Seperti yang telah kami kicaukan beberapa kali lewat Twitter, akhirnya pada Rabu (12/9) kemarin, Apple resmi memperkenalkan iPhone 5 kepada khalayak lewat pertemuan media di AS. Mungkin kami sama penasarannya dengan Anda, apalagi perusahaan lain seperti Goophone hingga sekaliber Samsung, siap “mengancam” Apple dengan isu teknologi jaringan 4G LTE maupun desain. Karena itu mari kita lihat apa saja yang baru ditawarkan oleh Apple.

iPhone 5 memiliki ketebalan (atau ketipisan?) hanya 7.6mm, lebih tipis 18% dari iPhone 4S. Bodinya didesain menggunakan perpaduan antara alumunium dan kaca – menjadikannya semakin elegan dan mewah. Secara umum, desainnya masih khas iPhone maupun iPod. Sementara layarnya memiliki luas 4 inci dengan resolusi HD 1136×640 dan tetap mengandalkan teknologi Retina Display yang tajam namun tetap nyaman dipandang.

Kinerja smartphone ini bertumpu pada prosesor baru Apple A6 yang diklaim 2 kali lebih cepat dalam hal memproses data dan grafis dibanding yang digunakan pada iPhone 4S. Baterai yang digunakan juga baru, mampu digunakan hingga 8 jam non stop browsing via LTE.

Oke, ini yang menarik. iPhone 5 selain memiliki jaringan HSPA+ dan DC-HSDPA, ternyata juga mengadopsi teknologi 4G versi LTE seperti telah diduga sebelumnya. Apakah Samsung akan segera membawanya ke pengadilan? Kita tunggu saja. Selain itu, Apple juga melakukan upgrade pada WiFi di mana pada iPhone 5 telah mendukung 802.11m 2.4GHz serta 5GHz WiFi dengan kecepatan 150Mbps.

Di sisi kamera, 5 elemen lensa dengan bukaan f2/4 siap menemani Anda berburu foto hingga 8MP maupun panorama, serta video Full HD 1080p. Fitur stabilitas gambar telah ditingkatkan, begitu pula dengan pengenalan wajah. Selain itu, Anda kini juga dapat mengambil foto saat merekam video seperti yang bisa ditemukan pada HTC One X. Untuk chatting video, kamera 720p di depan sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang tajam – dan iPhone menambahkan sebuah mikrofon di sisi ini untuk mendukung percakapan Anda. Total 3 mikrofon yang terdapat di iPhone 5: di depan, belakang dan sisi bawah.

Aksesoris iPhone 5 juga tak ketinggalan dipercantik. Seperti kabar burung yang telah beredar sebelumnya, iPhone 5 memiliki Lightning Connector dan berukuran 80% lebih kecil dari konektor sebelumnya. Selain itu, Apple juga membekali dengan adaptor khusus sehingga Anda tetap bisa menggunakan aksesoris iPhone generasi sebelumnya pada iPhone 5 ini.

Nah, bagi Anda yang tertarik, iPhone 5 bisa dipesan mulai besok (14/9) serta akan mulai dijual seminggu kemudian (21/9) setidaknya di 9 negara yakni Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Australia, Jepang, Hong Kong serta negara tetangga Singapura dengan pilihan warna hitam dan putih. Di Amerika, dengan kontrak selama 2 tahun dengan operator lokal, iPhone 5 16GB bisa didapatkan dengan harga $199, 32GB seharga $299 dan 64GB dengan harga $399.

Menurut kabar, iPhone 5 akan dijual Apple dengan harga yang sama seperti iPhone 4S. Maka jika sudah masuk di Indonesia, iPhone 5 kapasitas 16GB akan dibanderol dengan kisaran harga Rp7,7 juta; 32GB sekitar Rp8,7 juta dan 64GB seharga Rp9,7 juta. Memang lebih mahal dibandingkan paket di luar negeri, tapi sepertinya tidak ada pilihan kecuali Anda sudah memiliki nano SIM sendiri.