Mulai bulan ini, kami akan secara rutin menghadirkan aplikasi-aplikasi pilihan yang bisa Anda jadikan rujukan untuk mengisi smartphone atau tablet kesayangan Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut diperuntukkan bagi device dengan empat OS terpopuler saat ini, yakni Android, BlackBerry, iOS, serta Windows Phone. Komposisi perbandingan pembahasan diantara keempatnya adalah 4:2:2:2. Jenis atau genre yang kami tampilkan tentunya bervariasi, namun tidak terbatas pada aplikasi terbaru saja.

Tanpa menunda-nunda lagi, simaklah 10 aplikasi rekomendasi kami di bawah ini.

RealPlayer
Pemutar Media | Android

Salah satu aplikasi Media Player yang populer di PC dan Symbian ini akhirnya hadir untuk Android dengan menawarkan konsep “all-in-one media player” yang dapat Anda gunakan untuk membuka file video, musik dan foto.

Saat menampilkan foto, Anda bisa langsung berbagi file tersebut ke berbagai jejaring sosial, E-mail maupun Dropbox untuk dinikmati bersama teman dan kerabat. Saat mendengarkan musik, RealPlayer menawarkan Equalizer manual atau beberapa pilihan Preset Equalizer terintegrasi meskipun perangkat Anda secara default (bawaan) tidak memiliki fitur ini. Oh ya, Anda juga bisa menyunting Metadata berkas-berkas multimedia Anda tersebut agar lebih lengkap dan nyaman saat dinikmati.

Kabar baiknya, RealPlayer didukung oleh 9 bahasa dan bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. Klik tautan ini untuk mengunduhnya. Silakan aksikan juga video berikut.

Love Indonesia Animated
Tema | BlackBerry

Tak pernah ada kata terlambat untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme atau mencintai produk negeri sendiri. Meski momen perayaan kemerdekaan RI sudah lewat, namun aplikasi tema untuk smartphone BlackBerry buatan pengembang lokal ini nampaknya cocok untuk dimiliki oleh setiap WNI yang cinta Indonesia.

“Love Indonesia Animated – Theme from Risto Mobile” akan membuat antar-muka BlackBerry Anda didominasi warna merah. Pada layar Beranda atau Home, Anda dapat menyaksikan siluet wayang golek yang bergerak ke kanan dan ke kiri. Sayangnya wallpaper ini tidak bisa Anda ganti dengan gambar lain. Saat Anda menyorot ikon-ikon di menu, akan nampak highlight berbentuk Gunungan seperti yang biasa Anda lihat di dunia perwayangan.

Salah satu kekurangan dari dominasi warna merah adalah ketika Anda harus “berhadapan” dengan teks berukuran kecil dan berwarna hitam, maka teks akan sulit terbaca. Secara umum, tema yang di-bundling dengan 2 aplikasi besutan Risto PicStory dan bLOC ini kami rekomendasikan untuk Anda miliki; apalagi bisa diunduh secara gratis. Silakan klik tautan ini untuk mengunduhnya atau scan QR Code berikut dari smartphone BlackBerry Anda.

Dead Trigger
Permainan (Horor) | Android

Ramadhan, saat setan-setan dibelenggu, telah berlalu. Angkat senjata dan bunuh zombie-zombie lapar di seantero negeri, atau Anda dan mereka yang masih bertahan yang akan mati!

Game besutan MADFINGER ini mengambil latar tahun 2012, saat dunia digambarkan telah mengalami kehancuran. Akibat ulah virus aneh, milyaran orang mati dan mereka bangkit menjadi sosok zombie haus darah yang siap menebar teror. Grafis dan gameplay game ini begitu mengasyikkan, apalagi jika perangkat yang Anda gunakan telah tertanam Chipset Tegra 3. Beberapa efek seperti kabut dan genangan air akan terlihat, membuat suasana lebih mencekam!

Uniknya, game berukuran ekstra besar ini – sehingga disarankan menggunakan Wi-Fi ketika mengunduh – awalnya akan diluncurkan untuk segmen berbayar. Namun karena pihak pengembang merasakan pembajakan yang semakin marak terhadap aplikasi Android, maka mereka putuskan untuk menghadirkan game ini kepada Anda secara gratis dan bisa Anda peroleh di sini.

Oh ya, ini juga menjadi game favorit kami untuk me-review perangkat Android di yangcanggih.com terutama dari segi grafis dan performa hardware. Saksikan video di bawah terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda cukup berani memainkannya. Jika tidak, mungkin Anda bisa mencari referensi game Android yang lain.

