Beberapa hari sebelum IFA digelar, SONY mengumumkan tiga seri Xperia mereka yang kabarnya merupakan pengembangan dari desain Xperia arc. Ketiga jagoan tersebut adalah Xperia T, Xperia V dan Xperia J, tentunya dengan membawa keunggulan masing-masing yang menarik untuk disimak. Beberapa sumber berbeda dalam memberikan spesifikasi hingga kami harus menunggu data yang paling aktual untuk disajikan kepada Anda.

sony xperia T SONY Perkenalkan Xperia Seri T, V & J smartphone news mobile gadget

Dimulai dari Xperia T, seri ini memiliki layar 4.6 inci dengan resolusi HD 720p. Layarnya ini dilapisi kaca shatter-proof serta scratch-resistant sehingga aman jika Anda bawa dalam saku bersama kunci dan uang logam sekalipun.

Otaknya ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon S4 dengan dual-core Krait CPU berkecepatan 1.5GHz, didukung RAM 1GB dan GPU Adreno 225 serta baterai 1.850mAh.

Kamera Xperia T terasa istimewa karena sudah beresolusi 13MP lengkap dengan lampu kilat, plus kamera depan HD 720p. Video yang mampu direkam tentu saja sudah Full HD 1080p, dan hasilnya dapat ditampung pada memori internalnya yang tersedia 16GB. Jika kurang, masih ada opsi upgrade via microSD.

SONY Xperia T memiliki dimensi 129.4×67.3×9.35mm dengan lekukan tubuh unik yang seksi. Bobotnya juga hanya 139g. Smartphone ini akan diluncurkan dalam 2 versi yakni LTE dan HSPA+. Entah ini merupakan kabar baik atau buruk bagi Anda, karena Xperia T menggunakan microSIM card untuk dapat menggunakan jaringan seluler.

Salah satu fitur yang diunggulkan Xperia T adalah One touch yang akan memanfaatkan teknologi NFC untuk menyinkronisasikan smartphone dengan speaker yang mendukung teknologi serupa. Dan satu lagi yang keren: James Bond akan menggunakan smartphone ini dalam film terbarunya, Skyfall!

Xperia T memiliki kembaran yakni Xperia TX yang dikhususkan untuk pasar Asia. Beberapa spesifikasinya identik, kecuali pada dimensinya yakni 131×68,6×8,6mm dan bobotnya hanya 127 gram alias lebih ringan 12 gram. Namun kapasitas baterai yang digunakan juga direduksi, yakni 1.750mAh. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga dan ketersediaan. Namun sebagai smartphone pilihan detektif sekaliber 007, rasanya tak berlebihan jika SONY melegonya di angka 5.9 jutaan rupiah.

sony xperia v SONY Perkenalkan Xperia Seri T, V & J smartphone news mobile gadget

Berikutnya datang dengan nama Xperia V. Meski secara sekilas terlihat mirip, namun jika Anda perhatikan secara mendetail, terdapat perbedaan dengan Xperia T. Dimensinya 129x65x10.7mm dan memiliki bobot 120g, Xperia V juga terlihat istimewa dengan kerampingan dan desain elegannya.

Layar Xperia V memiliki lebar 4.3 inci dengan resolusi HD 720p – spesifikasi selebihnya mirip dengan Xperia T. Lihat saja prosesor Qualcomm S4 dengan dual core Krait berkecepatan 1.5GHz, GPU Adreno 225 dan RAM 1GB. Sementara baterainya sendiri berkapasitas 1.750mAh.

Namun Xperia V memiliki keunggulan dan keistimewaan lebih berkat ketahanannya di berbagai medan ekstrem yang dilengkapi sertifikat IP57 – dengan desain secantik ini, siapa yang menyangka? Ajak berendam Xperia V selama 30 meter di kedalaman air 1 meter? Tak masalah! Sambil menyelam, Anda bisa mengambil gambar keindahan pemandangan bawah air baik foto beresolusi 13MP maupun video Full HD 1080p. Semuanya bisa disimpan dalam memori internal yang berkapasitas 8GB atau dalam microSD.

Informasi harga dan ketersediaan di pasar juga belum tersedia, namun nampaknya Xperia V tak akan dibanderol lebih mahal dari Xperia T. Harga Rp5 juta hingga Rp5.5 juta akan menjadi harga yang ideal untuk menarik minat konsumen.

sony xperia j SONY Perkenalkan Xperia Seri T, V & J smartphone news mobile gadget

Yang terakhir nampaknya akan menjadi yang paling terjangkau. SONY Xperia J memiliki dimensi 124.3x61x9.2mm – paling tipis dibanding ketiga saudaranya, dan berbobot 130g. Meski layarnya “hanya” 4 inci beresolusi FWVGA, namun sudah dibekali dengan Gorilla Glass yang tak kalah tangguh.

Otak Xperia J dipercayakan pada prosesor single-core Scorpion berkecepatan 1GHz dengan dukungan RAM 512MB dan memori internal 4GB serta baterai berkapasitas 1.750mAh. Jika memori internalnya tersebut dirasa kurang untuk menyimpan hasil foto 5MP atau video VGA yang dihasilkannya, seperti biasa, Anda bisa menambahnya via microSD. Prediksi kami, Xperia J akan dilepas ke pasar dengan harga Rp3 jutaan. Ketiga perangkat ini sudah membawa Android ICS namun belum ada informasi apakah bisa diupgrade ke Jelly Bean atau tidak.

Mana yang Anda pilih?