Upaya Nokia untuk merebut kembali pasar konsumennya dengan bermain di segmen low-end terus gencar dilakukan. Seperti lewat seri 109 yang baru saja diumumkan. Dengan konsep a-la zaman dulu yang simpel, Nokia (mungkin) menyasar pengguna pemula ponsel atau justru para orang tua yang tak terbiasa dengan smartphone berfitur “aneh”.

Dimensi Nokia 109 adalah 110x46x14.8mm dengn bobot 77 gram. Meski desainnya jadul, namun layar yang digunakan sudah warna jenis TFT dengan ukuran 1.8 inci resolusi 128×160 piksel. Platform S40 didukung dengan Dual ON dual-band GSM/EDGE membuat Anda tetap bisa berselancar di dunia maya secara sederhana dengan Nokia Xpress Browser, yang akan mengompresi data konten hingga 90%.

Fitur-fitur standar lain yang ikut hadir adalah radio FM, slot microSD hingga berbagai aplikasi jejaring sosial yang telah terinstal di dalamnya. Dengan kesederhanaan seperti itu, Nokia menyatakan baterai pada 109 siap siaga hingga 33 hari atau lebih dari satu bulan. Sementara soal harga, Anda harus menrogoh kocek tak lebih dari empat ratus ribuan untuk bisa membawa pulang ponsel yang akan dipasarkan untuk Eropa, Asia Pasifik serta China dalam waktu dekat tersebut.