart PC Pro patut dipertimbangkan.

Yang Canggih:
+ Layar tajam dan jernih, dengan respons sentuhan yang baik.
+ S-Pen yang peka tekanan membantu untuk berbagai suasana.
+ Deretan aplikasi eksklusif Samsung seperti S Note, Little Artist dan sebagainya menarik dan berguna.
+ Tidak panas dan tidak bising saat digunakan sebagai tablet.
+ Koneksi terlengkap untuk sebuah komputer Windows 8
+ Kinerja cepat

Yang Kurang:
– Kualitas kamera standar
– Relatif masih tebal saat dipakai sebagai Ultrabook
– Harga relatif premium

Satu komentar

  1. nah bagi peminat samsung smart ativ PC dan smart ativ pc PRO bisa datang ke jogjatronik lantai 2 no 86 ( samsung store ) ,,,,, 0274 420201 / 081 804 347 332 (angga)

Back to top button