Sony berhasil menuai sukses untuk jajaran camcorder dengan proyektor. Terutama dengan hadirnya Sony Handycam DCR-PJ5 yang tahun lalu dirilis yang berhasil menyedot perhatian banyak pecinta gadget karena banderol harganya yang relatif terjangkau. Melanjutkan suksesornya tersebut, kini Sony meghadirkan generasi terbaru dari PJ5 yaitu Sony Handycam DCR-PJ6VE.

Konsep dan Desain

Untuk body Sony Handycam DCR-PJ6VE sekarang hadir dengan bodi berwarna hitam glossy yang tampil lebih trendy dibandingkan dengan bodi Sony Handycam DCR-PJ5 yang menggunakan bodi dengan lapisan dove. Dari segi dimensi keduanya sama. Ergonominya pun masih terasa sama, meski kecil handycam ini masih tetap nyaman dalam genggaman. Penempatan tombol-tombol navigasinya juga sangat baik dengan ukuran yang relatif besar. Untuk tombol merekam video ada di bagian belakang, tuas zoom dan tombol shutter untuk foto dibagian atas. Sementara di samping kirinya terdapat tombol iAuto untuk membantu pengambilan video dengan pengaturan otomatis dan tombol mode untuk berpindah dari modus video ke modus foto.

 Review Sony Handycam DCR PJ6VE review foto video camcorder foto video detail PJ6 Review Sony Handycam DCR PJ6VE review foto video camcorder foto video

Layar yang dimilikinya juga masih sama dengan Sony Handycam DCR-PJ5. Layar berukuran 2.7-inci berteknologi Wide Clear Photo LCD cukup baik untuk membantu merekam video di dalam maupun luar ruangan. Karena layarnya yang belum disertai dengan teknologi sentuhan, disamping layarnya masih terdapat tombol navigasi yang berguna untuk mengakses pilihan menu pengaturan.

Performa Video
LowLight

Serupa tapi tak sama. Sensor gambar pada Sony DCR-PJ6VE masih sama dengan pendahulunya, yaitu dengan sensor CCD 1/8-inci Advanced HAD. Saat diuji, memang tidak terlihat adanya banyak peningkatan kualitas gambar dari video yang dihasilkan. Hasil video dari Handycam kelas pemula ini sudah cukup memadai untuk sekedar merekam liburan atau momen lainnya. Performa low lightnya juga cukup lumayan meski masih terlihat adanya noise, namun performa fokusnya di kondisi low light cukup handal. Di kondisi yang minim cahaya, fokusnya dapat menyesuaikan dengan cukup cepat meski tetap masih terasa ada misfokus jika pergerakkan tangan cukup cepat.

Test Steady Shot

Ada beberapa fitur yang dimasukkan Sony untuk membantunya mengambil video lebih baik. Seperti misalnya Electrical SteadyShot untuk menjaga agar gambar tidak kabur ketika sedang bergerak dan fitur zoom yang kini telah ditingkatkan. Fitur zoom pada PJ6 kini hadir dengan kemampuan 60x perbesaran (zoom) optikal, yang dapat ditingkatkan hingga 70x extended zoom. Ketika dibawa berjalan pada posisi tanpa mengubah zoom, fitur Steady Shot Sony memang terbukti cukup efektif. Anda tetap bisa menghasilkan gambar yang bebas guncangan ketika menggunakannya sambil berjalan. Dan ketika menggunakan fitur zoomnya untuk membidik objek dari jarak jauh, fitur steady shotnya memang kurang dapat diandalkan. Untuk itu sebaiknya Anda membawa tripod jika ingin membidik subjek dari jarak jauh. Kualitas zoom pada posisi maksimal, Sony Handycam DCR-PJ6VE cukup baik. Video yang dihasilkan masih dapat terlihat dengan jelas. Tapi jika Anda menggunakan extended zoom, gambar yang dihasilkan akan mengalami penuruan kualitas yang cukup jauh.

Test Zoom

Ingin menghasilkan video macro? Masih sama dengan pendahulunya, PJ6E cukup dapat diandalkan untuk mengambil video dari jarak dekat. Dengan hadirnya fitur macro zoom, Anda dapat menghasilkan video dengan hasil bokeh pada latar subyek yang dibidik. Berikut cuplikan videonya:

Macro Zoom Test

Performa Foto
Untuk hasil fotonya, Sony Handycam DCR-PJ6VE dapat menghasilkan foto dengan resolusi 640×360 pixel. Hasil fotonya memang tidak tajam, tapi setidaknya warna yang dihasilkan masih relatif cukup baik.

DSC00009 610x343 Review Sony Handycam DCR PJ6VE review foto video camcorder foto video

Performa Proyektor

tes projector Review Sony Handycam DCR PJ6VE review foto video camcorder foto video

Dalam hal memproyeksikan gambar, proyektor PJ6 mampu menampilkan gambar dengan cukup baik dengan tingkat terang yang sangat pas pada kondisi ruangan yang gelap.Pengaturan fokus pada proyektornya juga bisa diatur dengan mudah melalui kendali di bagian atas layarnya. Untuk ukuran maksimal, PJ6 dapat menghasilkan gambar berukuran diagonal 60 inci dalam ruangan gelap.

Kesimpulan
Meneruskan keberhasilan Sony Handycam DCR-PJ5 sebagai proyektor handycam terjangkau, Sony Handycam DCR-PJ6VE hadir dengan membawa beberapa peningkatan. Satu peningkatan yang berguna terletak pada lensanya yang kini memiliki jangkauan zoom lebih panjang dibandingkan PJ5. Dengan banderol harga yang tetap terjangkau, yaitu sekitar Rp3,5 juta, serta ditunjang fitur proyektornya yang berguna, Sony Handycam DCR-PJ6VE layak menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki dana terbatas tapi ingin memiliki camcorder canggih.