What’s My IQ?
Permainan (Teka-teki) | iOS

Apakah Anda pernah mendengar atau memainkan game The Moron Test? Game berjenis puzzle atau teka-teki itu akan melatih kecepatan Anda berpikir dan ketangkasan tangan Anda dalam memberikan jawaban, demi mencapai waktu tercepat. Meskipun nampak mudah dan sepele, nyaris semua pertanyaan yang diajukan dilengkapi dengan unsur jebakan.

Seperti terlihat dari namanya, What’s My IQ? menawarkan banyak kemiripan dengan The Moron Test. Dibekali dengan total sekitar 50 pertanyaan, Anda harus menjawab berbagai puzzle yang diberikan dengan jawaban yang harus Anda pikirkan secara “out of the box”. Menantang, bukan?

Di akhir permainan, game yang bisa diunduh secara gratis ini akan memberikan skor IQ Anda yang diakumulasikan dari ketepatan dan kecepatan jawaban Anda. Karena sifatnya sebagai permainan yang menghibur, tentu saja Anda tak perlu risau jika hasilnya jelek. Jika ada pertanyaan yang dirasakan terlalu sulit, Anda memiliki 20 kesempatan untuk melihat solusi dari pertanyaan yang dilontarkan. Anda juga bisa membagikan sertifikat IQ Anda ke Facebook untuk mengetahui siapa yang paling “cerdas” diantara teman-teman Anda yang memainkan game ini.

Jika tertarik, silakan unduh What’s My IQ untuk iPhone, iPod touch dan iPad dengan minimum iOS 3.0 di sini. Video gameplay-nya bisa Anda saksikan di bawah ini.

Dwell
Aplikasi Gaya Hidup | Android

Apakah Anda membutuhkan banyak inspirasi mengenai desain bangunan modern untuk diterapkan pada rumah yang sedang Anda rancang?

Dwell merupakan aplikasi gaya hidup (Lifestyle) yang menampilkan berbagai foto, video dan banyak lagi hal mengenai arsitektur dan desain rumah modern. Anda dapat melihat slideshow foto dan melihat detil informasi bangunan tersebut, misalnya nama, lokasi, tahun pembuatan hingga siapa perancangnya.

Dengan dukungan integrasi ke Facebook dan Twitter, Anda bisa mengajak kerabat untuk memberi komentar atas suatu desain yang menarik perhatian Anda. Untuk mengunduh aplikasi gratis ini, Anda bisa mengikuti tautan ini. Saksikan juga video berikut untuk lebih jelasnya.

[+]Lock Screen
Aplikasi Personalisasi | Windows Phone

Bosan dengan tampilan pengunci layar smartphone Windows Phone Anda?

Aplikasi [+]Lock Screen akan membantu Anda dalam mempersonalisasikan tampilan pada layar terkunci dengan gambar-gambar baru setiap harinya. Tak hanya sekedar mengganti wallpaper dengan koleksi foto yang terdapat pada galeri Anda seperti kebanyakan aplikasi sejenis, namun [+]Lock Screen akan menampilkan gambar yang diambil dari database mereka secara online.

Salah satu fitur yang menarik adalah [+]Lock Screen akan menyesuaikan tema gambar dengan musim atau perayaan spesial yang sedang berlangsung. Misalnya gambar pantai saat musim panas, salju saat musim dingin, dsb. Selain itu di layar ini Anda juga bisa menambahkan DIY Calendar sehingga jadwal-jadwal yang tersimpan pada perangkat Anda bisa terpantau setiap saat dengan lebih mudah dan cepat.

Unduh aplikasi besutan Snack Studio tersebut secara gratis di sini. Ukuran file-nya hanya 21MB dan sesuai untuk versi 7.5 keatas.

DroidVox
Aplikasi Hiburan | Android

Smartfren dan AXIS telah menghadirkan fitur pengubah suara sebagai salah satu layanan nilai tambah mereka. Namun jika Anda memiliki smartphone Android, aplikasi besutan Mikrosonic ini harus dimiliki.

DroidVox akan mentransformasi suara Anda menjadi suara robot dengan menggunakan teknologi Vocoder. Ada 8 model suara robot yakni Pitch Shift (Chipmunk, Helium Voice), Cylon, Dalek, Singing Robot, Vader, HAL, Stephen, dan Prophet. Selain itu ada 3 modus yang bisa Anda gunakan: Real-time, Parrot dan Recording. Pada modus Real-time, Anda bisa langsung mendengarkan perubahan suara jika menggunakan headset. Gunakan modus ini jika Anda ingin mengubah suara Anda saat menelepon seseorang. Pasti akan mengejutkan!

