banner Starter Pack BlackBerry Socialite Tri: Rp125.000, Aktif 6 Bulan review panduan belanja

BlackBerry, suka tak suka, masih populer bagi masyarakat Indonesia meski tajinya mulai tergerus oleh Si Robot Hijau Android. Kepopuleran perangkat dan OS besutan RIM itu tentu juga berkat hadirnya dukungan semua operator baik GSM maupun CDMA dalam menyediakan layanan dan jaringan dengan variasi paket serta harga yang menarik.

Salah satunya adalah 3 atau Tri, operator GSM yang dulu hadir dan ngetop dengan jargon, “Mau?” Tri baru-baru ini mengeluarkan starter pack atau kartu perdana khusus BlackBerry Socialite yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp125.000 dengan masa berlaku hingga 6 bulan! Kartu perdana ini kami ketahui pertama kali dari promo konter ponsel pinggir jalan di Jakarta, lalu kemudian disusul “penampakan” poster dan banner di pusat perbelanjaan maupun 3Store.

Penasaran, kami pun coba menghadirkan artikel ini untuk membedah lebih jauh kartu perdana khusus bagi Anda pengguna BlackBerry yang tertarik dengan program terbaru Tri tersebut sehingga bisa menjadi rujukan yang berguna sebelum Anda memutuskan untuk mengganti kartu SIM di perangkat kesayangan Anda.

Paket perdana yang ada pada kami adalah Kartu Perdana Kosong 32K yang telah diaktifkan mode BlackBerry Socialite oleh Tri. Di dalam Informasi Kartu diterangkan, untuk memastikan paket yang Anda pilih, mintalah bukti SMS pengaktifkan sesuai dengan jenis tarif yang Anda pilih. Namun kebanyakan di konter atau outlet ponsel, setiap perdana sudah dilabeli stiker paket apa yang ada di dalamnya; apakah BB, TriMU, internet, dsb.

tribb Starter Pack BlackBerry Socialite Tri: Rp125.000, Aktif 6 Bulan review panduan belanja

Fitur Paket
Sekarang, mari kita bedah lebih jauh paket Sosialita yang ditawarkan oleh Tri di atas. Apa sajakah fitur yang Anda akan dapatkan dengan perdana seharga Rp125.000? Bagaimana jika dibandingkan dengan operator lain, worth-kah?

Kami pun mencoba mencari tahu berbagai paket BlackBerry yang ditawarkan oleh 4 operator GSM lainnya: Telkomsel, Indosat, XL dan Axis. Setelah dibandingkan, ternyata hanya Telkomsel yang memiliki paket dan fitur yang mirip, yakni Sosialita.

Tri memberikan fitur Full Internet Browsing namun tidak termasuk video dan musik streaming melalui peramban bawaan BlackBerry, begitu juga dengan Telkomsel. Keduanya juga memberikan akses gratis ke Facebook, Twitter dan MySpace dengan aplikasi standar BlackBerry, serta satu akun email di alamat @tri.blackberry.com dan @telkomsel.blackberry.com. Artinya, Anda tidak bisa meregistrasikan email pribadi Anda di Gmail atau Yahoo, misalnya, dengan paket tersebut.
Update (23/11): saat kami mencoba meregistrasikan alamat email di Gmail, ternyata berhasil dan bisa berjalan dengan normal.

Nah, sekarang mari kita masuk ke tarif. Harga paket Sosialita Telkomsel per hari adalah Rp3.500, per minggu Rp20.000 dan Rp70.000/bulan. Jika paket bulanan Telkomsel kita kalikan 6, maka Anda harus mengeluarkan total Rp420.000 untuk menikmati layanan yang sama tiap bulannya selama 6 bulan. Tentu, selisih hampir 300 ribu atau tepatnya Rp295.000 cukup menggoda terutama bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga.

Lalu, seperti biasa, apa saja syarat dan ketentuannya? Begini, masa aktif awal kartu Anda adalah 59 hari atau hampir 2 bulan. Setelahnya, untuk memperpanjang masa aktif Anda, cukup melakukan isi ulang pulsa nominal berapapun, melakukan telepon atau mengirim SMS sebelum masa aktif habis. Karena, begitu masa aktif Anda habis, paket pun akan otomatis terhenti. Tidak sulit, bukan?

chip Starter Pack BlackBerry Socialite Tri: Rp125.000, Aktif 6 Bulan review panduan belanja

Meski saat pertama kali digunakan, paket BlackBerry sudah otomatis aktif, namun perdana ini tidak memiliki pulsa di dalamnya. Selain itu, Anda juga tidak dapat berlangganan paket ini menggunakan kartu Tri lama Anda. Artinya, Anda harus membeli perdana baru, yang berarti nomor baru, serta alamat email khusus yang baru pula. Meski nampak sedikit merepotkan, namun untuk “keberlangsungan hidup” layanan BlackBerry Anda hingga setengah tahun ke depan dengan harga sangat terjangkau, nampaknya hal tersebut sebanding bahkan bisa dikatakan lebih dari cukup. Bagaimana menurut Anda?