Setelah diluncurkan pada Ramadhan lalu, Logitech Ultrathin Keyboard Cover mampir ke kantor redaksi yangcanggih untuk diulas. Artikel ini akan semakin melengkapi artikel sebelumnya yang telah disertai video hands-on.

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, Logitech melengkapi paket pembelian Ultrathin Keyboard Cover (UKC) mereka dengan kabel USB to MicroUSB untuk mengisi-ulang baterai internalnya dan sebuah kain lap untuk membersihkan permukaan keyboard. Desain UKC tentunya menyesuaikan dengan desain & warna iPad yang menjadi pangsa utamanya, sehingga ketika dipasangkan akan nampak serasi layaknya laptop.

Jika dihitung, setidaknya terdapat 63 tombol di papan ketiknya, termasuk tombol khas “cmd” yang biasa Anda temukan pada keyboard Mac. Tombol-tombol ini memberikan efek yang cukup nyaman ketika ditekan. Jarak antar-tombolnya terasa pas, termasuk ukuran tiap-tiap tombol itu sendiri yang hampir menyamai ukuran tombol (huruf) pada keyboard laptop. Ini bisa meminimalisir kesalahan pencet yang sering kita alami saat menggunakan keyboard virtual.

Untuk mulai menggunakannya pun mudah. Anda hanya tinggal menggeser tombol Power yang terletak di sisi kanan ke posisi On. Maka UKC akan menyala dan melakukan pemindaian Bluetooth iPad yang akan dipasangkan. Anda cukup mengaktifkan Bluetooth pada iPad lalu memasangkan (pairing) dengan UKC yang terdeteksi. Setelah itu, letakkan iPad Anda pada holder magnetis secara tegak lurus, lalu miringkan ke belakang hingga mampu berdiri kokoh. Selesai.

Saat tidak digunakan, Anda dapat mencabut iPad dari tempatnya dengan mudah, lalu menjadikan UKC sebagai case agar layar iPad Anda terlindung. Fungsi Auto Wake dan Auto Sleep juga dapat berfungsi sehingga Anda tak perlu kuatir iPad Anda akan menyala terus-menerus selama tertutup UKC. Sedikit catatan dari kami: saat kami coba, antara case dengan iPad tidak menutup secara sempurna.

Baterai Logitech UKC mampu bertahan selama 6 bulan untuk sekali pengisian penuhnya. Ini dengan asumsi tiap harinya UKC tak dipakai lebih dari 2 jam. Sementara itu saat artikel ini dibuat, Logitech memperkenalkan varian baru Ultra-thin Keyboard Cover berwarna putih yang diperuntukkan bagi Anda pengguna iPad berwarna senada. Kemungkinan besar Logitech Indonesia akan mendatangkannya ke Tanah Air.