[CES 2013] Sony XPERIA Z & ZL: Smartphone Jelly Bean Tahan Air Paling Canggih Saat Ini

Kepopuleran phablet atau phone tablet yang menjembatani antara smartphone dan tablet semakin terbukti dengan dua produk canggih keluaran Sony Mobile berikut ini. Bahkan Xperia Z merupakan smartphone Android 5 inci pertama yang tahan air dan tahan debu.

sony-xperia-z-ZL

Sony Xperia Z
Sony menempatkan Xperia Z sebagai smartphone tercanggihnya di awal tahun 2013. Ini terlihat dari spesifikasi yang dimilikinya. Penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro 1.5GHz Krait quad-core serta RAM 2GB dan GPU Adreno 320 di sektor grafis, menghantarkan Z sebagai salah satu smartphone paling bertenaga yang ada di kelasnya.

sony_xperia_z_swimming

“Dengan Xperia Z, kami membawa inovasi yang sudah berlangsung lebih dari 50 tahun dalam hal TV, imaging, musik, film dan gaming untuk menciptakan sebuah ponsel yang memberikan pengalaman super,” kata Kuni Suzuki, President dan CEO Sony Mobile Communications. “Dengan spesifikasi yang hebat, aplikasi media dari SOny, fungsi One-touch, serta daya tahan baterai yang mengagumkan, Xperia Z diposisikan untuk menjadi pemimpin di pasar smartphone.”

Layar mendapatkan perhatian khusus dari Sony dengan digunakannya layar 5 inci Full HD 1080p yang memiliki resolusi 1920×1080 pixel atau kerapatan pixel 443 pixel per inci. Ini berarti di atas kertas layarnya jauh lebih tajam dibandingkan layar iPhone 5 atau layar Samsung Galaxy Note II. Sony juga memasukkan teknologi BRAVIA Mobile 2 Engine yang diambil dari teknologi TV Sony untuk menyajikan tampilan yang jernih dan tajam. Ketahanan layar juga diperhatikan dengan adanya kaca anti pecah dan anti gores yang juga diaplikasikan di bagian belakang ponsel ini.

Ketangguhan Xperia Z berlanjut dengan adanya sertifikasi IP55 dan IP57 yang menyatakan bahwa Xperia Z tahan debu dan tahan air. Seberapa tahan? Anda bisa mencelupkannya ke dalam air yang tidak lebih dalam dari 1 meter selama maksimum 30 menit.

Sektor imaging di Xperia Z juga amat mengagumkan. Kameranya menggunakan sensor Exmor RS yang memiliki resolusi 13 megapixel. Xperia Z juga merupakan ponsel pertama yang mampu merekam video Full HD 1080p dengan opsi HDR (High Dynamic Range). Selain itu terdapat fitur Superior Auto dan Noise Reduction seperti pada kamera digital Sony untuk memastikan hasil foto yang optimal dan tetap tajam di segala kondisi pencahayaan.

Kecanggihan Xperia Z masih terus berlanjut di sisi software. Sony memasukkan berbagai aplikasi multimedia khasnya seperti Walkman, Album dan Movie ke dalam Xperia Z. Berbagi konten juga dibikin mudah dengan adanya fungsi One-touch. Berbekal NFC, Anda bisa membagikan atau mengalirkan konten dengan mudah ke berbagai produk Sony lain yang juga sudah dilengkapi dengan NFC, seperti headphone, speaker, serta TV Bravia terbarunya. Bahkan jika misalnya ingin memutar video atau menampilkan foto yang tersimpan di Xperia Z ke TV Bravia, Anda cukup menyentuhkan ponsel ke remote control TV.

Sony Xperia ZL
sony xperia zl 1
Dari segi spesifikasi, Xperia ZL amat mirip dengan Xperia Z. Prosesor, kamera, dan layarnya juga sama seperti Xperia Z. Perbedaan dari segi fisik, ukuran keseluruhan Xperia ZL lebih kecil dengan bingkai yang lebih sempit. Selain itu, untuk lebih mudah mengenali ZL, Sony menyertakan lampu notifikasi LED di bawah layar, mirip seperti seri ponsel Sony Mobile sebelumnya. Xperia ZL tidak memiliki sertifikasi IP57, jadi jangan coba-coba mencelupkannya ke dalam air.

Menurut kabar, Sony akan merilis Xperia Z dan ZL di Eropa mulai bulan Maret 2013. Belum ada informasi kapan keduanya mendarat di Indonesia. Mengenai harga, kami prediksi Sony Xperia Z akan dipasarkan di kisaran harga 5-6 jutaan rupiah. Berminat?

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.

One Response

  1. Ngurah

    Hp nya mantap banget.memang produck sony sangant bagus,video nya keren ( cuci hp ) heheh Mantap..kalau bisa harga di bawah 3 jutaan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.