Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Nokia Lumia 505: Windows Phone 7.8 Untuk Pemula

Kerja sama Nokia dengan Microsoft dalam menghadirkan smartphone bersistem operasi Windows Phone nampaknya mulai meningkat. Meski belum sebanyak Android dalam variasi perangkat dan kelas harga, Nokia nampaknya tetap mampu bersaing dan kembali bangkit lewat seri Lumia yang tak hanya diposisikan bagi pasar kelas atas, namun juga kelas menengah ke bawah.

Lumia 505

Seperti yang baru saja resmi diluncurkan, Lumia 505, yang merupakan saudara dekat Lumia 510. Layar sentuh 3,7 inci yang dimiliki sudah mengadopsi teknologi AMOLED dengan resolusi 800×480 dengan bobot 131 gram. Seperti ciri khas Lumia, warna-warni menarik akan tersedia untuk disesuaikan dengan pribadi Anda: hitam, merah atau pink.

Dengan sistem operasi Windows Phone 7.8 yang tak dapat di-upgrade ke Windows Phone 8, Lumia 505 mengandalkan prosesor single core berkecepatan 800MHz serta RAM 256MB untuk menunjang kinerja. Menariknya, meski dipasarkan untuk kelas menengah bawah, Anda akan mendapatkan kamera 8MP dari Carl Zeiss yang sudah terkenal oke, dengan memori internal 4GB untuk menyimpan hasil foto maupun video yang baru sebatas VGA.

Jika memori tersebut dirasa kurang, Anda tak dapat meng-upgrade-nya dengan microSD karena memang tak ada slot memory card eksternal. Namun, Anda bisa menyimpannya di awan lewat fasilitas SkyDrive dengan “jatah kavling” sebesar 7GB. Lumayan, bukan? Sementara di sektor baterai, bekal kapasitas 1300 mAh diklaim mampu Anda gunakan hingga 36 jam untuk memutar musik, atau telepon 7,2 jam nonstop menggunakan jaringan 3G. Untuk sekedar siaga, Lumia 505 mampu bertahan selama 600 jam atau sekitar 25 hari!

Bila tertarik, Anda harus sedikit sabar menunggu karena Lumia 505 akan diluncurkan pertama kali untuk pasar Meksiko sekitar pekan ini dengan harga yang belum diketahui. Sekedar prediksi, Lumia 505 mungkin akan dipasarkan di kisaran harga kurang dari 1,5 juta rupiah.

Back to top button