Quantcast
CamcorderFoto & VideoReview

Review Sony Handycam HDR-XR260VE

1

Kecanggihan teknologi DSLR yang telah dilengkapi fitur video saat ini membuat konsumen perlahan mulai meninggalkan kamera video. Tapi tetap saja ada beberapa fungsi dan fitur kamera video yang tidak dapat ditandingi oleh kamera DSLR. Oleh sebab itu Sony masih tetap terus mengembangkan handycam milikinya, salah satunya adalah Sony Handycam HDR-XR260VE yang akan kami review berikut ini.

Konsep dan desain
Sony Handycam HDR XR260VE 1

Dari segi desain, Sony Handycam HDR-XR260VE memiliki ukuran bodi yang relatif besar namun sangat pas di tangan. Sejumlah tombol navigasi hadir menempel di seluruh bodinya dengan penempatan tombol yang sangat mudah dijangkau. Pada bagian atas tersedia tombol zoom, tombol shutter untuk mengambil foto, tombol mode untuk beralih dari modus video ke foto dan pada bagian belakang tersedia tombol untuk memulai rekam video.

Layar putar yang dimilikinya hadir dalam ukuran 3 inci dan telah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh. Berkat layar sentuh tersebut berbagai pengaturan dan pemilihan menu dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus direpotkan dengan navigasi memanfaatkan tombol fisik. Port konektivitas yang dimilikinya juga cukup lengkap. Anda dapat menemukan port HDMI, port audio, DC In, A/V R, dan telah dilengkapi dengan kabel USB langsung yang dapat bersembunyi di bagian tali genggaman. Sementara di bagian bawah, tersedia slot kartu memori yang cukup berguna untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan internal yang sebenarnya sudah cukup besar yaitu 160GB.

Sony Handycam HDR XR260VE 2

Fitur
Sony Handycam HDR XR260VE 3

Sony Handycam HDR-XR260VE memiliki beberapa fitur yang membuatnya lebih baik dari para pesaing sekelasnya. Pertama kemampuan Zoom lensa. Handycam ini sanggup melakukan zoom optical 30x dan 55X extended Zoom. Kedua adalah fitur optical Steady Shot with enhanced Active Mode. Disinilah menurut kami keistimewaan dari Sony Handycam HDR-XR260VE. Fitur ini hadir dengan mengusung teknologi 3 Way Shake Cancelling, yang artinya pengguna dapat menghasilkan video yang sangat minim sekali getaran meski sedang dalam kondisi berjalan atau pada posisi zoom maksimal. Untuk membuktikan kedua fitur unggulan yang dimilikinya ini dapat Anda lihat pada video berikut.

Perlu Anda ketahui pengambilan video di atas dilakukan tanpa bantuan tripod. Dapat Anda lihat, pergerakkan lensanya dalam melakukan zoom sangat baik dengan pergerakkan yang cukup halus. Dari memulai melakukan zoom hingga pada posisi Zoom maksimal Sony Handycam HDR-XR260VE dapat terhindar dari blur dan sangat minim goyangan akibat pergerakan tangan. Dan yang terakhir fitur berguna lainnya adalah tersedianya modul GPS yang cukup berguna untuk membantu Anda memberikan informasi tempat pengambilan video.

Performa
Untuk menghasilkan video, Sony Handycam HDR-XR260VE mengandalkan lensa SOny G dengan dukungan prosesor BIONZ andalan Sony untuk memberikan kinerja yang lebih responsif. Sony juga melengkapinya dengan teknologi sensor Super sensitive Exmor R™ CMOS yang hadir dalam ukuran 1/3.91-inci. Sama seperti kamera saku model terkini yang hadir dengan ukuran sensor lebih besar, diatas kertas performanya memang akan lebih baik di kondisi yang minim cahaya. Berikut hasil rekaman video Sony Handycam HDR-XR260VE.

Pada video di atas dalam kondisi ruangan gelap dengan tata lampu yang warna-warni, kemampuan Sony Handycam HDR-XR260VE di kondisi low light memang tidak perlu diragukan. Anda dapat menghasilkan video yang tajam dengan akurasi warna yang tetap terjaga meski banyak efek lampu yang terekam di dalamnya. Hasil rekam suaranya juga cukup baik dengan hasil suara stereo yang jelas terdengar.

Selain dapat mengambil video, Sony Handycam HDR-XR260VE dapat digunakan juga untuk mengambil foto dengan resolusi maksimal 8.9 megapixel. Meski hasil fotonya tergolong biasa saja dan sangat tergantung dengan kondisi pencahayaan, namun warna yang dihasilkan cukup akurat. Ditambah dengan dukungan teknologi Pixel Super Resolution yang dimilikinya, Anda juga masih dapat menghasilkan foto pada posisi zoom dengan hasil yang tetap terjaga ketajamannya. Berikut beberapa contoh hasil fotonya.

DSC00047

DSC00041

Kesimpulan
Ukuran yang ringkas, kemampuan rekam video pada format Full HD dan segudang fitur yang dimilikinya cukup membuat handycam ini layak untuk dibeli. Banderol harganya memang tergolong premium dengan harga Rp 7.210.000. Namun hal tersebut sebanding dengan kemapuan rekam videonya yang baik, kapasitas ruang penyimpanan 160GB yang cukup besar dan sejumlah fitur yang tidak akan temukan di kamera video lain sekelasnya.

Kelebihan:
+ Bentuk ringkas
+ Mudah digunakan
+ Kapasitas ruang penyimpanan cukup besar
+ Kemampuan zoom sangat baik
+ Hasil video baik di segala kondisi.

Kelebihan:
– Harga premium
– Tidak dilengkapi lampu LED untuk flash

Back to top button