Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

[CES 2013] Polaroid iM1836: Kamera Mirrorless Pertama Berbasis Android

Gebrakan Polaroid di era kamera digital nampaknya belum cukup menuai sukses untuk dapat membawanya kembali ke masa kejayaan. Di CES 2013 kali ini, Polaroid hadir kembali dengan beberapa kamera baru yang memiliki konsep menarik.

polaroid-im1836-3

Seakan mendobrak tradisi, Polaroid iM1836 yang menjadi primadonanya ini tidak hadir menawarkan konsep Instant Camera yang membesarkan namanya. Polaroid kali ini merapatkan barisan ke kamera mirrorless atau CSC (Compact System Camera) dengan lensa yang dapat dilepas pasang. Keunikan konsepnya terletak pada disertakannya sistem operasi Android Jelly Bean di dalamnya.

Konsep kamera ini juga cukup unik meski bukanlah sebuah inovasi baru. Seperti kamera Ricoh GXR, Anda tidak akan menemukan sensor pada bagian bodi. Sensornya ini disematkan pada modul lensa. Untuk lensanya sendiri, Polaroid iM1836 hadir dengan lensa 10-30mm dan dijanjikan akan tersedia konverter yang berguna untuk memasang lensa buatan Pentax, Nikon dan lensa kamera Micro Four Third (MFT).

Sayangnya Polaroid masih menutup rapat info spesifkasi lengkap dari kamera ini. Dari press release yang kami terima hanya tercatat Polaroid iM1836 mampu menghasilkan foto beresolusi maksimum 18.1 megapixel, dapat digunakan untuk merekam video pada resolusi Full HD 1080p dan dilengkapi layar sentuh kapasitif berukuran 3.5-inci. Tidak adanya gambaran yang jelas berapa besar ukuran sensor dan tipe sensor yang digunakan cukup membuat kami bertanya-tanya. Tapi jika dilihat dari tampilan fisik dan model lensanya yang sekilas mirip dengan Nikon-J1, ada indikasi Polaroid mengemas ukuran sensor gambar yang sama besar dengan Nikon-J1 yaitu berukuran 1-inci.

Terlepas dari masalah sensor yang masih menjadi misteri, kamera ini juga cukup disayangkan tidak dilengkapi dengan dukungan koneksi 4G seperti Samsung Galaxy camera yang sebenarnya dapat lebih mengoptimalkan penggunaan sistem Android yang digunakannya tersebut. Untuk konektivitasnya Polaroid iM1836 telah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dengan dukungan fitur peer-to-peer dan tersedia Polaroid Photo Sharing App yang berguna untuk berbagi foto ke jejaring sosial dan memindahkan hasil foto ke smartphone atau tablet PC. Dan berterima kasihlah karena Polaroid juga ternyata masih menyediakan alternatif koneksi nirkabel lainnya yaitu via Bluetooth.

Bagi yang tidak berminat mencicipi OS Android pada kamera ini, Polaroid menyediakan kembaran Polaroid iM1836 dalam versi non Android yaitu Polaroid iM1232W. Hadir juga kembarannya yang lain yaitu Polaroid iM1030 yang tanpa dilengkapi Wi-Fi dan OS Android. Masih ada lagi satu kamera saku dengan lensa 25mm berkemampuan zoom 24X dan layar LCD berukuran 3-inci yaitu Polaroid iS2433 yang mengemas sensor backlit CMOS beresolusi 16 megapixel buatan Sony.

Seluruh kamera Polaroid akan mulai dipasarkan sekitar kuartal pertama tahun 2013 dengan estimasi harga US$399 untuk Polaroid iM1836, US$349 untuk Polaroid iM1232W, US$299 untuk Polaroid iM1030 dan US$199 untuk Polaroid iS2433.

Back to top button