Masuk kuartal keempat di tahun 2012 ini, seluruh dunia bersiap-siap menyambut hadirnya sistem operasi Windows terbaru Windows 8. Salah satunya Sony yang hadir menawarkan konsep baru dunia home computing dengan menghadirkan tabletop PC Sony Vaio Tap 20.

Home Computing biasanya identik dengan PC atau AIO PC. Tapi kini tabletop PC hadir untuk melengkapinya. Tabletop PC merupakan konsep ide gabungan antara desain minimalis dari tablet dengan performa dan kinerja yang setara sebuah PC.

Tabletop PC Sony Vaio Tap 20 hadir dalam ukuran layar sentuh 20 inci dengan tingkat kerapatan gambar 1600 x 900 pixel. Selain dapat dinavigasikan lewat layar sentuhnya, perangkat ini juga dilengkapi dengan keyboard dan mouse seperti AIO PC biasa. Di bagian belakangnya, Sony Vaio Tap 20 dilengkapi dengan stand yang berfungsi untuk membuatnya berdiri atau dapat juga digunakan pada posisi tertidur seperti layaknya sebuah tablet pc.

Untuk urusan performa, Sony melengkapinya dengan prosesor Intel generasi ketiga dengan beragam pilihan model dari Intel Core i3, Core i5 dan Core i7. Memori RAM yang digunakan tersedia dalam pilihan 4GB atau 8GB dan mengandalkan kartu grafis onboard intel HD 4000 yang cukup handal untuk menyajikan video berformat Full HD. Kapasitas ruang penyimpanannya juga cukup besar. Tabletop ini menyajikan ruang penyimpanan sebesar 1TB untuk menyimpan seluruh file dan cukup untuk menjejalinya dengan beragam aplikasi.

Meski ini adalah sebuah perangkat PC, untuk menyajikan konten visual yang lebih baik lagi Sony menghadirkan teknologi Mobile BRAVIA Engine 2 yang dimilikinya serta dukungan teknologi ClearAudio+ dan S-Force Front Surround 3D sound untuk mengoptimalkan kebutuhan multimedia Anda di rumah.

Sony Vaio Tap 20 rencananya mulai dipasarkan pada bulan Oktober 2012 dengan harga yang masih dirahasiakan oleh pihak Sony. Kita tunggu saja..