Seperti namanya, modus Parrot akan otomatis memainkan suara yang telah Anda rekam sesaat setelah selesai. Sementara modus Recording memungkinkan Anda merekam, menghentikan dan memainkan hasilnya secara manual. Save ke dalam format WAV jika hasilnya bagus, bagikan ke Facebook, kirimkan via E-mail atau SoundCloud, atau gunakan sebagai nada alarm supaya Anda mudah bangun dari tidur.

DroidVox bisa didapatkan dengan merogoh kocek sebesar $0.99 atau tak sampai Rp10.000,- di sini. Jika ingin mencoba versi demonya, silakan unduh secara gratis dengan meng-klik tautan ini. Saksikan juga video di bawah untuk lebih jelasnya.

TuneWiki
Pemutar Musik | BlackBerry

Jika Anda gemar berkaraoke, nampaknya aplikasi pemutar musik berbasis sosial ini wajib ada di smartphone BlackBerry Anda. TuneWiki menawarkan pengalaman baru ketika Anda mendengarkan musik, dengan tampilan lirik lagu yang bisa Anda gunakan untuk berkaraoke di mana saja dan kapan saja.

TuneWiki dapat menyajikan lirik lagu berdasarkan 3 kriteria, yakni dari lagu yang tersimpan pada perangkat Anda, video klip yang bisa Anda saksikan langsung dari perangkat Anda, dan dari Internet Streaming Radio via SHOUTcast radio. Ketika Anda memainkan lagu, maka lirik akan bergulir di sisi bawah layar. Menarik, bukan?

Aplikasi gratis ini menyediakan sekitar 2.5 juta lirik lagu populer dari seluruh dunia. Ada pula fitur Music Maps dan Top 50 Charts yang bisa diakses secara real time. Anda pun tak akan ketinggalan lagu-lagu terkini yang sedang populer. Anda juga bisa mengintegrasikan TuneWiki dengan akun Facebook maupun Twitter.

Silakan unduh aplikasi dengan ukuran file 824KB ini dengan mengikuti tautan berikut atau silakan pindah kode bar di bawah langsung dari smartphone BlackBerry Anda.

Hugless Douglas
eBook | iOS

Dekatkan hubungan Anda dengan si kecil. “Hugless Douglas – An Interactive Book by David Melling, Read by Alan Davies” akan menemani tidur anak-anak Anda dengan animasi menarik, efek suara dan musik yang tentunya akan menjadi pengalaman indah sebelum tidur.

Douglas, seekor beruang yang senang dipeluk dan juga menyenangkan untuk dipeluk, terbangun di suatu pagi dan seperti biasa, ia membutuhkan sebuah pelukan. Ia pun mencari siapa yang bisa dan mau memeluknya, namun Douglas tak menemukan siapapun. :(

Anda bisa membacakannya langsung kepada si kecil atau biarkan Alan Davies yang akan melakukannya. Aplikasi dengan besar file 173MB ini bisa didapatkan dengan harga $2.99 atau sekitar Rp 25.000.-. Informasi lebih lengkap silakan Anda kunjungi laman ini. Video berikut juga bisa memberikan Anda gambaran lebih lengkap perihal aplikasi ini.

Save The Roundy
Permainan (Teka-teki + Trivia) | Windows Phone

Angry Birds telah mencapai masa keemasannya. Seperti halnya kami, mungkin banyak dari Anda yang merasa jenuh dengan game permusuhan antara burung dan babi hijau tersebut. Jika Anda pengguna Windows Phone, Save The Roundy bisa jadi alternatif karena menawarkan gameplay yang mirip.

Para Roundy terkurung di tumpukan kotak dengan bobot berbeda. Yang perlu Anda lakukan adalah menyelamatkan mereka dengan mengeliminasi kotak demi kotak tersebut. Namun hati-hati, jangan sampai Roundy jatuh hingga ke luar area permainan. Dua Roundy yang keluar dari area, maka permainan akan berakhir.

Waspadai pula blok-blok spesial seperti es dan bom yang akan menambah tingkat kesulitan permaianan Anda. Kumpulkan bintang-bintang hingga cukup untuk membuka 5 level berikutnya. Permainan ini menghadirkan banyak puzzle yang cocok bagi Anda penyuka game Glass Tower, Angry Birds, Cut the Rope, Where’s My Water, Sprinkle, Fairy Fall, atau Tiki Lavalanche.

Selamatkan Roundy dengan mengunduhya secara gratis di sini, dengan ukuran file sekitar 21MB.